Pengertian Dan 4 Macam Energi Potensial

Fisika dudung

Pengertian Dan 4 Macam Energi Potensial – Energi potensial adalah energi yang mempengaruhi benda karena posisi dari objek yang merupakan kecenderungan tak terhingga dalam arah gaya yang dihasilkan dari energi potensial. Satuan SI dari ukuran usaha dan energi adalah Joule (simbol J). Istilah “energi potensial” pertama kali diusulkan oleh teknik dan fisika Skotlandia William Rankine.

Energi Potensial

Contoh sederhana Energi Potensial

  • Contoh sederhana energi ini adalah jika seseorang membawa batu ke atas bukit dan meletakkannya di sana, batu akan memiliki energi potensial gravitasi. Jika kita meregangkan pegas, kita dapat mengatakan bahwa musim semi membesar dan memanjang berarti musim semi elastis gain energi potensial.
  • Berbagai jenis energi dapat diklasifikasikan sebagai energi potensial. Setiap bentuk energi dikaitkan dengan jenis tertentu dari gaya yang bekerja terhadap sifat fisik tertentu materi (seperti massa, muatan, elastisitas, suhu, dll).
  • Energi potensial gravitasi dihubungkan dengan gaya gravitasi yang bekerja pada massa benda;
  • energi potensial elastis kekuatan elastis yang bekerja terhadap elastisitas objek perubahan bentuk;
  • energi potensial listrik dalam angkatan Coulomb;
  • kuat kekuatan nuklir atau gaya nuklir lemah yang bekerja terhadap muatan listrik pada objek;
  • energi potensial kimia, potensi kimia pada konfigurasi atom atau molekul karya tertentu terhadap struktur atom atau molekul zat kimia yang membentuk objek dan juga potensi energi panas untuk gaya elektromagnetik yang berhubungan dengan suhu objek.

Jenis Energi Potensial

Ada situasi ketika sebuah benda memiliki potensi untuk mulai bergerak dan mendapatkan energi kinetik. Sering ada gaya yang bekerja pada objek, tetapi kekuatan belum cukup untuk memindahkan objek tersebut. Jenis-jenis energi potensial adalah:

  • Elastis
  • Gravitasi
  • Kimia
  • Elektris
  • Nuklir
  • Energi potensial elastis

Bila Anda menekan pegas, Anda membuat energi potensial. Kekuatan tekanan sebanding dengan tekanan, menurut hukum Hooke. Melepaskan pegas mengubah energi potensial menjadi energi kinetik. pegas kemudian dapat digunakan untuk menggerakkan beberapa objek.

1. Energi potensial gravitasi

Sebuah benda diletakkan di tanah memiliki energi potensial yang terkait dengan ketinggian di mana objek ditempatkan, sesuai dengan persamaan PE = mgh.

2. Energi potensial kimia

Beberapa molekul tidak stabil nitrogliserin memiliki energi potensial siap dirilis di bawah kondisi yang tepat. Pelepasan energi mungkin dalam bentuk ledakan, yang melepaskan energi kinetik dalam bentuk cahaya, panas, dan partikel yang bergerak.

Campur bahan kimia tertentu dapat bereaksi, meskipun ledakan itu tidak begitu sulit untuk membuat panas dan bentuk lain dari energi kinetik.

3. Energi potensial listrik

Outlet listrik di rumah Anda memiliki potensi 110V energi atau 220V. Setelah arus rangkaian listrik, energi potensial menjadi energi kinetik dari pergerakan elektron, serta panas dan efek lainnya.

4. Energi potensial nuklir

Beberapa atom memiliki inti yang tidak stabil yang memiliki potensi untuk membagi dan melepaskan energi kinetik. Misalnya, Uranium-235 tidak stabil dan dapat dibagi dua, melepaskan kecepatan tinggi partikel subatom dan radiasi. Energi potensial berubah menjadi energi kinetik.

Ikuti Link Di Bawah Ini Untuk Info Lainya :

Demikian Ulasan Tentang Pengertian Dan 4 Macam Energi Potensial Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Sahabat Setia DosenPendidikan.Com Amin … 😀

Most popular articles related to Pengertian Dan 4 Macam Energi Potensial
Shares