Pengertian dan macam-macam sistem perekonomian

Pengertian Dan Macam Jenis Sistem Perekonomian Negara

Posted on

DosenPendidikan.Com – Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu daerah untuk mengalokasikan sumberdaya dan kemampuan yang di miliki baik untuk individu dan organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar antara sistem perekonomian yang besar dengan berbagai sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana sistem itu mengatur faktor produksinya. Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh memiliki semua faktor produksi.

Sementara di perangkat lain, semua faktor ini di pegang oleh pemerintah. Sebagian besar sistem moneter di dunia adalah di antara kedua hal ini sistem ekstrem.

Pengertian dan macam-macam sistem perekonomian

Selain unsur-unsur produksi, perangkat moneter juga dapat dikenali melalui cara program diatur produksi dan alokasi. Sebuah sistem ekonomi yang direncanakan (ekonomi direncanakan) hak pemerintah untuk mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi produksi.

Meskipun ekonomi pasar (market ekonomi), yang mengatur faktor-faktor pasar penciptaan dan alokasi barang dan jasa melalui sumber daya dan permintaan.

Macam-Macam Sistem Perekonomian

Perekonomian Terencana

Ada dua jenis utama dari ekonomi terorganisir, yaitu komunisme dan sosialisme. Sebagai wujud dari gagasan Karl Marx, komunisme adalah sistem yang mengharuskan pemerintah memiliki dan menggunakan setiap faktor produksi.

Meski begitu, ia menambahkan, kepemilikan pemerintah dari faktor-faktor produksi hanya jangka pendek; Ketika ekonomi dapat dianggap untuk mendapatkan masyarakat kontemporer dewasa, pemerintah harus menawarkan hak untuk faktor-faktor produksi untuk pekerja.

Uni Soviet dan juga negara-negara Eropa Asia lainnya menggunakan jenis sistem perekonomian sampai akhir dari ke-20. Tapi kali ini, hanya Kuba, Korea Utara, Vietnam, dan China menerapkan metode ini.

Negara-negara yang tidak akan sepenuhnya mengendalikan faktor-faktor produksi. contoh, China, yang berkaitan dengan mulai melonggarkan peraturan dan memungkinkan perusahaan eksklusif untuk mengontrol faktor-faktor produksi sendiri.

Sistem Ekonomi Tradisional

Di dalam kehidupan masyarakat tradisional berkembang program perekonomian tradisional. Bersama-sama dengan tujuan untuk mencocokkan kebutuhan sepanjang hidup mereka bergantung pada aset alam.

Masyarakat juga memproduksi barang-barang pemenuhan kebutuhan dalam produksi hanya untuk kebutuhan setiap rumah tangga. maka rumah tangga bisa bertindak karena konsumen, produsen, dan dua.

Perekonomian Pasar

Industri ekonomi secara keseluruhan bergantung pada kapitalisme dan liberalisme untuk menciptakan lingkungan yang besar di mana produsen dan konsumen dibebaskan untuk menawarkan dan membeli masalah yang mereka benar-benar ingin (dalam batas-batas tertentu). Karena itu, barang dikembangkan dan nilai yang berlaku ditentukan oleh mekanisme penawaran-permintaan.

Perekonomian Pasar Campuran

Perekonomian pasar campuran atau mixed ekonomi adalah combo atau gabungan dari ekonomi pasar dan dirancang. Menurut Griffin, umumnya tidak ada satu pun negara di dunia yang benar-benar melaksanakan ekonomi industri atau direncanakan, juga negara-negara seperti Amerika Bersatu.

Meskipun dianggap sangat bebas, pemerintah AS bahkan jadi menerbitkan beberapa peraturan yang membatasi kegiatan moneter.

Misal, larangan untuk menjual barang-barang tertentu untuk anak di bawah umur, mengendalikan iklan (advertising), sementara yang lain. Demikian pula, negara-negara di ekonomi terencana.

Saat ini, banyak negara-negara Blok Timur yang berisi sudah diprivatisasi perusahaan berubah status dari pemerintah untuk perusahaan non-publik.

Bagaimana sobat cukup mengertikan … ??? 😀

Pengertian Dan Macam Jenis Sistem Perekonomian Negara