Design Grafis

Pengertian Design Grafis Lengkap Dengan Klasifikasi Dan Tipografinya

Posted on
Pengertian Design Grafis Lengkap Dengan Klasifikasi Dan Tipografinya
Rate this post

DosenPendidikan.Com – Desain grafis adalah seni berkomunikasi menggunakan teks, ruang, dan gambar. Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup seni rupa, tipografi, tata letak, dan desain interaksi.

Design Grafis

Prinsip Dan Elemen Design

Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya.

  • Unsur-unsur ini (termasuk bentuk, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual.
  • Prinsip-prinsip ini, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), stres (penekanan), proporsi (“proporsi”) dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih besar.

Peralatan Design Grafis

Peralatan yang paling utama di desai grafis adalah inovasi (ide). Selain teknologi (komputer) desain grafis yang baik membutuhkan kreativitas dan ide yang spektakuler.

Tipografi

Tipografi, seni cetak atau tipografi adalah seni dan teknik memilih dan menata huruf dengan pengaturan distribusi pada ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, untuk kenyamanan membaca maksimal.

Juga dikenal sebagai seni jenis huruf (jenis desain), desain yang menggunakan pengaturan huruf sebagai elemen utama. Dalam seni tipografi, pengertian huruf sebagai simbol suara dapat diabaikan.

Klasifikasi Rupa Font

Dalam beberapa literatur tipografi, jenis huruf dapat golongankan di beberapa klasifikasi, yang berguna untuk memudahkan mengidentifikasi jenis huruf.

Berdasarkan klasifikasi umum dan sering digunakan, klasifikasi berdasarkan timeline sejarahnya dan fungsinya, jenis huruf diklasifikasikan menjadi :

  • Script dan Cursive, bentuknya mirip seperti tulisan tangan manusia. Script, hurufnya yang kecil saling berhubungan satu sama lain, sementara untuk jenis Cursive tidak saling berhubungan.

Selain itu ada juga klasifikasi tersebut didasarkan pada bentuk huruf :

Roman

  • Seperti yang biasa ditemukan pada pilar dan prasasti Romawi Kuno, Akan tetapi sekarang berkembang menjadi definisi semua huruf yang telah mendominasi garis lurus, karakteristik tegak dan kaku.

Serif

  • Dengan karakteristik memiliki siripan di ujungnya. Selain membantu keterbacaan, siripan juga  memfasilitasi huruf untuk diukir di batu.

Egyptian

  • Atau dikenal sebagai slab serif. Karakter adalah kaki/sirip/serif yang berbentuk seperti papan persegi dengan ketebalan yang sama atau hampir sama. Kesan yang ditimbulkan adalah kokoh, kuat dan stabil.

Sans Serif

  • Dengan ciri tanpa sirip/serif, dan memiliki ketebalan huruf yang sama atau hampir sama. Kesan yang ditimbulkan oleh huruf jenis ini adalah modern, kontemporer dan efisien.

Script

  • Merupakan goresan kerajinan tangan yang di buat dengan pena, kuas atau pensil tajam dan biasanya miring ke kanan. Kesan yang dihasilkan sifast pribadi dan akrab.

Miscellaneous

Demikian Pembahasan Tentang Pengertian Design Grafis Lengkap Dengan Klasifikasi Dan Tipografinya Semoga Bermanfaat Buat Para Sahabat Setia Dosenpendidikan.Com … 😀

loading...