Pengertian Degradasi Lingkungan Beserta Bentuk Fisik Dan Sosial

Posted on
Pengertian Degradasi Lingkungan Beserta Bentuk Fisik Dan Sosial
4 (80%) 1 vote

DosenPendidikan.Com – Pengertian degradasi lingkungan dapat diartikan sebagai penurunan kualitas lingkungan yang dicirikan oleh tidak berfungsinya secara baik komponen-komponen lingkungan sebagaimana mestinya. Degradasi lingkungan ini pada dasarnya disebabkan oleh intervensi atau campur tangan manusia yang berlebihan.

Degradasi lingkungan

Kehidupan manusia di dunia ini tidak akan lepas dari lingkungan, baik itu dari lingkungan alam ataupun lingkungan sosial. Manusia bernapas butuh udara / oksigen dari lingkungan sekitar. Aktivitas makan dan minum hingga memelihara kesehatan, semuanya itu butuh lingkungan. Secara garis besar terjadinya kerusakan lingkungan hidup yang ada di bumi ini karena dua faktor. Yang pertama kerusakan lingkungan hidup karena faktor/proses alam dan kerusakan lingkungan akibat ulah tangan manusia itu sendiri.

Degradasi kualitas lingkungan dapat terjadi pada lingkungan fisik dan sosial, degradasi kualitas lingkungan fisik dapat disebabkan oleh pencemaran.

Bentuk Pencemaran Lingkungan Fisik

Pencemaran Air

Pencemaran air dapat menjadi masalah kota karena sifat air yang mengalir dan dibutuhkan, semua penduduk kota. Penduduk kota mengambil air dari air permukaan dan air tanah ( sumur ). Sumber pencemaran air, antara lain sampah rumah tangga, air bekas pencucian ( detergen ), limbah cair industry dan sampah hasil metabolisme tubuh.

Pencemaran Udara

Pencemaran udara dapat meliputi wilayah yang luas, pencemaran ini ditimbulkan oleh pembakaran sampah, gas buang dari kendaraan bermotor dan asap pabrik.

Pencemaran Suara

Suara yang ditimbulkan dari kegiatan pembangunan wilayah bisa mengganggu atau merusak pendengaran. Suara yang melebihi 75 desibel dapat mengganggu saraf dan konsentrasi kerja. Suara yang mencapai 145 desibel dan terus-menerus didengar akan menimbulkan rasa sakit. Suara kendaraan pada umumnya antara 45-120 desibel. Pencemaran suara dapat berasal dari klakson kendaraan bermotor, mesin-mesin pabrik dan alat-alat berat.

Bentuk Pencemaran Lingkungan Sosial

Jenis pencemaran yang dapat digolongkan ke dalam degradasi kualitas lingkungan sosial sebagai berikut :

  • Kepadatan lalu lintas kendaraan yang banyak dimiliki penduduk kota dapat menimbulkan perasaan jengkel dan kesal pemakai jalan akibat kemacetan.
  • Semakin berkembangnya sikap hidup materialistis dan individualistis.
  • Tumpukan sampah yang terdapat di banyak tempat, terutama dekat permukiman, mengganggu kesehatan dan keindahan lingkungan.
  • Rumah dan bangunan kota yang terlantar atau tidak terawatt mengganggu pemandangan di sekitarnya.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Degradasi Lingkungan Beserta Bentuk Fisik Dan Sosial semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

loading...