Pengertian Dan Klasifikasi Palung, Teluk Serta Danau Akibat Peristiwa Alam

Rate this post

DosenPendidikan.Com – Di dalam dunia ini terdapat berbagai macam sebutan untuk sebuah cekungan besar. Sebutan ini mempunyai makna dan definisi yang berbeda, Karena kondisi dan posisi cekungan tersebut juga memiliki lingkungan yang berbeda. Dan berikut adah pengertian cekungan yang mempunyai nama dan definisi yang berbeda-beda.

Pengertian Dan Klasifikasi Palung, Teluk Serta Danau Akibat Peristiwa Alam

Pengertian Palung

Palung

Palung adalah jurang yang terletak di dasar laut. Palung adalah depresi topografi sempit yang merupakan bagian terdalam dari dasar laut. Parit laut memiliki karakteristik yang berbeda dengan batas konvergen.Palung terdalam di Bumi adalah Mariana Palung, yang terletak di barat laut Samudera Pasifik, tepatnya di Kedalaman Challenger yang memiliki kedalaman sekitar 10 923 meter.

Pengertian Teluk

Teluk

Teluk adalah badan air yang menjorok ke daratan dan berbatasan dengan tanah di tiga sisi. Karena letaknya yang strategis, teluk banyak digunakan sebagai port. Teluk adalah kebalikan dari tanjung, dan biasanya keduanya dapat ditemukan di pantai yang sama.

Pengertian Danau

Danau

Danau adalah sejumlah air (segar atau garam) yang terakumulasi di suatu tempat yang cukup luas, yang dapat terjadi karena mencairnya gletser, sungai, atau mata air mereka. Biasanya danau dapat digunakan sebagai sarana rekreasi dan olahraga.

Danau adalah cekungan besar di permukaan bumi dibanjiri oleh air dapat segar atau asin seluruh cekungan dikelilingi oleh tanah. Kebanyakan danau adalah air tawar dan banyak berada di belahan bumi utara pada ketinggian di atas.

Sebuah danau periglasial adalah sebuah danau dalam satu bentuk lapisan es, “ice cap” atau gletser, es yang menutupi aliran air keluar danau.

Danau Istilah ini juga digunakan untuk menggambarkan fenomena seperti Danau Eyre, di mana danau ini kering pada saat itu dan hanya diisi selama musim hujan. Banyak danau adalah buatan dan sengaja dibangun untuk penyediaan tenaga air listrik, rekreasi (berenang, selancar angin, dll), persediaan air, dll

Berdasarkan terjadinya, danau dibedakan Menjadi :

  • Danau tektonik adalah danau yang dibentuk oleh penurunan karena pergeseran bumi / fraktur.
  • Danau vulkanik adalah danau yang terbentuk oleh vulkanisme / gunung berapi.
  • Danau tektovulkanik adalah danau yang terbentuk dengan mencampur tektonisme aktivitas dan vulkanisme.
  • Danau bendungan alami adalah sebuah danau yang dibentuk oleh lembah-lembah sungai dibendung oleh aliran lava saat letusan terjadi.
  • Danau karst bahwa danau yang terbentuk oleh pembubaran tanah kapur.
  • Danau glasial adalah danau yang terbentuk oleh mencairnya es daerah / pengeringan yang kemudian diisi dengan air es.
  • Danau buatan yang danau terbentuk akibat aktivitas manusia.

 

Nah begitulah definisi dan klasifikasi Palung, Teluk Dan Danau kawan 😀

Semua itu terjadi akibat peristiwa alam ya kawan 😀

Pengertian Dan Klasifikasi Palung, Teluk Serta Danau Akibat Peristiwa Alam