Mikroskop
Mikroskop

Pengertian, Fungsi Dan Bagian Dari Mikroskop

Posted on
Rate this post

Pengertian, Fungsi Dan Bagian Dari Mikroskop – Mikroskop adalah alat untuk melihat objek yang terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang. Mikroskop adalah alat yang dapat ditemukan di hampir semua laboratorium untuk dapat mengamati organisme kecil (mikroskopis). Studi tentang benda-benda kecil dengan menggunakan alat ini disebut mikroskopi, tidak mudah terlihat oleh kasat mata mata.

Mikroskop
Mikroskop

Jenis-jenis mikroskop

Mikroskop digital yang dapat dihubungkan ke komputer, Jenis yang paling umum dari mikroskop, dan pertama kali yang diciptakan adalah mikroskop optik. Alat ini merupakan alat berupa optik yang terdiri dari atas satu atau lebih lensa yang memproduksi gambar yang diperbesar dari sebuah benda yang ditaruh di bidang fokal dari lensa.

Berdasarkan sumber cahaya, mikroskop dibagi menjadi 2 (dua). yaitu, mikroskop cahaya dan mikroskop elektron. Mikroskop cahaya juga dibagi lagi menjadi dua kelompok besar, yaitu kelompok berdasarkan kegiatan pengamatan dan kerumitan kegiatan pengamatan yang dilakukan.

Berdasarkan pengamatan dari kegiatan, mikroskop cahaya dibedakan menjadi mikroskop diseksi untuk mengamati permukaan dan monokuler dan mikroskop binokuler untuk mengamati bagian dalam sel.

Mikroskop monokuler merupakan mikroskop yang hanya memiliki satu lensa dan teropong memiliki 2 lensa mata. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan kegiatan kerumitan, mikroskop dibagi menjadi dua bagian, yaitu mikroskop sederhana (yang umumnya digunakan pelajar) dan mikroskop riset (mikroskop dark-field, fluoresens, fase kontras, Nomarski DIC, dan confocal).

Struktur mikroskop

Ada dua bagian utama yang umumnya menyusun mikroskop, yaitu:

  • Bagian optik, yang terdiri dari lensa objektif dan lensa mata.
  • Bagian non-optik, yang terdiri dari kaki dan lengan mikroskop, diafragma, meja objek/meja preparat, pemutar halus dan kasar, penjepit kaca objek (preparat), cermin, kondensor, dan sumber cahaya.

Bagian Optik

  • Lensa okuler

Lensa terletak di ujung atas tabung dalam gambar, pengamat melihat objek melalui lensa ini. Lensa okuler berfungsi untuk memperbesar kembali bayangan lensa objektif. Pembesaran lensa mata biasanya memiliki 6, 10, atau 12 kali.

  • Lensa objektif

Lensa dekat dengan objek. Biasanya ada tiga lensa objektif pada mikroskop, dengan perbesaran 10, 40, atau 100 kali. Bila menggunakan lensa objektif emersi pengamat harus menerapkan minyak ke objek, emersi minyak berfungsi sebagai pelumas dan untuk memperjelas bayangan dari objek, seperti ketika perbesaran 100 kali, lokasi lensa untuk objek yang diamati sangat dekat, kadang-kadang bahkan menyentuh.

  • Kondensor

bagian yang bisa diputar ke atas dan bawah yang berfungsi untuk mengumpulkan cahaya yang dipantulkan oleh cermin dan fokus mereka ke objek.

  • Diafragma

Yang merupakan bagian yang berfungsi untuk mengatur tingkat cahaya yang masuk dan persiapan.

  • Cermin

Yaitu bagian yang berfungsi untuk menerima dan mengarahkan cahaya yang diterima. Cermin mengarahkan cahaya dengan memantulkan cahaya.

Bagian dari Non-Optical

  • Revolver

Bagian yang berfungsi untuk mengatur perbesaran lensa objektif yang diinginkan.

  • Tabung mikroskop

Bagian yang berfungsi untuk menghubungkan lensa okuler mikroskop dan objekti.

  • Lengan mikroskop

bagian yang berfungsi untuk menempatkan pengamat memegang mikroskop.

  • Meja Objek 

yaitu bagian yang berfungsi untuk menempatkan objek yang akan diamati menempatkan, pada penjepit meja objek adalah objek, yang menjaga objek yang diinginkan tetap di tempat.

  • Makrometer (pemutar kasar)

bagian yang berfungsi untuk menaikkan atau menurunkan tabung cepat untuk mendapatkan kejelasan pengaturan gambar yang diinginkan objek.

  • Mikrometer (pemutar halus)

bagian yang berfungsi untuk menaikkan atau menurunkan tabung perlahan untuk mendapatkan kejelasan pengaturan gambar yang diinginkan objek.

  • Kaki mikroskop

Yang merupakan bagian yang berfungsi sebagai buffer yang membuat mikroskop tetap di tempat yang diinginkan, dan juga untuk menahan mikroskop ketika mikroskop hendak dipindahkan.

Fungsi Mikroskop

Mikroskop memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Fungsi utamanya adalah untuk melihat dan mengamati benda-benda dengan ukuran yang sangat kecil yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang.
  • Fungsi lain dari mikroskop masih akan berakar pada Fungsi utamanya, kecuali beberapa jenis mikroskop yang dibuat untuk berfungsi lebih detail, misalnya, ada jenis mikroskop yang dibuat hanya untuk mengamati hanya satu jenis objek mikroskopis.

 

Demikian Pembahasan Tentang Pengertian, Fungsi Dan Bagian Dari Mikroskop Semoga Bermanfaat Buat Para Sahabat Setia Dosenpendidikan.Com … 😀