Pengertian Dan Macam Jenis Termometer Alat Pengukur Suhu (Temperatur)

Pengertian Dan Macam Jenis Termometer Alat Pengukur Suhu (Temperatur)

Posted on

DosenPendidikan.Com – Termometer adalah alat yang dipakai untuk mengukur suhu (temperatur), ataupun perubahan suhu. Istilah termometer berasal dari kode Latin thermo yang bertanda panas dan meter yang berarti untuk mengukur. Prinsip kerja termometer ada beragam-ragam, yang paling umum dipakai adalah termometer air raksa.

Pengertian Dan Macam Jenis Termometer Alat Pengukur Suhu (Temperatur)

Air raksa digunakan di termometer karena mempunyai fase pemuaian yang teratur bertepatan dengan suhu di sekitarnya. Titik beku air raksa juga sangat rendah, sekitar -39°C, sedang titik didihnya tinggi, mencapai 357°C.

Ukuran suhu yang terbaca pada termometer, dinyatakan dalam satuan derajat Celcius (°C). Dalam pola satuan internasional, satuan resminya adalah derajat Kelvin (°K). Sementara itu, dalam beberapa negara Eropa dan Amerika menggunakan satuan derajat Fahrenheit (°F).

Jenis Termometer

Ada bermacam-macam termometer berdasarkan cara kerjanya :

  • Termometer raksa.
  • Termokopel.
  • Termometer inframerah.
  • Termometer Galileo.
  • Termistor.
  • Termometer bimetal mekanik.
  • Sensor suhu bandgap silikon.
  • Merkuri termo.
  • Termometer alkohol.
  • Termometer badan.
  • Termometer laboratorium.

Termokopel

Termokopel

Pada bidang elektronika, termokopel adalah sensor suhu yang banyak dipakai untuk mengubah perbedaan suhu dalam benda menjadi perubahan tegangan listrik (voltase).

Termokopel yang sederhana dapat dipasang, dan memiliki jenis konektor standar yang sama, juga dapat mengukur temperatur di jangkauan suhu yang patut besar dengan batas kekeliruan pengukuran kurang dari 1 °C.

Termometer Inframerah

Termometer Inframerah

Termometer inframerah menawarkan kemampuan utk mendeteksi temperatur secara optik–selama objek diamati, radiasi energi sinar inframerah diukur, serta disajikan sebagai suhu.

Mereka menawarkan metode pengukuran suhu yang cepat dan cermat dengan objek dari kejauhan dan tanpa disentuh, situasi ideal dimana objek bergerak cepat, dalam letaknya, sangat panas, berada di lingkungan yang berbahaya, dan/atau adanya kebutuhan menjauhi kontaminasi objek (seperti makanan, alat medis, obat-obatan, produk atau test, dll. ).

Termometer Galileo

Termometer Galileo

Termometer Galileo (atau termometer Galilea), dinamai fisikawan Italia, Galileo Galilei, adalah termometer yang terbuat dari gelas silinder yang tidak terbuka berisi cairan bening lalu serangkaian benda yang kerapatannya sedemikian rupa sehingga mereka naik atau turun pantas perubahan suhu.

Termistor

Termistor

Termistor ( thermistor) adalah alat atau komponen atau messfühler elektronika yang dipakai bagi mengukur suhu. Prinsip basis dari termistor adalah perubahan nilai tahanan (atau ganjalan atau werstan atau resistance) jika suhu atau temperatur yang mengenai termistor indonesia berubah. Termistor ini adalah gabungan antara kata termo (suhu) dan resistor (alat pengukur tahanan).

Termometer Bimetal Mekanik

Termometer Bimetal Mekanik

Termometer bimetal mekanik adalah sebuah termometer yang terbuat dari dau buah kepingan logam yang punya koefisien muai berbeda yang dikeling (dipelat) menjadi 1. Kata bimetal sendiri mempunyai arti yaitu bi bertanda dua sedangkan kata material berarti logam, sehingga bimetal berarti “dua logam”.

Termometer Alkohol

Termometer Alkohol

Termometer alkohol ialah termometer yang menggunkan vin sebagai media pengukur, yang merupakan alternatif dari termometer air raksa dengan guna yang sama. Tetapi bukan sama seperti air raksa dalam termometer kaca.

Isi termometer alkohol tidak beracun dan akan menguap dengan cukup cepat. Ruang dalam bagian atas cairan ialah campuran dari nitrogen lalu uap dari cairan. Dengan meningkatnya suhu maka volumenya naik.

Cairan yang dimanfaatkan dapat berupa etanol murni atau asetat isoamyl, tergantung pada produsen dan kegiatan yang berhubungan dengan suhu. Karena termometer ini merupakan transparan, maka cairan yang dibuat harus terlihat dengan penambahan pewarna merah / biru.

Termometer ini sebatas bisa mengukur suhu badan makhluk hidup (manusia lalu hewan). Termometer ini gak bisa mengukur yang gede suhunya tadinya 78 °C.

Nah itu dia kawan Pengertian Dan Macam Jenis Termometer Alat Pengukur Suhu (Temperatur) 😀

Semoga infonya bermanfaat ya 😀

Pengertian Dan Macam Jenis Termometer Alat Pengukur Suhu (Temperatur)