Pengertian Dan Fungsi Horman Pada Makhluk Hidup Serta Macam-Macamnya
Pengertian Dan Fungsi Horman Pada Makhluk Hidup Serta Macam-Macamnya

Pengertian Dan Fungsi Horman Pada Makhluk Hidup Serta Macam-Macamnya

Posted on
Rate this post

DosenPendidikan.Com – Hormon adalah pembawa pesan kimiawi antar sel atau antarkelompok sel. Semua organisme multiselular, termasuk tumbuhan, memproduksi hormon.┬áHormon beredar di di sirkulasi darah dan fluida sell untuk mencari sel target. Ketika hormon mendapatkan sel target, hormon mengenai mengikat protein reseptor terpilih pada permukaan sel ini dan mengirimkan sinyal.

Reseptor protein akan menerima sinyal tersebut dan bereaksi benar dengan memengaruhi ekspresi genetik sel atau mengubah kegiatan protein selular, termasuk dalam antaranya adalah perangsangan / penghambatan pertumbuhan serta apoptosis (kematian sel terprogram), pengaktifan atau penonaktifan sistem kekebalan, pengaturan metabolisme dan persediaan aktivitas baru (misalnya terbang, kawin, dan perawatan anak), atau fase kehidupan (misalnya pubertas dan menopause).

Pengertian Dan Fungsi Horman Pada Makhluk Hidup Serta Macam-Macamnya

Pengertian Dan Fungsi Horman Pada Makhluk Hidup Serta Macam-Macamnya

Di banyak kasus, satu hormon dapat mengatur produksi kemudian pelepasan hormon lainnya. Hormon juga mengatur siklus reproduksi pada hampir semua organisme multiselular.

Pada hewan, hormon yang paling dikenal merupakan hormon yang diproduksi dengan kelenjar endokrin vertebrata. Namun demikian, hormon dihasilkan dengan hampir semua sistem body organ dan jenis jaringan di dalam tubuh hewan. Molekul hormon dilepaskan langsung ke haluan darah, walaupun ada jua jenis hormon – yang disebut ektohormon (ectohormone) — yang tidak langsung dialirkan ke aliran darah, tetapi melalui sirkulasi atau difusi ke sel target.

Di dalam prinsipnya pengaturan produksi hormon dilakukan oleh hipotalamus (bagian dari otak). Hipotalamus mengontrol sekresi banyak kelenjar lain, terutama melalui kelenjar pituitari, yang juga mengontrol kelenjar-kelenjar lain.

Hipotalamus akan memerintahkan kelenjar pituitari untu mensekresikan hormonnya dengan mengirim best?ndsdel regulasi ke lobus anteriornya dan mengirim impuls saraf ke posteriornya dan mengirim impuls saraf ke lobingas posteriornya.

Pada tumbuhan, hormon dihasilkan terutama pada periode tumbuhan yang sel-selnya tena aktif membelah diri (pucuk batang/cabang atau ujung akar) atau dalam tahap pengembangan pesat (buah yang selagi dalam proses pemasakan).

Copy hormon dari satu periode ke bagian lain diaplikasikan melalui sistem pembuluh (xilem dan floem) atau copy antarsel. Tumbuhan tidak mempunyai kelenjar tertentu yang menerima hormon.

Fungsi umum hormon adalah sebagai berikut :

  • Berimbas dalam metabolisme glukosa, healthy proteins dan lemak pada semua tubuh.
  • Mengendalikan tekanan darah.
  • Merangsang dalam pembentukan sel darah merah.
  • Mengendalikan di perkembangan ciri seksual lalu sistem reproduksi.
  • Mengendalikan pembentukan dan pelepasan hormon akibat korteks adrenal.
  • Merangsang pembentukan dan pelepasan dari kelenjar tiroid.
  • Mempertahankan homeostasis (keseimbangan keadaan tubuh dengan kawasan sekitarnya).

Fungsi hormon anabolic steroid

Jenis kelamin laki-laki, hormon testosteron diproduksi akibat testis dan bertanggung jawab untuk karakteristik pria seolah-olah suara yang dalam, rambut wajah selama masa pubertas.

Estradiol adalah hormon seks wanita dan bertanggung jawab untuk pengembangan karakteristik seksual sekunder pada wanita. Perkara ini juga berpartisipasi pada mengontrol siklus menstruasi.

Progesteron bertanggung jawab untuk menyiapkan rahim untuk implantasi telur yang telah dibuahi. Situasi ini juga memainkan peran penting sebagai agen pengendalian kelahiran.

Fungsi Hormon Kelenjar adrenal

Nutrient Kortikoid yang dibuat yang sel-sel yang berbeda untuk korteks adrenal. Hormon indonesia berkaitan dengan keseimbangan surroundings garam dalam tubuh. Situasi ini juga mengatur kadar NaCl darah dan mengakibatkan ekskresi kalium dalam urin.

Glukokortikoid yang dibuat akibat korteks adrenal, hormon sekarang memodifikasi reaksi metabolisme terpilih dan memiliki serta efek anti-inflamasi.

Fungsi Hormon Asam Amino

Hormon tiroid tiroksin dan tri-iodothyroxine, mereka mempengaruhi metabolisme publik tubuh. Hormon tiroid yang dikenal sebagai setter kecepatan sistem endokrin.

Fungsi Hormon Peptida

Hormon peptida seperti insulin mengambil bagian dalam metabolisme karbohidrat. Hal ini menambahkan penetrasi dari membran sel untuk memfasilitasi masuknya glukosa. Oleh karena itu penurunan konsentrasi glukosa dalam darah. Insulin sering disebut sebagai faktor hipoglikemik. Kekurangan insulin menyebabkan diabetes mellitus.