Pengertian, Fungsi Dan Cara Kerja Situs Web

Pengertian, Fungsi Dan Cara Kerja Situs Web
1 (20%) 1 vote

DosenPendidikan.Com – Web adalah halaman yang saling berhubungan umumnya terletak di pelayan yang sama berisi kumpulan informasi yang diberikan oleh individu, kelompok, atau organisasi. Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti internet, atau jaringan area lokal (LAN) melalui alamat internet yang dikenali sebagai URL. Dikombinasikan semua situs yang dapat diakses publik di internet juga disebut sebagai World Wide Web, atau yang lebih dikenal dengan singkatan WWW.

Web

Meskipun setidaknya halaman beranda dari situs internet umumnya dapat diakses oleh publik secara bebas, pada prakteknya tidak semua situs memberikan kebebasan bagi publik untuk mengaksesnya, beberapa situs web memerlukan pengunjung untuk mendaftar sebagai anggota, atau bahkan meminta pembayaran untuk menjadi aggota untuk dapat mengakses konten yang terdapat dalam situs web, seperti situs yang menampilkan pornografi, situs-situs berita, layanan e-mail (e-mail), dan lain-lain. Pembatasan ini umumnya dilakukan untuk alasan keamanan, menghormati privasi, atau untuk tujuan komersial tertentu.

Syarat Web

Untuk dapat berkomunikasi dengan semua komputer yang terhubung ke Internet, menggunakan protokol komunikasi yang menggunakan TCP / IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol). Setiap komputer yang terhubung ke Internet memiliki alamat, seperti 192.168.14.96.

Untuk mendapatkan informasi atau data di internet, kita dapat mengaksesnya dengan mengetikkan alamat web di address bar. Alamat situs di Internet disebut nama domain. Jadi alamat permanen nama domain terlihat di situs internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah situs. Dengan kata lain, Nama Domain adalah alamat yang digunakan untuk menemukan situs di Internet.

Keterangan

Kaitannya dengan protokol komunikasi TCP / IP, nama domain dapat diistilahkan dengan buku telepon, kita menggunakan nomor untuk menelepon seseorang. misalnya ketika situs kita mengekses www.wikipedia.com Web browser Internet Explorer akan menghubungi contoh IP 202.68.0.134.

Alamat URL yang lengkap adalah sebagai berikut : Protokol://nama-host/path/nama file

  • Protokol menunjukan jenis protokol yang akan digunakan, yaitu http, ftp, dan sebagainya.
  • Nama host adalah nama host (domain) yang dipanggil.
  • Path adalah lokasi atau direktori tempat file-file diletakan pada web server.
  • Nama file adalah nama file yang dipanggil.

Contoh: http://www.dosenpendidikan.com

  • URL diatas menggunakan protokol http
  • Nama domain adalah www.wikipedia.co.id
  • Path atau direktori yang dituju adalah artikel
  • Nama file yang diakses adalah ensiklopedia.html

Secara garis besar, situs web bisa digolongkan menjadi 3 bagian yaitu :

  • Situs web statis
  • Situs web dinamis
  • Situs web interaktif

Domain Web

Domain adalah alamat dari sebuah situs web, alamat yang sebenarnya dari situs yang ada di internet adalah bentuk dasar dari angka, misalnya 17125135147 jika nomor ini diketik di address bar di web penejelajah itu akan membuka web Google situs, contoh lain 72,30 .38.140 yang diketik akan membuka Yahoo. Penggunaan angka-angka ini sering disebut alamat IP ketika itu sebenarnya alamat domain.

Domain menggunakan kata-kata bertujuan untuk menggunakan lebih berkesan daripada harus menghafal urutan angka panjang. Oleh karena itu, para ahli membuat sistem penamaan domain internet dalam bentuk kata-kata untuk menggantikan urutan nomor.

Bagian-bagian dari domain.

  • Nama domain
  • Extension (ekstensi) yang digunakan

Contoh: wikipedia.org nama domain yang digunakan google dan ekstensi .org. Pada awalnya, tidak begitu banyak ekstensi domain, ekstensi domain sekarang memiliki sangat banyak dari mereka (.com, .edu, .co.uk, .gov, .org, dll). Pemberian perpanjangan domain tidak boleh sewenang-wenang terutama untuk .edu, .gov, .go.id dan berbagai ekstensi yang hanya tersedia untuk lembaga pendidikan dan pemerintah saja.

URL adalah Uniform Resource Locator, yang berarti penamaan alamat file di internet. URL adalah string karakter (bisa berupa huruf, angka, atau simbol) sesuai dengan standar format yang ditentukan, URL digunakan untuk menunjukkan alamat / alamat sebuah sumber yang ada. URL yang biasa dikenal dengan nama domain, misalnya http://www.dosenpendidikan.com. URL diciptakan pertama kali oleh Tim Berners-Lee adalah pada tahun 1991.

URL mempunyai beberapa bagian penting, di antaranya yaitu :

Protokol

  • Tanpa adanya protocol yang tepat maka kita tidak akan dapat mengakses URL, contoh protokol yaitu: http://, https://, ftp://

Alamat Server/ Penyedia

  • Dalam mengakses URL tentunya kita harus mengetahui alamat server/ penyedianya. Contohnya yaitu: temukanpengertian.blogspot.com

Path File

  • Merupakan tempat/ lokasi file yang akan kita tuju. Contohnya kita ingin melihat halaman pada sebuah situs web pada blog ini maka file pathnya yaitu:

Fungsi atau kegunaan URL

Fungsi atau Kegunaan URL adalah :

  • Sebagai pengidentifikasi sebuah dokumen di situs web.
  • Untuk memudahkan kita dalam mengakses suatu dokumen melalui situs web.
  • Untuk memberikan penamaan terhadap suatu berkas atau dokumen pada situs web.
  • Memudahkan kita untuk mengingat suatu alamat situs web.

dikutip dari sumber : wikipedia.org

Demikian Pembahasan Tentang Pengertian, Fungsi Dan Cara Kerja Situs Web Semoga Bermanfaat Buat Para Sahabat Setia Dosenpendidikan.Com … 😀