Definisi Ekstrusi Magma

Pengertian Ekstrusi Dan Intrusi Magma Dalam Bidang Ilmu Geografi

Posted on
Pengertian Ekstrusi Dan Intrusi Magma Dalam Bidang Ilmu Geografi
Rate this post

DoenPendidikan.Com – Magma merupakan batu-batuan cair yang terletak di dalam kamar magma di bawah permukaan bumi. Magma di bumi merupakan larutan silika bersuhu tinggi yang kompleks serta merupakan asal semua batuan beku. Magma berada di dalam tekanan tinggi dan kadang memancut keluar melalui pembukaan gunung berapi dalam gaya aliran lava atau letusan gunung berapi.

Definisi Ekstrusi Magma

Hasil letupan gunung berapi ini berisi larutan gas yang bukan pernah sampai ke permukaan bumi. Magma terkumpul di dalam kamar (kamar) magma yang telah terasing di bawah kerak bumi dan mengandung komposisi yang berlainan menurut tempat magma itu didapati.

Definisi Ekstrusi Magma

Ekstrusi adalah sebuah fenomena geologi di dimana terjadi keluarnya magma ke permukaan bumi dan jadi lava atau meledak selakuala, menurut, dahsyat di atmosfer serta jatuh kembali sebagai bebatuan piroklastik atau batu tuf. Kejadian ini berbeda dengan suatu formasi bebatuan intrusif dalam mana magma tidak menggapai permukaan tanah.

Ekstrusi Magma berdasarkan materi yang dikeluarkan dibedakan menjadi tiga ialah :

  • Erupsi eksplosif, seperti keluarnya magma dengan teknik terlempar dengan materi relatif padat,
  • Erupsi effusif, yakni magma keluar dengan cara meleleh dan gaya materi cair, dan
  • Erupsi campuran, yakni keluarnya materi padat dan materi cair secara bergantian.

Peristiwa vulkanisme dapat mengubah kulit bumi sehingga terdapat gaya permukaan bumi yang misalnya cekungan.

Pada gunung berapi, cekungan (palung) ini akan berbentuk seperti mangkuk yang menampung larva, kita menyebutnya kawah. Kawah yang tidak memiliki di puncak gunung kemudian berukuran sangat luas dianggap kaldera.

Berdasarkan tempat keluarnya magma ke permukaan bumi proses ekstrusi atau erupsinya dibedakan menjadi tiga, ialah sebagai berikut :

  • Erupsi sentral, yaitu magma pergi dari dengan cara memusat di dalam sebuah titik seperti kawah atau kepundan gunung api.
  • Erupsi linear, adalah magma keluar melewati jalur patahan tanah yang memanjang sehingga tampak seperti garis yang memanjang.
  • Erupsi areal, yaitu magma pergi dari ke permukaan bumi dalam areal yang luas sebab dapur magmanya sangat dangkal.

Definisi Intrusi Magma

Intrusi Magma adalah peristiwa naiknya magma dan menyusup diantara lapisan batuan, namun gak mencapai permukaan bumi. Intrusi magma terjadi karena accozzaglia yang naik tidak menggapai permukaan bumi karena energi yang dimilikinya kecil hingga ia menyusup pada celah – celah lapisan batuan di dalam kerak bumi.

Intrusi magma dapat mengakibatkan terbentuknya bagian-bagian bumi sebagai berikut :

  • Keping intrusi atau sill yakni Magma beku yang bentuknya lebar namun tipis, mendatar berada di antara lapisan sedimen.
  • Batolit, yakni dapur magma beku yang gak beralas.
  • Lakolit, seperti magma yang berada dalam antara dua lapisan batu dengan bentuk cembung dengan alas mendatar.
  •  Korok atau gang, yakni accozzaglia beku yang posisinya memotong lapisan sedimen secara lotrecht.
  • Apofisa, yakni cabang atau gumpalan dari korok.

Nah bagaimana cukup gamblang bukan 😀 hehe …. Pengetahuan dan wawasan itu merupakan ilmu yang sangat tak ternilai .. Bahkan dengan uang sekalipun 🙂 karena itu merupakan salah satu bekal akhirat dan selalu bermanfaat tentunya 😀 Aminnn …

Pengertian Ekstrusi Dan Intrusi Magma Dalam Bidang Ilmu Geografi

loading...