Pengertian Dan Macam – Macam Erosi Yang Terjadi Dalam Teori Geografi

Geografi dudung

DosenPendidikan.Com – Erosi merupakan sebuah peristiwa akibat transportasi angin, karakteristik hujan, air atau es, creep pada tanah dan material lain di bawah pengaruh gravitasi, atau dengan hidup hal-hal misal hewan yang membuat gubangan atau liang, dalam hal ini disebut bio-erosi. Erosi adalah tidak sama dengan pelapukan karena pengaruh dari cuaca dan ikim di sekitarnya, yang merupakan proses penghancuran mineral batuan dengan proses kimia dan fisik, atau kombinasi keduanya.

Faktor Yang Mempengaruhi Erosi

Erosi yang sebenarnya adalah proses alami yang mudah dikenali, namun di sebagian besar tempat peristiwa ini diperburuk oleh aktivitas manusia di miskin penggunaan lahan, deforestasi, pertambangan, perkebunan dan pertanian, konstruksi / pembangunan yang tidak tersusun secara rapi dan baik serta pembangunan jalan.

Tanah yang digunakan untuk menghasilkan tanaman pertanian biasanya terjadi sebuah erosi yang jauh lebih besar dari tanah dengan vegetasi alami. Konversi lahan hutan menjadi lahan pertanian meningkatkan erosi, karena struktur hutan akar tanaman kuat mengikat tanah diganti dengan tanaman pertanian struktur akar lemah.

Namun, penggunaan lahan praktek yang sebelumnya dapat membatasi erosi, menggunakan teknik seperti teras-bangunan, bidang praktek konservasi dan penanaman pohon. Dampak dari erosi adalah menipisnya lapisan permukaan tanah bagian atas, yang akan menyebabkan penurunan kemampuan lahan (degradasi lahan).

Konsekuensi lain dari erosi adalah kemampuan menurun dari tanah menyerap air (infiltrasi). Penurunan kemampuan lahan untuk menyerap air ke dalam lapisan tanah akan meningkatkan limpasan air permukaan akan menyebabkan banjir di sungai.

Selain itu partikel tanah diangkut dengan limpasan akhirnya akan menetap di sungai (sedimentasi), yang selanjutnya karena sedimentasi yang tinggi akan menyebabkan pendangkalan sungai yang akan mempengaruhi kelancaran jalur pelayaran.

Macam – Macam Jenis Erosi Yang Terjadi

Ada beberapa jenis erosi oleh kekuatan alam yang mempengaruhi itu, adalah sebagai berikut :

Korosi

Korosi terjadi karena angin membawa butiran pasir. Angin yang bertiup pasir hits batu tertentu sehingga pembusukan dan terkikis batu.

Ablasi

Ablasi adalah erosi yang terjadi karena aliran pengikisan air batu atau permukaan bumi. Saat hujan di pegunungan, bebatuan dan tanah di permukaan gunung terkikis oleh air hujan yang mengalir dari atas ke kaki gunung.

Deflasi

Deflasi merupakan proses erosi dari lapisan batuan yang disebabkan oleh tenaga angin. Misalnya, formasi jamur batu sebagai hasil dari erosi oleh tenaga angin.

Eksarasi

Eksarasi adalah erosi yang terjadi karena pergerakan es mencair atau gletser. Air dari es yang mencair di puncak gunung salju mengikis permukaan gunung di sepanjang jalan yang dilalui.

Abrasi

Abrasi terjadi di pantai karena ombak mengikis garis pantai. Misalnya, pantai pasir dan karang terkikis oleh gelombang laut surut.

Faktor Yang Mempengaruhi Erosi

Lereng

Tingkat erosi lebih tinggi jika lereng semakin lereng curam. Limpasan akan meningkat sehingga kekuatan barang meningkat. Lereng yang semakin panjang menyebabkan volume air yang mengalir ke dalam yang lebih besar.

Vegetasi

Daerah di permukaan bumi dengan vegetasi subur setidaknya dilindungi dari erosi. Hutan berfungsi sebagai ekosistem alami yang paling efektif dalam mencegah erosi.

Curah Hujan

Intensitas curah hujan menunjukkan jumlah dan volume curah hujan per satuan waktu. curah hujan yang tinggi dapat mempercepat proses erosi.

Atribut Dari Tanah

Tanah dengan tekstur kasar dan halus, akan tahan terhadap erosi. kandungan bahan organik juga menentukan sensitivitas dari tanah terhadap erosi karena bahan organik mempengaruhi stabilitas struktur tanah.

Manusia

Faktor lain yang dapat menyebabkan erosi, manusia. Sensitivitas tanah terhadap erosi dapat diubah oleh manusia untuk lebih baik atau lebih buruk. Membuat terasteras di tanah miring curam pengaruh baik pada manusia karena dapat mengurangi erosi :

  • Erosi meliputi erosi percik, yaitu pengikisan yang terjadi karena percikan air hujan.
  • Erosi lembar, yaitu proses pengikisan lapisan tanah yang paling atas.
  • Erosi alur, yaitu kelanjutan dari erosi lembar.

Nah kurang lebihnya begitu kawan terjadinya dan macam – macam erosi dalam bidang geografi 😀

Semoga bermanfaat ya …. 😀

Pengertian Dan Macam – Macam Erosi Yang Terjadi Dalam Teori Geografi

Most popular articles related to Pengertian Dan Macam – Macam Erosi Yang Terjadi Dalam Teori Geografi
Shares