Pengertian Dan Macam-macam Tenaga Endogen Serta Eksogen Geografi

Posted on

DosenPendidikan.Com – Di dalam ilmu geografi terdapat penjelasan dan definisi bermacam tenaga. Macam – macam tenaga ini memiliki fungsi dan kinerja masing-masing. Karena sifat dan karakteristiknya yang berbeda dan berikut adalah definisi berbagaimacam tenaga.

Pengertian Tenaga Endogen Dan Eksogen

Definisi Tenaga Endogen

Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi yang menyebabkan perubahan di kulit bumi. Tenaga endogen bersifat membentuk permukaan bumi menjadi tidak rata. Mungkin saja di salahsatu daerah dulunya permukaan bumi rata (datar) tetapi gara-gara tenaga endogen ini beralih, berganti, bersalinbertukar menjadi gunung, bukit, ataupun pegunungan. Pada bagian yang lain permukaan bumi turun menyebabkan adanya lembah atau jurang. Secara umum tenaga endogen dibagi dalam tiga model yaitu tektonisme, vulkanisme, lalu seisme atau gempa.

Macam-macam tenaga Endogen

Sumber Tenaga endogen berasal dari magma yang bersifat membangun (konstruktif). Energi ini meliputi tektonisme, vulkanisme, dan gempa bumi.

1. Vulkanisme

Vulkanisme ialah semua gejala alam yang terjadi akibat adanya kegiatan magma yang terkandung dalam dalam perut bumi. Accozzaglia yang ke luar ke permukaan bumi disebut lava. Aliran material vulkanik dianggap lahar.

2. Tektonisme

Tektonisme adalah tenaga yang bermakas dari dalam bumi berupa tekanan dengan arah lotrecht maupun horizontal yang mengakibatkan terjadinya dislokasi (perubahan letak). Berdasarkan jenis gerakan lalu luas wilayah yang dipengaruhinya, tenaga tektonik terbagi akhirnya menjadi dua, yaitu gerak orogenesa dan gerak epirogenesa.

3. Gempa bumi

Tepat, bumi terasa bergoyang diguncang kekuatan yang berasal untuk dalam bumi. Gempa meraih terjadi kapan pun, saat kamu tertidur atau sedang duduk-duduk santai.

Definisi Tenaga Eksogen

Tenaga eksogen yaitu tenaga yang bermakas dari luar bumi. Sifat umum tenaga eksogen merupakan merombak bentuk permukaan bumi hasil bentukan dari energi endogen. Bukit atau tebing yang terbentuk hasil energi endogen terkikis oleh angin, sehingga dapat mengubah ukuran permukaan bumi.

Secara publik tenaga eksogen berasal dri 3 sumber, yaitu :

  • Atmosfer, yaitu perubahan suhu lalu angin.
  • Air yaitu sanggup berupa aliran air, siraman hujan, hempasan gelombang laut, gletser, dan sebagainya.
  • Makhluk hidup yaitu berupa jasad renik, tumbuh-tumbuhan, hewan, kemudian manusia.

Di permukaan laut, bagian litosfer yang nampak akan mengalami penggerusan dengan tenaga eksogen yaitu dengan jalan pelapukan, pengikisan kemudian pengangkutan, serta sedimentasi. Seperti di permukaan laut nampak bukit hasil aktivitas tektonisme atau vulkanisme.

Mula-mula bukit dihancurkannya melalui tenaga pelapukan, kemudian puing-puing yang sudah hancur diangkut oleh energi air, angin, gletser ataupun dengan hanya gravitasi Bumi. Hasil pengangkutan itu lain diendapkan, ditimbun di periode lain yang akhirnya membentuk timbunan atau hamparan bantuan hancur dari yang kasar sampai yang halus.

Contoh lain dari tenaga eksogen adalah pengikisan pantai. Harus saat air laut menerjang pantai yang akibatnya tanah dan batuannya terkikis serta terbawa oleh air. Tanah dan batuan yang dibawa air tersebut kemudian diendapkan dan menyebabkan pantai akhirnya menjadi dangkal. Di daerah pegunungan bisa juga ditemukan sebuah bukit batu yang kian hari semakin kecil gara-gara tiupan angin.

Macam-macam Tenaga eksogen

1. Pelapukan

Pelapukan adalah proses hancurnya batuan pada lapisan litosfer di dalam jangka waktu lama.

2. Erosi

Erosi merupakan peristiwa pengikisan tanah oleh air flow, angin, atau es. Penyebab alami erosi adalah karakteristik dan intensitas curah hujan, kemiringan lereng, vegetasi (tanaman penutup), serta kemampuan tanah untuk menyerap dan menghilangkan air (absorpsi).

3. Masswasting

Bentuk bencana alam yang lain yang kerap menimpa populasi, yaitu tanah longsor (masswasting). Longsor adalah peristiwa geologi di mana terjadi pergerakan tanah, seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah. Penyebab utama masswasting merupakan gravitasi yang memengaruhi lereng yang curam.

4. Sedimentasi (pengendapan)

Sedimentasi merupakan cara terendapkannya material-material yang terbawa (terkikis) secara perlahan saat terjadinya erosi. Material ini terendapkan melalui suatu press perantara atau zat pengangkut, di antaranya oleh stamina alam berupa gletser, angin, air, maupun gelombang laut. Bentukan akibat hasil erosi di antaranya delta serta gumuk pasir.

Tenaga eksogen merupakan tenaga yang bersifat merusak kulit bumi. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap energi eksogen ini meliputi surroundings, angin, makhluk hidup, sinar matahari, dan gletser.

Lengkap sudah cerita hari ini .. 😀

Bagaimana sudah tidak penasaran lagi kan kawan mengenai tenaga ??? 😀

Pengertian Dan Macam-macam Tenaga Endogen Serta Eksogen Geografi