Pengertian Pendapatan Per Kapita

Pengertian Dan Sudut Pandang Pendapatan Per Kapita

Posted on
Pengertian Dan Sudut Pandang Pendapatan Per Kapita
Rate this post

DosenPendidikan.Com – Pendapatan per kapita adalah jumlah pendapatan rata-rata penduduk suatu negara. Per kapita pendapatan yang diperoleh dari distribusi pendapatan nasional suatu negara dengan penduduk negara. Pendapatan per kapita juga tercermin dalam PDB per kapita. Pendapatan per kapita juga sering kali digunakan sebagai ukuran kemakmuran dan tingkat pembangunan suatu negara; semakin besar pendapatan per kapita, semakin makmur negara.

Pengertian Pendapatan Per Kapita

Konsep pendapatan nasional yang biasanya digunakan dalam menghitung pendapatan per kapita umumnya yang sering gunakan adalah Produk Domestik Bruto (PDB) atau Gross National Product (GNP). Dengan demikian, pendapatan per kapita suatu negara dapat dihitung dengan menggunakan rumus berikut :

Pendapatan Perkapita
Pendapatan per kapita juga memiliki beberapa manfaat, seperti indikator negara kesejahteraan, pertumbuhan kemakmuran standar negara, sebagai pedoman bagi pemerintah dalam membuat kebijakan ekonomi, dan tingkat kemakmuran komparatif antar negara.

Sudut Pandang Pendapatan Per Kapita

Indikator Kesejahteraan Negara

Angka pendapatan per kapita adalah ukuran yang paling dapat mengandalkan untuk melihat tingkat kesejahteraan suatu negara.

Hal ini karena pendapatan per kapita telah menutupi jumlah orang sehingga dapat langsung menunjukkan tingkat kemakmuran, sementara komponen lain dari pendapatan nasional, seperti PND, PDB dan belum menunjukkan tingkat kemakmuran rakyat secara langsung karena itu tidak memperhitungkan faktor populasi.

Kemakmuran Pertumbuhan Standar Negara

Pendapatan per kapita adalah standar umum untuk membandingkan tingkat kemakmuran atau kesejahteraan suatu negara dari tahun ke tahun. Jika per kapita pendapatan meningkat, dapat dikatakan bahwa tingkat kenaikan kesejahteraan sosial.

Namun, untuk memastikan kesejahteraan masyarakat apakah itu benar-benar meningkat, kita harus memperhitungkan pendapatan per kapita secara nyata/riil, peningkatan pendapatan per kapita dibandingkan dengan tingkat kenaikan harga atau inflasi.

Sebagai Pedoman Pemerintah Dalam Pembuatan Kebijakan Ekonomi

Pendapatan per kapita dapat digunakan sebagai landasan/pedoman pemerintah dalam membuat kebijakan ekonomi karena pemerintah dapat memantau pertumbuhan ekonomi di masyarakat. Selain itu, pemerintah juga harus mampu mempertahankan tingkat minimum inflasi sehingga tingkat kesejahteraan stabil.

Tingkat Perbandingan Of Prosperity Antar Negara

Selain sebagai tingkat perbandingan kesejahteraan suatu negara dari tahun ke tahun, pendapatan per kapita juga sering digunakan sebagai patokan tingkat kemakmuran antara negara satu dengan yang lain. Dengan menetapkan standar pendapatan per kapita, negara-negara di dunia dapat dikelompokkan menjadi negara berpendapatan rendah, menengah, atau tinggi.

Bagaimana Teman ….. Berniat Untuk Menjadi Pengamat Ekonomi Negara Ini ?? … ┬áHehe ­čśÇ

Pengertian Dan Sudut Pandang Pendapatan Per Kapita 

loading...