Pengertian HTTP dan HTTPS
Pengertian HTTP dan HTTPS

Pengertian Dan Perbedaan HTTP Dengan HTTPS Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Dan Perbedaan HTTP Dengan HTTPS Menurut Para Ahli – HTTP dan HTTPS protokol adalah bahasa kode yang akrab bagi pengguna internet, karena dalam setiap link yang merujuk ke situs web sudah dapat di pastikan menggukan HTTP dan HTTPS . Kode ini juga sering ditemui ketika kita ingin browsing atau membuka halaman web tertentu. Kita diminta untuk mengetik kode di awal dan diakhiri dengan titik dua dan garis miring kembar ketika kita melakukan halaman web browsing yang diinginkan.

Pengertian HTTP dan HTTPS
Pengertian HTTP dan HTTPS

Pengertian Dan Perbedaan HTTP Dengan HTTPS

1. HTTP (Hypertext Transfer Protocol)

Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia banyak dalam memanfaatkan sumber daya yang dihubungkan dengan link yang disebut dokumen hypertext yang membentuk World Wide Web. http://www.dosenpendidikan.com

Pada tahun 1990 oleh Inggris fisikawan bernama Tim Berners Lee. Http merupakan protokol yang menyediakan komunikasi antara perintah jaringan, yang merupakan jaringan komunikasi antara komputer client dengan server web. Dalam komunikasi ini, komputer clientmelakukan permintaan dengan mengetikkan alamat atau website yang Anda ingin mengakses. Sementara server memproses permintaan berdasarkan kode protokol makan.

HTTP disebut protokol stateless karena setiap perintah dijalankan secara mandiri, tanpa pengetahuan tentang perintah yang datang sebelumnya. Ini adalah alasan utama bahwa sulit untuk menerapkan sebuah situs web yang bereaksi secara cerdas untuk input pengguna.

2. Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS)

Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) memiliki arti yang sama seperti HTTP. akan tetapi HTTPS memiliki kelebihan di bidang fungsi keamanan (secure). HTTPS ditemukan oleh Netscape Communications Corporation. HTTPS menggunakan Secure Socket Layer (SSL) atau Transport Layer Security (TLS) sebagai sublayer bawah lapisan aplikasi HTTP biasa.

Enkripsi HTTP dan deskripsi dari halaman yang diminta oleh pengguna dan halaman yang dikembalikan oleh server web. Kedua protokol tersebut memberikan perlindungan yang memadai dari serangan penyadap. Secara umum, menggunakan port HTTPS adalah port 443.

Tingkat keamanan tergantung pada ketepatan dalam mengimplementasikan pada browser web dan perangkat lunak server dan didukung oleh algoritma enkripsi yang sebenarnya. Oleh karena itu, penggunaan halaman web HTTPS, dan URL yang digunakan dimulai dengan ‘https: //www.facebook.com/’

Https dapat menjamin keamanan di server Authentication peramban yaitu memungkinkan pengguna memiliki keyakinan bahwa mereka sedang berbicara secara langsung dengan server.Https server aplikasi juga mampu menjaga kerahasiaan data dan integritas data.

3. Perbedaan utama HTTP dan HTTPS

Beberapa perbedaan utama antara http dan https, dimulai dengan port default, yang 80 untuk http dan 443 untuk https. Https bekerja dengan transmisi interaksi http normal melalui sistem terenkripsi, sehingga dalam teori, informasi yang tidak dapat diakses oleh pihak lain selain akhir client dan server. Ada dua jenis umum lapisan enkripsi: Transport Layer Security “TLS” dan Secure Socket Layer “SSL”, yang keduanya rekaman data encode dipertukarkan.

4.  Cara Kerja

Https bukan protokol yang terpisah, tetapi mengacu pada kombinasi Sockets interaksi HTTP lapisan yang normal dienkripsi melalui SSL Secure atau Transport Layer Security (TLS) mekanisme transportasi. Hal ini memastikan perlindungan yang wajar dari penyadap dan asalkan dilaksanakan dengan benar dan otoritas tingkat melakukan pekerjaan mereka dengan baik terhadap serangan.

Default port TCP https: URL adalah 443 untuk HTTP tanpa jaminan, defaultnya adalah 80. Untuk menyiapkan web-server untuk https koneksi sebagai administrator dan penerima harus membuat sertifikat kunci publik untuk server web.

Sertifikat ini dapat dibuat untuk server berbasis Linux dengan alat seperti Open SSL atau SuSE gensslcert. Web browser pada umumnya mendistribusikan proses penandatanganan otoritas sertifikat utama, kemudian merekapuna akan dapat memverifikasi sertifikat yang telah ditandatangani.

Bila menggunakan koneksi https, server merespon koneksi awal dengan menawarkan daftar metode enkripsi dukungan. Menanggapi, klien memilih metode sambungan, dan klien dan sertifikat server otentikasi pertukaran untuk identitas mereka. Setelah ini dilakukan, kedua belah pihak bertukar informasi terenkripsi setelah memastikan bahwa kedua menggunakan kunci yang sama, dan koneksi ditutup.

Untuk menjadi host koneksi https, server harus memiliki sertifikat kunci publik, yang embeds informasi kunci untuk memverifikasi identitas pemilik kunci. Sebagian besar sertifikat diverifikasi oleh pihak ketiga sehingga klien yakin bahwa kuncinya adalah aman.

5. Keuntungan mengubah HTTP ke HTTPS

Untuk mengamankan komunikasi antara browser dengan web server. Ketika Anda mengakses web server yang menggunakan protokol HTTPS, halaman yang dikirim kepada Anda pertama kali dienkripsi oleh protokol ini. Dan semua informasi yang Anda kirim ke server pendaftaran, identitas, nomor pin, pembayaran transfer akan dienkripsi juga sehingga tidak ada yang bisa mendengar (eavesdropping) data saat transaksi sedang berlangsung. Jadi data transaksi Anda menjadi lebih aman.

Protokol HTTPS dapat ditemukan di situs-situs perbankan, e-commerce, formulir pendaftaran, dan lain-lain Karena dalam area bisnis ini rawan terjadi penyadapan oleh pihak ketiga. Untuk itu Anda memerlukan sertifikat SSL.

Koneksi internet menggunakan HTTPS lebih aman daripada menggunakan HTTP. Untuk itu banyak bank yang membangun layanan online mereka dengan menggunakan format HTTPS. Hal ini bertujuan untuk menjamin keamanan pelanggan saat melakukan transaksi online. Tidak hanya transaksi online, pemerintah atau lembaga juga melindungi keamanan dokumen pentingnya menggunakan HTTPS.

HTTP tidak terbatas untuk digunakan dengan TCP / IP, meskipun HTTP merupakan salah satu aplikasi protokol TCP / IP adalah yang paling populer di Internet. Memang HTTP dapat diimplementasikan di atas protokol lain melalui Internet atau melalui jaringan lainnya.

6. Memahami URL (Uniform Resource Locator)

adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet. URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991 bahwa penulis dokumen dapat referensi link ke World Wide Web. Sejak tahun 1994, konsep tersebut telah berkembang menjadi istilah URL Uniform Resource Identifier (URI), yang lebih bersifat umum. Fungsi, Pengertian, dan URL sejarah Anda bisa lihat di sini.

FTP (File Transfer Protocol) adalah protokol yang digunakan untuk pertukaran file dalam jaringan menggunakan TCP bukan UDP.

Dua hal yang penting dalam FTP Server dan FTP Client.

  • FTP server adalah server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan layanan untuk bertukar file di mana server selalu siap memberikan layanan FTP jika permintaan diterima (permintaan) dari FTP client.
  • FTP client adalah komputer yang meminta koneksi ke server FTP untuk tujuan bertukar file. Setelah terhubung ke server FTP, maka klien dapat men-download, upload, mengubah nama, menghapus, dll sesuai dengan izin yang diberikan oleh FTP server.

Tujuan dari server FTP adalah sebagai berikut:

  • Untuk tujuan berbagi data
  • Untuk menyediakan komputer remote tidak langsung atau implisit
  • Untuk menyediakan penyimpanan bagi pengguna
  • Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien

Demikian Pembahasan Tentang Pengertian Dan Perbedaan HTTP Dengan HTTPS Semoga bermanfaat buat para sahabat Dosenpendidikan.Com 😀