Microsoft logo
Microsoft logo

Pengertian Dan Sejarah Microsoft Corporation Menurut Para Ahli

Posted on
Pengertian Dan Sejarah Microsoft Corporation Menurut Para Ahli
3 (60%) 2 votes

Pengertian Dan Sejarah Microsoft Corporation Menurut Para Ahli – Microsoft Corporation “NASDAQ -MSFT” adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika yang berkantor pusat di Redmond, Washington, Amerika Serikat yang mengembangkan, memproduksi, memberikan lisensi, dan mendukung berbagai produk dan jasa terkait dengan komputer.

Perusahaan ini didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada tanggal 4 April 1975. Microsoft merupakan pembuat perangkat lunak terbesar di dunia dengan pendapatan. Microsoft juga merupakan salah satu perusahaan yang paling berharga di dunia.

Microsoft logo
Microsoft logo

http://www.dosenpendidikan.com/ Microsoft didirikan untuk mengembangkan dan menjual interpreter BASIC untuk Altair 8800. Perusahaan ini berhasil mendominasi operasi komputer pribadi pasar sistem dengan MS-DOS di pertengahan 1980-an, diikuti oleh garis Microsoft Windows sistem operasi.

Microsoft menawarkan initial public pada tahun 1986, dan kenaikan tajam harga sahamnya, menciptakan tiga miliuner dan 12.000 jutawan di kalangan karyawan Microsoft.

Sejak 1990-an, perusahaan ini lebih beragam daripada pasar sistem operasi dan telah membuat sejumlah akuisisi perusahaan. Pada bulan Mei 2011, Microsoft membeli Skype Technologies untuk $8,5 dan menjadi akuisisi paling mahal dalam sejarah Microsoft.

Pada tahun 2012, Microsoft adalah pasar pendominasi sistem operasi PC dan pasar perangkat lunak perkantoran (bersama dengan Microsoft Office).

Perusahaan juga memproduksi serangkaian perangkat lunak untuk desktop dan server, dan aktif dalam sejumlah bidang seperti pencarian Internet (Bing), industri video game (Xbox dan Xbox 360), pasar layanan digital (MSN), dan mobile telepon (Windows Phone OS).

Pada bulan Juni 2012, Microsoft mengumumkan bahwa mereka akan memasuki pasar vendor PC untuk pertama kalinya dengan peluncuran Microsoft Surface tablet komputer.

Pada 1990-an, kritikus mulai menuduh bahwa praktek monopoli Microsoft bisnis dan strategi anti-kompetitif termasuk penolakan persetujuan dan mengikat, membuat pembatasan yang tidak masuk akal dalam penggunaan perangkat lunak, dan taktik pemasaran yang tidak representatif, baik Departemen Kehakiman AS dan Komisi Eropa mengatakan perusahaan melanggar undang-undang antitrust.

Sejarah Awal Microsoft Corporation

Paul Allen dan Bill Gates, sesama teman masa kecil yang menikmati pemrograman komputer, mencoba untuk membuat bisnis yang sukses memanfaatkan kemampuan mereka. Majalah edisi 1975 Januari Popular Electronics menampilkan Altair 8800 mikrokomputer buatan Micro Instrumentation dan Telemetry Systems (MITS).

Allen tahu bahwa mereka bisa memprogram BASIC untuk perangkat; setelah menerima telepon dari Gates yang mengklaim bahwa mereka memiliki seorang juru bahasa, MITS diminta langsung ditunjukkan.

Karena pada saat itu mereka tidak memiliki penerjemah, Allen membuat simulator untuk Altair sementara Gates mengembangkan interpreter. Meskipun mereka mengembangkan juru simulator dan bukan instrumen asli, juru beroperasi sangat lancar ketika ditunjukkan ke MITS di Albuquerque, New Mexico Maret 1975, MITS setuju untuk mendistribusikan dan memasarkannya dengan nama Altair BASIC. Mereka secara resmi didirikan Microsoft pada tanggal 4 April 1975 dan dibesarkan Gates sebagai CEO.

Allen memicu nama “Micro-Soft”, sebagaimana dinyatakan dalam Keberuntungan artikel majalah pada tahun 1995. pada bulan Agustus 1977, perusahaan membuat kesepakatan dengan majalah ASCII di Jepang dan menyebabkan pembentukan kantor internasional pertamanya, “ASCII Microsoft “.Perusahaan pindah ke kantor barunya di Bellevue, Washington pada Januari 1979.

Microsoft memasuki bisnis OS (sistem operasi) pada tahun 1980 dengan versi sendiri dari Unix disebut Xenix.Tetapi, itu MS-DOS yang memperkuat dominasi perusahaan.

Setelah negosiasi dengan Digital Research gagal, IBM menyetujui kontrak dengan Microsoft pada November 1980 untuk menyediakan versi CP / M OS, yang akan digunakan dalam jajaran IBM Personal Computer (PC IBM) mendatang. Untuk perjanjian ini, Microsoft membeli tiruan dari CP/M yang disebut 86-DOS dari Seattle Computer Products, menamainya MS-DOS, yang digantikan lagi oleh IBM ke dalam PC-DOS.

Setelah peluncuran PC IBM pada bulan Agustus 1981, Microsoft memperoleh kepemilikan MS-DOS. Sejak IBM IBM PC cipta mendaftar BIOS, perusahaan lain harus melakukan rekayasa mundur agar hardware non-IBM dapat beroperasi sebagai komputer yang kompatibel IBM PC.

Karena berbagai faktor, seperti pilihan perangkat lunak yang tersedia untuk MS-DOS, Microsoft langsung ke sistem operasi PC vendor terdepan pada masanya. Perusahaan ini memperluas diri ke pasar baru dengan merilis Mouse Microsoft pada tahun 1983, serta divisi penerbitan bernama Microsoft Press.Paul Allen mengundurkan diri dari Microsoft pada bulan Februari setelah terserang penyakit Hodgkin.

1984–1994 Windows dan Office

Ketika mengembangkan OS baru bersama IBM pada tahun 1984, OS / 2, Microsoft merilis Microsoft Windows, ekstensi grafis untuk MS-DOS, pada tanggal 20 November. [6]: 242-243, 246 Microsoft memindahkan kantor pusatnya ke Redmond tanggal 26 Februari 1986, dan pada tanggal 13 Maret,

Microsoft telah go public, kenaikan tajam harga saham telah menciptakan empat miliarder dan 12.000 jutawan dari karyawan Microsoft di antara mereka sendiri.

Karena kemitraan dengan IBM, pada tahun 1990, Federal Trade Commission mengawasi Microsoft karena kemungkinan kolusi, periode menandai awal satu dekade penuh tuntutan hukum dari Pemerintah Amerika Serikat.

Microsoft mengumumkan peluncuran versi OS / 2 nya untuk produsen peralatan asli (OEM) pada tanggal 2 April 1987, sementara itu, perusahaan saat ini sedang bekerja pada OS 32-bit.

Microsoft Windows NT, menggunakan ide dari OS / 2, OS baru diluncurkan pada tanggal 21 Juli 1993 dengan antarmuka kernel dan aplikasi pemrograman baru modular (API) Win32, membuat port dari Windows 16-bit (MS-DOS-based) lebih mudah. Setelah Microsoft menginformasikan IBM NT, kemitraan OS / 2 berakhir.

1995–2005: Internet dan era 32-bit

Bill Gates mengungkapkan deposisi pada tahun 1998 di pengadilan v Amerika Serikat. Microsoft. Setelah Departemen Kehakiman AS mengambil alih kasus ini dari FTC pada tahun 1993, pertempuran hukum antara Microsoft dan departemen hukum terjadi, yang menimbulkan berbagai kompensasi dan memblokir merger. Microsoft menunjuk perusahaan seperti AOL-Time Warner untuk melindungi diri.

Setelah “Internet Tidal Wave memo” Bill Gates internal tanggal 26 Mei 1995, Microsoft mulai mendesain ulang penawarannya dan memperluas lini produk ke dalam jaringan komputer dan World Wide Web.

Perusahaan ini merilis Windows 95 pada tanggal 24 Agustus 1995, dengan tugas ganda berputar, antarmuka pengguna baru yang memiliki tombol ‘start’, dan 32-bit kompatibilitas; sama seperti NT, OS menyediakan Win32 API.

Windows 95 keluar lengkap dengan layanan online MSN, dan web browser Internet Explorer ke OEM. Internet Explorer tidak disertakan dengan ritel Windows 95 kotak karena kotak yang dicetak sebelum tim menyelesaikan pengembangan browser web, dan paket baru termasuk dalam Windows 95 Plus

Dengan ekspansi ke pasar baru pada tahun 1996, Microsoft dan NBC Universal mendirikan stasiun berita 24/7 kabel baru yang disebut MSNBC. Microsoft Windows CE 1.0 dirancang, OS baru yang dirancang untuk perangkat dengan memori rendah dan kendala lainnya, seperti asisten pribadi digital.

Pada bulan Oktober 1997, Departemen Kehakiman mengeluarkan mosi di Pengadilan Distrik Federal, yang menyatakan bahwa Microsoft melanggar perjanjian yang ditandatangani pada tahun 1994 dan meminta pengadilan untuk menghentikan kemasan Internet Explorer bersama dengan Windows.

Tanggal 13 Januari 2000, Bill Gates menyerahkan posisi CEO ke Steve Ballmer, teman lama Gates di perguruan tinggi dan karyawan perusahaan ini sejak tahun 1980, dan menciptakan posisi baru untuk dirinya sebagai Chief Software Architect perusahaan Lunak.

Berbagai, termasuk Microsoft, terbentuk Trusted Computing Platform Alliance pada bulan Oktober 1999 untuk meningkatkan keamanan dan melindungi kekayaan intelektual melalui identifikasi perubahan perangkat keras dan perangkat lunak.

2006-2010: Windows Vista, ponsel, SaaS, Yammer

CEO Steve Ballmer dalam acara MIX tahun 2008. Dalam sebuah wawancara tentang gaya manajemen pada tahun 2005, dia menyebutkan bahwa prioritas utamanya adalah untuk mendisiplinkan karyawan bahwa ia mendelegasikan. Ballmer juga menekankan perlunya untuk terus mengejar teknologi baru meskipun upaya awal gagal, mengutip contoh upaya awal dengan Windows.

Dirilis pada Januari 2007, versi berikutnya dari Windows, Windows Vista, berfokus pada fitur, keamanan, dan antarmuka pengguna baru yang dijuluki Aero.

Microsoft Office 2007, yang dirilis pada saat yang sama, menampilkan antarmuka pengguna “Ribbon” yang menjadi perubahan terbesar dari versi sebelumnya. Penjualan kedua produk relatif kuat membantu menciptakan rekor laba di Eropa 2007.Uni hukuman lain sebesar €899 juta ($1,4 miliar) untuk non-Microsoft terhadap keputusan.

Maret 2004 pada tanggal 27 Februari 2008, yang menyatakan bahwa perusahaan itu didenda pesaing dengan nilai-nilai yang tidak masuk akal pada informasi utama tentang server dan administrasi kelompok kerja. Microsoft menyatakan bahwa mereka patuh dan “denda terkait dengan masalah lama yang telah diselesaikan”.

Bill Gates mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Chief Software Architect pada tanggal 27 Juni 2008 dan memegang posisi lain di Microsoft selain menjadi penasihat perusahaan pada proyek-proyek utama.

Azure Services Platform, menandai masuknya Microsoft ke pasar komputasi awan untuk Windows, yang diluncurkan pada tanggal 27 Oktober 2008.

Pada tanggal 12 Februari 2009, Microsoft mengumumkan niatnya untuk membuka jaringan Microsoft bermerek toko ritel, dan pada tanggal 22 Oktober 2009, pertama Microsoft Store dibuka di Scottsdale, Arizona; hari yang sama dengan peluncuran resmi Windows 7.

Windows 7 adalah fokus memperbaiki Vista dengan fitur yang mudah digunakan dan update kinerja, bukan dirombak Windows.

2011-Sekarang Ponsel dan Metro

Setelah peluncuran Windows Phone 7, Microsoft perlahan-lahan kembali pencitraan seluruh jajaran produk antara tahun 2011 dan 2012. Logo, produk, jasa, dan situs web renovasi dengan karakter indah bahasa desain Metro.

Tanggal 31 Mei 2012, Microsoft merilis versi preview Windows 8 perangkat lunak generasi berikutnya. Perangkat lunak ini dirancang untuk berbagai tablet peralatan mulaidari ke meja komputer.

Tanggal 25 Juni 2012, Microsoft mengumumkan bahwa mereka membeli Yammer jaringan sosial sebesar $ 1,2 miliar.

Tanggal 23 Agustus 2012, Microsoft memperkenalkan logo baru perusahaan pada pembukaan toko Microsoft ke-23 di Boston, menandakan transfer fokus perusahaan untuk antarmuka gaya klasik kotak Metro yang digunakan pada platform windoes Telepon, Xbox 360, dan Windows Produk 8 line dan Office Suite berikutnya.

Windows & Windows Live Division, Server dan Tools, Divisi Layanan Online

Divisi Klien menghasilkan garis sistem operasi Windows seperti Windows 7, divisi ini juga memproduksi keluarga produk dan jasa dari Windows Live.

Server and Tools menghasilkan versi server Windows, seperti Windows Server 2008 R2 serta satu set alat pengembangan yang disebut Microsoft Visual Studio, Microsoft Silverlight, kerangka aplikasi web, dan System Center Configuration Manager, kumpulan alat yang menyediakan kemampuan untuk mengendalikan dari jarak jauh, manajemen patch, software persediaan distribusi dan hardware / software.

Produk server lainnya termasuk: Microsoft SQL Server, sistem manajemen database relasional, Microsoft Exchange Server, untuk e-mail dan penjadwalan fitur bisnis khusus, Small Business Server, untuk olahpesan dan fitur khusus lainnya dari usaha kecil dan Microsoft BizTalk Server, untuk proses bisnis manajemen.

Microsoft menyediakan layanan (“Jasa Konsultasi Microsoft”) dan membuat serangkaian program sertifikasi ditangani oleh Server and Tools divisi dirancang untuk mengenali orang-orang yang memiliki sedikit kemampuan dalam peran tertentu konsultasi TI, ini termasuk pengembang (“Microsoft Certified Solution Developer”), sistem / analis jaringan (“Microsoft Certified Systems Engineer”), pelatih (“Microsoft Certified Trainer”) dan administrator (“Microsoft Certified Systems Administrator” dan “Microsoft Certified Database Administrator”) .

Microsoft Press, yang menerbitkan buku, juga dikelola oleh divisi. Divisi Layanan Online Bisnis menangani MSN layanan online dan mesin pencari Bing. Pada bulan Desember 2009, perusahaan memegang saham 18% di saluran berita kabel MSNBC tanpa kontrol editorial, Namun, divisi ini mengembangkan website, msnbc.com, dalam usaha patungan dengan co-pemilik saluran, NBC Universal.

Microsoft Business Division

Divisi Bisnis Microsoft memproduksi Microsoft Office, termasuk Microsoft Office 2010, garis Microsoft perangkat lunak perkantoran. Produk perangkat lunak meliputi Word (word processor), Access (program database relasional), Excel (program spreadsheet mencakup), Outlook (perangkat lunak kolaboratif, sering digunakan dengan Exchange Server).

PowerPoint (program presentasi), Publisher (software desktop publishing) dan Sharepoint. Beberapa produk lain ditambahkan kemudian dengan rilis Office 2003, yang Visio, Project, MapPoint, InfoPath dan OneNote.

Divisi ini juga mengembangkan perencanaan sumber daya perusahaan perangkat lunak (ERP) untuk perusahaan di bawah merek Microsoft Dynamics. Perangkat lunak adalah Microsoft Dynamics AX, Microsoft Dynamics NAV, Microsoft Dynamics GP, dan Microsoft Dynamics SL.

Semuanya ditargetkan pada berbagai jenis perusahaan dan negara, dan terbatas pada organisasi di bawah 7.500 karyawan. Selain itu, di bawah Dynamics merek yang ada hubungan pelanggan perangkat lunak manajemen yang disebut Microsoft Dynamics CRM, bagian dari Azure Services Platform.

Entertainment and Devices Division

Hiburan dan Divisi Devices menghasilkan sistem operasi Windows CE untuk embedded system dan Windows Phone untuk telepon cerdas.Microsoft awalnya memasuki pasar ponsel melalui Windows CE untuk perangkat genggam, yang kemudian berkembang menjadi Windows Mobile OS dan sekarang, Windows Phone.

Windows CE didesain untuk sistem operasi peralatan tidak terlihat secara langsung oleh pengguna akhir, khususnya peralatan rumah tangga dan mobil. Divisi ini juga memproduksi permainan komputer yang beroperasi pada PC Windows dan sistem lainnya, beberapa di antaranya adalah Age of Empires, Halo dan seri Microsoft Flight Simulator, dan mengelola Macintosh Unit Bisnis, yang menghasilkan Mac OS software, termasuk Microsoft Office 2011 untuk Mac.

Microsoft Hiburan dan Divisi Devices desain, pasar, dan membuat elektronik konsumen seperti konsol Xbox 360 pertandingan, handheld media player Zune, dan perangkat Internet MSN TV berbasis televisi. Microsoft juga memasarkan perangkat keras komputer pribadi seperti mouse, keyboard, dan berbagai kontroler game seperti joystick dan gamepad.

Logo Microsoft

Microsoft mengadopsi “Pac-Man Logo”, dirancang oleh Scott Baker, pada tahun 1987. Baker mengatakan bahwa, “Logo baru, di Helvetica huruf miring, memiliki celah di antara o dan s untuk menekankan“soft”dia dan berikan gerakan figuratif dan kecepatan.

Dave Norris telah membuat lelucon internal untuk menyimpan logo tua di hijau dan dikapitalisasi dengan huruf O yang unik, dijuluki blibbet, tapi segera dihapus.

Logo Microsoft dengan slogan potensial Anda. semangat kami. di bawah nama perusahaan dirancang berdasarkan slogan Microsoft yang digunakan pada tahun 2008. pada tahun 2002, perusahaan mulai menggunakan logo di Amerika Serikat dan iklan televisi peluncuran dengan slogan, berubah dari slogan sebelumnya, yaitu “Where do you want to go today?”.

Pada Konferensi MGX (Microsoft Global Exchange) pada tahun 2010, Microsoft meluncurkan slogan baru perusahaan, “Jadilah Apa Selanjutnya.

Pada tanggal 23 Agustus 2012, Microsoft meluncurkan logo baru perusahaan pada pembukaan Microsoft Store untuk-23 di Boston. Penggantian logo menandakan pengalihan fokus perusahaan dari gaya klasik ke kotak antarmuka serbaguna modern yang akan digunakan dalam platform Windows Phone, Xbox 360, dan Windows 8 dan Office Suites.

Logo baru terdiri dari empat persegi dengan warna-warna logo Windows .

Meski begitu, logo ini tidak baru sama sekali, karena sekali muncul di iklan Windows 95 pada pertengahan tahun 1990 an.Masing setiap warna mewakili produk Microsoft utama biru untuk Windows (dan Windows 8), hijau untuk Xbox, merah untuk Kantor, dan kuning masih belum diketahui.

Demikian Ulasan Tentnag Pengertian Dan Sejarah Microsoft Corporation Menurut Para Ahli Semoga Bermanfaat Buat Para Sahabat Setia Dosenpendidikan.Com 😀

loading...