Pengertian Dan Sejarah Teknologi Informasi
Pengertian Dan Sejarah Teknologi Informasi

Pengertian Dan Sejarah Teknologi Informasi

Posted on
Pengertian Dan Sejarah Teknologi Informasi
5 (100%) 1 vote

Pengertian Dan Sejarah Teknologi Informasi – dosenpendidikanTeknologi Informasi di era sekarang sangatlah penting bagi kehidupan seluruh umat manusia di seluruh dunia. Teknologi Informasi ini sudah ada sejak jaman dahulu kala. Untuk dapat mengetahui lebih banyak tentang TeknologiIinformasi kita haruslah mengerti apa itu Teknologi dan apa itu Informasi.

Pengertian Dan Sejarah Teknologi Informasi
Pengertian Dan Sejarah Teknologi Informasi

Kata Teknologi sendiri berasal dari bahasa prancis “ la teknique “. Teknologi merupakan sarana yang di pergunakan sebagai penyedia barang-barang yang umumnya diperlukan manusia untuk kenyamanan dan kelangsungan kehidupannya. Penggunaan teknologi pertamakali adalah dengan merubah sumberdaya alam yang ada di sekitar menjadi alat-alat yang sederhana yang dapat meringankan pekerjaan manusia.

Sedangkan kata Informasi berasal dai bahasa perancis kuno “ informacion “ (1387) yang artinya adalah “ garis besar, konsep dan ide “. Menurut Notoatmodjo (2008) bahwa semakin banyak informasi dapat memengaruhi atau menambah pengetahuan seseorang dan dengan pengetahuan menimbulkan kesadaran yang akhirnya seseorang akan berperilaku sesuai dengan pengetahuan yang dimilikinya.

Menurut wikipedia Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi.

Teknologi Informasi atau yang sering kita sebut dengan IT telah berkembang dari jaman ke jaman. Mulai dari menggambar di dinding gua pada zaman pra sejarah hingga menggunakan media elektronik di zaman sekarang.

Sejarah Teknologi Informasi

# 3000 SM
Di jaman ini tulisan di temukan dan di pergunakan oleh bangsa Sumeria yang menggunakan simbol-simbol berbentuk dari pictograf yang di pergunakan sebagai hurufnya.

#2900 SM
Pada jaman ini huruf Hieroglyph yang di gunakan pada bangsa mesir kuno, Hieroglyph adalah salah satu bahasa simbol yang di setiap ungkapan yang ungkapkan di tulis dengan symbol yang berbeda beda dan ketika di gabungkan akan memiliki cara pengungkapan yang berbeda.

#500 SM
Kertas telah ada di jaman ini. Kertas yang di guanakan berasal dari serat yang terdapat pada pohon Papyrus yang berasal dari sekitaran sungai nil. Media ini lebih tahan lama dan fleksibel di banding dengan tanah liat.

#150 M
Di jaman ini bangsa cina menemukan kertas yang sampai saat ini terus kita pergunakan sehari hari. Kertas ini berasal dari serat yang terdapat pada bamboo.

Memasukin Era Modern

#Tahun 1455
Di tahun ini telah di temukan mesin cetak yang terdiri dari plat huruf yang berasal dari bahan besi dan dapat di ganti-ganti yang di kembangkan oleh johan gutenberg.

#Tahun 1830
Di tahun ini telah dapat menulis program komputer yang menggunakan sebuah mesin Analitical. Program komputer ini di tulis oleh Agusta Lady Byrn dan Charless Babbage. Mesin ini adalah bentuk pertama dari komputer digital meskipun cara kerjanya masih bersifat mekanis dari pada digital. Era ini terjadi sebelum komputer pertama di bentuk yaitu 94 tahun sebelumnya.

#1837
Di tahun ini telah di kembangkan telegraph oleh Samuel Morse dan kode morse oleh Sir Wiliam Cook dan Sir Charles Wheatstone. Media ini dapat mengirim pesan secara berjauhan melalui kabel yang menghubungkan antara keduanya.

#Tahun 1861
Telah di temukannya gambar bergerak yang di proyeksikan pada sebuah layar. Inilah cikal bakal dari film yang ada sekarang.

#Tahun 1876
Telah di temukannya penulisan decimal oleh Melvyl Dewey.

#Tahun 1877
Di temukannya telepon oleh jexander Graham Bell. Dan penemuan fotografi berkecepatan tinggi oleh Edward Maybridge.

#Tahun 1923
Telah di temukan tv tabung oleh Zvorkyn.

#Tahun 1946
Telah di temukannya komputer digital pertama yaitu ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer).

#Tahun 1962
Di tahun ini perusahaan RAND mengembangkan sebuah sistem Desentralisasi yang di gunakan untuk mengendalikan sistem pengeboman dan meluncurkan peluru kendali pada perang nuklir.

#Tahun 1973-1990
Pada tahun ini telah di kemukakan internet keruang publik.

#Tahun 1991-sekarang
Pada tahun ini para ilmuan masih terus mengembangkan semua media informasi untuk terus di majukan dan di sempurnakan lagi seperti perangkat komputer, jaringan internet, perkembangan telepon agar menjadi lebih maksimal dan canggih.

Sekianlah Pengertian Dan Sejarah Teknologi Informasi semoga bermanfaat.