Pengertian, Fungsi Dan Tujuan Serta Proses Evaluasi Pendidikan

Bahasa IndonesiaUmum dudung

DosenPendidikan.Com – Evaluasi adalah proses penilaian. Dalam perusahaan, dapat didefinisikan sebagai proses evaluasi akan mengukur Efektivitas strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan perusahaan. Data yang diperoleh dari hasil pengukuran akan digunakan sebagai analisis situasi program berikutnya.

Evaluasi

Tahapan Sebelum Melakukan Evaluasi

Ada pesanan yang mendasari atau proses sebelum melakukan evaluasi, yaitu :

  • Mengembangkan konsep dan melakukan penelitian awal. Konsep harus direncanakan dengan baik sebelum eksekusi terorganisir dan pesan harus tes untuk memeriksa kompatibilitas antara draft yang disiapkan oleh pesan eksekusi.
  • Dengan uji coba yang dilakukan, evaluator mencoba untuk mencari respon dari penonton. Respon penonton penting untuk mengukur efektivitas pesan.

Proses Evaluasi

Dalam melakukan proses evaluasi, ada beberapa hal yang akan dibahas adalah apa bahan evaluasi, proses evolusi, ketika evaluasi diadakan, mengapa harus ada evaluasi, di mana proses evaluasi diadakan, dan pihak evaluasi.

Hal yang harus dilakukan evaluasi ini sumber yang ada, efektivitas menyebarkan pesan, pemilihan media dan keputusan yang tepat keputusan dalam anggaran mengadakan sejumlah promosi dan iklan.

Evaluasi tersebut perlu dilakukan untuk menghindari kesalahan perhitungan pembiayaan, memilih strategi terbaik dari berbagai alternatif strategi yang tersedia, meningkatkan efisiensi iklan pada umumnya, dan melihat apakah tujuan telah tercapai.

Di sisi lain, perusahaan kadang-kadang enggan untuk melakukan evaluasi karena biayanya mahal, ada masalah dengan penelitian, ketidaksetujuan dari apa yang akan dievaluasi, merasa telah mencapai tujuan, dan banyak membuang-buang waktu.

Secara garis besar, proses evaluasi dibagi menjadi awal (pretest) dan akhir (posttest). Pretest adalah evaluasi yang dilakukan untuk menguji konsep dan eksekusi yang direncanakan. Sementara itu, evaluasi dilakukan posttest untuk melihat pencapaian tujuan dan berfungsi sebagai masukan untuk analisis situasi berikutnya.

Evaluasi bisa dilakukan dalam atau di luar. Evaluasi diadakan di dalam ruangan pada umumnya menggunakan metode penelitian laboratorium dan sampel akan digunakan sebagai kelompok eksperimen. Kelemahan, kurangnya realisme dari metode ini dapat diterapkan.

Sementara, evaluasi yang akan diadakan di luar ruangan dengan menggunakan metode penelitian lapangan di mana kelompok eksperimen masih diperbolehkan untuk menikmati kebebasan dari lingkungan sekitarnya. Realisme dari metode ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk mencapai evaluasi ini dengan baik, diperlukan sejumlah langkah yang harus dilalui yang jelas mendefinisikan masalah, mengembangkan pendekatan untuk masalah, merumuskan desain penelitian, melakukan penelitian lapangan untuk mengumpulkan data, menganalisis data yang diperoleh, dan kemampuan untuk menyampaikan hasil penelitian.

Tujuan Evaluasi Pendidikan

  • Lembaga pendidikan disebuah sangat diperlukan untuk mengevaluasi hal-hal seperti itu karena mereka dapat memajukan lembaga dan proses pendidikan di sekolah.

Manfaat atau tujuan pendidikan dari evaluasi adalah :

Untuk siswa

  • Dengan diadakannya evaluasi atau penilaian siswa dapat menentukan apakah hasil kerjanya memuaskan atau tidak.

Untuk Guru

  • Guru akan menentukan siswa yang memenuhi syarat untuk melanjutkan dan di mana keterlambatan tang atau tinggal.
  • Guru akan menentukan apakah materi yang diajarkan suadah benar atau tidak.
  • Guru akan menentukan apakah metode yang digunakan untuk mengajar yang benar atau tidak.

Untuk Sekolah

  • Sekolah dapat mengetahui kondisi pembelajaran di sekolah yang benar atau tidak.
  • Informasi dari guru tentang kesesuaian kesesuaian kurikulum.
  • Informasi yang diperoleh penilaian dari tahun ke tahun, sehingga dapat digunakan sebagai pedoman.
  • Tujuan utama dalam proses belajar mengajara semakin informasi yang akurat pada tingkat tujuan instruksional oleh siswa, sehingga mereka dapat mencoba untuk melakukan tindak lanjut.

Fungsi Evaluasi pendidikan 

Fungsi evaluasi ada beberapa hal :

Evaluasi Berfungsi Selektif 

  • Guru memiliki cara untuk megadakan Seleksi bagi calon mahasiswa, untu memilih apakah atau tidak siswa naik ke tingkat berikutnya, untuk memilih Siwa yang harus beasiswa, untuk memilih siswa yang memiliki hak untuk meninggalkan sekolah.

Evaluasi Berfungsi Diagnostik

  • Guru akan tahu kelemaha-kelemahan pada siswa dan tahu penyebabanya dan tahu bagaimana menanganinya.

Evaluasi Berfungsi Sebagai Penempatan

  • Guru dapat menmpatkan kemempuan siswa yang memiliki sama dan kelompok yang sama.

Evaluasi Berfungsi Sebagai Ukuran Keberhasilan

  • Ini bermaksud minggu untuk menentukan sejauh mana keberhasilan program.

Di Kutip Dari Sumber : wikipedia.org

Demikian Pembahasan Tentang Pengertian, Fungsi Dan Tujuan Serta Proses Evaluasi Pendidikan Semoga Bermanfaat Buat Para Sahabat Setia Dosenpendidikan.Com … 😀

Most popular articles related to Pengertian, Fungsi Dan Tujuan Serta Proses Evaluasi Pendidikan
Shares