Pengertian HRD
Pengertian HRD

Pengertian, Fungsi Dan Tugas Penting HRD Dalam Perusahaan

Posted on
Pengertian, Fungsi Dan Tugas Penting HRD Dalam Perusahaan
2.5 (50%) 4 votes

Pengertian, Fungsi Dan Tugas Penting HRD Dalam Perusahaan – HRD atau Human Resources Development, adalah bagian atau departemen dari perusahaan yang tugas utamanya mengelola sumber daya manusia di perusahaan, mulai dari tugas perencanaan yang sering disebut perencanaan SDM, rekrutmen sering disebut Rekrutmen dan Seleksi, pengembangan sering disebut Pelatihan dan Pengembangan, Manajemen Kinerja sering disebut Performance Management, gaji sering disebut Kompensasi dan Benefit dan menumbuhkan hubungan kerja yang sering disebut sebagai Hubungan Industrial atau hubungan Industrial.

Pengertian HRD
Pengertian HRD

Arti lain dari HRD Pengembangan Sumber Daya Manusia adalah proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan pekerja lainnya untuk dapat menunjang aktivitas organisasi atau perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Bagian atau unit yang biasanya mengurusi sdm adalah departemen sumber daya manusia.

Manajemen sumber daya manusia juga dapat diartikan sebagai suatu prosedur yang berkelanjutan yang bertujuan untuk memasok suatu organisasi atau perusahaan dengan orang yang tepat untuk ditempatkan pada posisi yang tepat dan posisi saat organisasi memerlukannya.

Pada prinsipnya dapat diartikan sebagai mengelolaan sumber daya manusia HRD terdiri dari berbagai kegiatan, yaitu: Perencanaan SDM, HR Mendapatkan, Mengembangkan SDM, HR Mempertahankan, HR Mempertahankan untuk membantu perusahaan menyadari Goal, Visi, Misi dan valuenya.

Sehingga HRD memiliki tugas dan tanggung jawab di bidang Perencanaan SDM, HR Mendapatkan, Mengembangkan SDM, HR Mempertahankan, HR Mempertahankan.

Tugas, Tanggung Jawab dan Peran HRD dalam perusahaan, antara lain:

  • Persiapan

Ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam hal persiapan, antara faktor internal dan faktor eksternal lainnya. Faktor internal meliputi jumlah kebutuhan dalam persiapan untuk karyawan baru, struktur organisasi, departemen terkait, dan sebagainya. Sedangkan faktor eksternal dalam hal persiapan termasuk hukum ketenagakerjaan, pangsa kondisi tenaga kerja, dan sebagainya.

  • Rekrutmen Tenaga Kerja

Rekrutmen adalah suatu proses untuk mencari calon atau karyawan yang dapat memenuhi kebutuhan sumber daya manusia dari organisasi atau perusahaan. Pada tahap HRD ini perlu menganalisis posisi yang ada untuk membuat deskripsi pekerjaan (job description) dan juga spesifikasi pekerjaan (job spesifikasi).

  • Seleksi Tenaga Kerja

Definisi Seleksi tenaga kerja adalah suatu proses yang dilakukan untuk menemukan pekerjaan yang tepat dari sekian banyak kandidat. Langkah yang diambil dalam proses seleksi tenaga kerja, yang melihat resume / CV, melakukan seleksi awal berdasarkan CV pelamar, memanggil pelamar untuk tes wawancara, tes calon karyawan dengan tes tertulis, proses wawancara / wawancara kerja, dan proses selanjutnya .

  • Pengembangan dan Evaluasi Karyawan

Agar tenaga kerja atau karyawan dapat memberikan kontribusi optimal kepada perusahaan atau organisasi, maka dia harus menguasai tugas pekerjaan dan tanggung jawab. Proses pengembangan dan evaluasi karyawan dilakukan sebagai pembekalan agar tenaga kerja dapat lebih terkontrol dan ahli di bidangnya, serta meningkatkan kinerja yang ada.

Penyediaan Kompensasi dan Perlindungan Karyawan

  • Kompensasi adalah imbalan atau upah bagi karyawan secara teratur kontribusi organisasi atau perusahaan.
  • Kompensasi harus tepat dan sesuai dengan kondisi pasar tenaga kerja yang ada di lingkungan eksternal untuk menghindari masalah tenaga kerja atau membahayakan organisasi atau perusahaan.

Fungsi HRD

  • Internal : HRD bekerja sebagai pelatih untuk karyawan di perusahaan.
  • Eksternal : HRD Karyawan yang memeilki konseling di luar kategori perusahaan dapat dilihat dari tingginya tingkat kemampuan dan kemauan dari kemampuan akan mengikuti.

Bisa Di Katakan HRD Yang Baik Adalah

  • Tidak mudah menyerah, seseorang yang sukses dalam pekerjaan karena dia tidak menyerah dan terus berusahadengan semua masalah dan hambatan yang ada.
  • Berterima kasih atas semua yang diperoleh dan selalu menerima apa yang ia lakukakan, karena ada pepatah mengatakan apa yang Anda tabur maka itulah yang akan Anda dapatkan.
  • Integritas Orang-orang yang berhasil dalam HRD adalah orang yang dapat berbicara dan dapat menerpakan kata dengan perbuatan, bukan hanya itu ia dapat mengontrol sendiri dengan norma-norma yang ada lingkngan.
  • Kemampuan untuk berhubungan dengan orang lain denngan baik dan dapat bergabung dengan berbagai kelompok dan faksi.
  • Keyakinan dapat meningkatkan hasil yang maksimal.
  • Tepat waktu, dengan Anda disiplin selalu tepat waktu untuk Anda secara tidak sadar merhargai diri sendiri dan orang lain.
  • Berpikiran terbuka dan selalu mengikuti semua perubahan positif di sana.
  • Menghargai, menghormati dan peka terhadap perubahan yang ada di lingkungan sekitar kita.
  • Lakukan sebanyak mungkin dan memberikan yang terbaik.

Tugas Terpenting HRD adalah :

Mengembangkan Orang-orang mengembangkan kemampuan karyawan potensial di tempat kerja.

Dapat memecahkan masalah denngan empat tahap, yaitu :

  • Observasi
  • Empati
  • Dialog
  • Intropeksi

Meningkatkan kecerdasan, di mana kepala HRD di samping mengembangkan potensi karyawan ia wajib untuk meningkatkan karyawan kecerdasan yang ia miliki.

Dalam HR, pengembangan lenih terpaku dalam mengembangkan berwujud dari tangibles, Karena berwujud adalah aset yang tidak habis-habisnya dan selalu dpat dikembangkan kapan saja, di mana saja dan bagaimanapun. Dan di berwujud juga bisa dilakukan pembangunan secara keseluruhan dari dasar kemampuan yang telah terpercaya.

Demikian Pembahasan Tentang Pengertian, Fungsi Dan Tugas Penting HRD Dalam Perusahaan Semoga Bermanfaat Buat Para Sahabat Setia Dosenpendidikan.Com … 😀