Pengertian Dan 8 Eleman Kamus Data Menurut Para Ahli

Rate this post

DosenPendidikan.Com – Kamus data (data dictionary) adalah deskripsi tertulis yang berada dalam database data. Pertama dokumen kamus data berbasis kamus disimpan dalam bentuk hard copy untuk merekam semua data dalam bentuk penjelasan yang dicetak. Meskipun sejumlah dokumen berbasis kamus masih ada, praktek umum hari ini adalah dengan menggunakan kamus data berbasis komputer.

Kamus Data

Dalam kamus data berbasis komputer, penjelasan tentang data yang dimasukkan ke dalam komputer dengan menggunakan data Description Language (DDL) dari sistem manajemen database, sistem atau kamus peralatan CASE. Kamus data tidak perlu terhubung ke data flow diagram dan bentuk kamus data yang dirancang untuk mendukung diagram aliran data.

Kamus data berdasarkan arus data di DFD

KD mendefinisikan elemen data dengan fungsi sebagai berikut :

  • Menjelaskan arti aliran data dan penyimpanan data dalam DFD.
  • Mendeskripsikan komposisi paket data yang bergerak melalui aliran (misalnya alamat diuraikan menjadi kota, negara dan kode pos).
  • Mendeskripsikan komposisi penyimpanan data.
  • Menspesifikasikan nilai dan satuan yang relevan bagi penyimpanan dan aliran.
  • Mendeskripsikan hubungan detil antar penyimpanan (yang akan menjadi titik perhatian dalam entity-relationship diagram).

Kamus data dibuat dengan mengamati dan menggambarkan aliran data payload, tabungan dataa dan proses seperti pada gambar di atas. Setiap penyimpanan data dan aliran data dapat dibentuk dan kemudian diperluas untuk mencakup rincian elemen yang dikandungnya. Logika setiap proses dapat digambarkan dengan menggunakan data yang mengalir masuk dan keluar dari proses.

Elemen Data

Kamus data harus mencerminkan keterangan yang jelas tentang data yang akan direkam. Untuk keperluan tujuan ini, kamus data harus memuat:

Nama Arus Data

Karena kamus data didasarkan pada aliran data di DFD, maka nama dari arus data juga harus dicatat di KD.

Alias

Alias atau nama lain dari data dapat ditulis jika ada nama lain. Alias ​​perlu ditulis karena data yang sama memiliki nama yang berbeda untuk orang atau departemen satu dengan yang lain. Misalnya, penjualan faktur dan bagian pembuat berlangganan sebut sebagai bukti faktur, sedangkan persediaan gudang menyebutnya salinan permintaan. Kedua faktur dan meminta salinan persediaan ini memiliki struktur data yang sama, namun memiliki struktur yang berbeda.

Bentuk data, telah diketahui bahwa aliran data dapat mengalir :

  • Dari luar kesatuan proses, aliran data biasanya disimpan dalam dokumen atau bentuk.
  • Hasil dari proses persatuan ke luar, aliran data biasanya terdapat dalam laporan media atau query tampilan layar atau cetakan dokumen;
  • Hasil dari proses ke proses lain, aliran data biasanya dalam bentuk variabel atau parameter yang diperlukan oleh penerima;
  • Hasil dari proses yang dicatat untuk penyimpanan data, aliran data biasanya dalam bentuk variabel.
  • Dari menyimpan data dibaca oleh suatu proses, aliran data biasanya dalam bentuk bidang (item data).

Dengan demikian bentuk arus data yang dapat berupa : dokumen dasar atau formulir, dokumen, cetakan komputer, laporan tercetak, tampilan di layar, variabel, parameter, bidang.

Data Flow

Aliran data menunjukkan dari mana arus data dan mana data akan menuju. Informasi ini harus dicatat di KD sehingga Anda dapat dengan mudah mencari arus data di DAD.

Penjelasan

Untuk lebih memperjelas lagi tentang makna dari arus data yang dicatat di KD, maka penjelasan dapat diisi dengan deskripsi dari aliran data. Sebagai contoh, nama aliran data Salinan Permintaan Persediaan, dapat digambarkan sebagai salinan faktur penjualan untuk meminta barang
gudang.

Periode

periode ini menunjukkan ketika aliran data ini. Periode harus dicatat di KD karena dapat digunakan untuk mengidentifikasi ketika input data harus dimasukkan ke dalam sistem, ketika proses program harus dilakukan dan kapan laporanlaporan harus dihasilkan.

Volume

Volume perlu dicatat di KD adalah tentang volume rata-rata dan volume puncak aliran daa. Rata-rata volume menunjukkan jumlah rata-rata aliran data dalam jangka waktu tertentu dan volume puncak menunjukkan volume tertinggi. Volume ini digunakan untuk mengidentifikasi besarnya penyimpanan eksternal yang akan digunakan, kapasitas dan jumlah perangkat input, perangkat pengolahan dan perangkat output.

Struktur Data

Struktur data menunjukkan aliran data yang tercatat di KD terdiri dari data itemitem.

Dukutip dari sumber : arhami.files.wordpress.com

Demikian Pembahasan Tentang Pengertian Dan 8 Eleman Kamus Data Menurut Para Ahli Semoga Bermanfaat Buat Para Sahabat Setia Dosenpendidikan.Com … 😀