Penyebab Pasang Laut

Pengertian Dan Tipe Air Laut Pasang Dan Surut Serta Penyebab Terjadinya Pasang Laut

Posted on

DosenPendidikan.Com – Pasang laut adalah naik atau turunnya posisi permukaan perairan laut yang terjadi disebabkan oleh pengaruh gravitasi dari fase bulan dan matahari. terdapat tiga sumber gaya yang saling berinteraksi : laut, matahari, dan fase bulan. Pasang laut penyebab perubahan kedalaman air serta arus pusaran menyebabkan disebut arus pasang surut, sehingga perkiraan kejadian yang dibutuhkan dalam navigasi pantai.

Penyebab Pasang Laut

Wilayah pantai yang terbenam sewaktu pasang naik dan terpapar pasang tinggi dan terpapar selama pasang surut, disebut zona pasangs. Pasang laut adalah periode antara puncak atau lembah ke puncak atau mil gelombang berikutnya. periode yang sangat panjang pasang surut bervariasi antara 12 jam 25 menit hingga 24 jam 50 menit.

Tipe Pasang Air Laut

1. Pasang surut harian ganda (semi diurnal tide)

Dalam satu hari terjadi 2 kali air pasang dan gelombang rendah dua kali dengan dibilang setara pasang tinggi dan rendah terjadi secara berurutan secara teratur. Periode pasang surut adalah 24 beberapa jam dan 50 menit. Pada jenis harian ganda misalnya kebetulan berada ganda setiap hari di perairan Selat Malaka untuk Kelautan Andaman.

2. Pasang surut harian tunggal (diurnal tide)

Dalam satu hari tertentu terjadi segera setelah gelombang dan satu gelombang rendah. periode pasang surut yang khas adalah 12 jam 24 menit. Jenis harian tunggal misalnya, terjadi setiap hari di perairan sekitar selat Karimata antara Sumatera dan Kalimantan.

3. Pasang surut campuran condong ke harian ganda (mixed tide prevailing semidiurnal)

Dalam satu hari terjadi pasang dua kali dan dua kali surut, interval tetap tinggi dan berbeda. surut campuran condong untuk keharian ganda (mixed tide, prevailing semidiurnal) seperti terjadi umumnya di sebagian besar perairan Indonesia bagian timur.

4. Pasang surut campuran condong ke harian tunggal (mixed tide prevailing diurnal))

Dalam tipe ini  satu hari terjadi sekali pasang dan satu surut, namun kadang-kadang sementara terjadi 2 kali pasang surut dua kali dengan periode tinggi dan sangat berbeda. Sementara Sedangkan jenis campuran condong ke harian tunggal (mixed tide, prevailing diurnal) misalnya, terdapat di pantai selatan Kalimantan dan garis pantai utara Jawa Barat.

Dalam sebulan, variasi harian dari rentang dalam gelombang perubahan sistematis terhadap siklus bulan. Pasang laut Rentang pasang juga akan tergantung pada kondisi dan konfigurasi lautan dari lantai laut.

Pasang laut adalah hasil akhir dari efek gravitasi dan sentrifugal. Hasil sentrifugal adalah dorongan terhadap luar tengah rotasi (bumi). Gravitasi bervariasi secara langsung dengan massa, namun berbanding terbalik dengan panjang.

Meskipun ukuran bulan kecil dari Matahari, namun gaya gravitasi yang ditemukan di bulan dua kali lebih besar dari kekuatan gaya tarik Matahari. dalam membangkitkan pasang laut untuk alasan bahwa jarak bulan lebih dekat daripada jarak Matahari ke bumi.

Gravitasi menarik air biasa laut menuju ke bulan serta matahari dan menghasilkan beberapa tonjolan pasang surut gravitasi di sekitar laut. Lintang dari tonjolan pasang surut ditentukan oleh deklinasi, sudut pandang antara sumbu rotasi bumi dan bidang orbital dari fase bulan dan matahari.

 

Nah bagaimana kawan masih bingung dengan terjadinya pasang surut air laut ?? 😀

Pengertian Dan Tipe Air Laut Pasang Dan Surut Serta Penyebab Terjadinya Pasang Laut


loading...