Guru

Pengertian Guru Serta Peran Guru Dalam Bidang Pendidikan

Posted on
Rate this post

DosenPendidikan.Com – Guru adalah pengajar ilmu, dalam bahasa Indonesia, guru umumnya merujuk kepada pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, membimbing, mengajar, menilai, melatih,  mengarahkan, dan mengevaluasi peserta didik.

Guru Dalam Arti Umum

Guru adalah pendidik dan guru adalah pengajar di sekolah-sekolah pendidikan anak usia dini atau pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru harus mempunyai beberapa jenis kualifikasi formal. Dalam definisi yang lebih luas, setiap orang yang mengajarkan atau memberi suatu hal yang baru yang belum pernah kita dapatkan sebelumnya juga dapat dianggap seorang guru.

Guru

Guru Dalam Arti khusus

Dalam Agama Hindu

Guru merupakan simbol bagi sebuah kuil yang berisi pengetahuan (vidya) dan juga pembagi ilmu. Seorang guru adalah panduan spiritual atau kejiwaan siswa.

Dalam Ajaran Buddha

Guru adalah orang yang membimbing murid-muridnya menuju jalan kebenaran. Murid memandang gurunya merupakan pengajar yang juga menganggap titisan Buddha atau Bodhisattva.

Dalam Agama Sikh

Guru memiliki arti yang sama dengan Hindu dan Budha, namun kedudukanya lebih penting karena salah satu inti ajaran agama Sikh adalah keyakinan dalam ajaran sepuluh guru. Hanya terdapat sepuluh guru dalam agama Sikh. Guru pertama, Guru Nanak Dev adalah pendiri agama ini.

Peran Guru dalam Pendidikan

Sementara itu, dalam arti pendidikan yang terbatas, Abin Syamsuddin mengutip berpikir Gage dan Berliner, mengatakan peran guru dalam proses belajar siswa, yang meliputi :

Guru Sebagai Perencana 

Guru Sebagai Perencana (planner) Harus mempersiapkan apa yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran (masalah pra-mengajar).

Guru Sebagai Pelaksana

Guru Sebagai Pelaksana (organizer) Harus mampu menciptakan situasi, memimpin, merangsang, memobilisasi, dan pengajaran langsung dan kegiatan belajar sesuai dengan rencana, di mana ia bertindak sebagai sumber (resource person), konsultan kepemimpinan yang bijaksana dalam hal demokratis dan humanistik (manusia) selama proses ini (selama masalah mengajar).

Guru Sebagai Penilai 

Guru sebagai penilai (evaluator) Harus mengumpulkan, menganalisis, menafsirkan dan akhirnya harus memberikan penilaian untuk tingkat keberhasilan dalam proses pembelajaran, berdasarkan kriteria yang ditetapkan, baik mengenai aspek efektivitas proses dan produk kualifikasi.


Dalam hubungannya dengan kegiatan belajar dan administrasi pendidikan, guru berperan sebagai berikut :

  • Inisiator, direktur dan pendidikan penilai.
  • Perwakilan dari masyarakat dalam sekolah, yang berarti bahwa guru bertindak sebagai pembawa suara dan kepentingan masyarakat dalam pendidikan.
  • Seorang ahli di bidang, yaitu kontrol bahan yang harus diajarkan.
  • Disiplin, guru harus memastikan bahwa peserta didik melaksanakan disiplin.
  • Administrator pendidikan, guru bertanggung jawab untuk memastikan pendidikan yang baik dapat berlangsung.
  • Pemimpin generasi muda, yang berarti bahwa guru bertanggung jawab untuk mengarahkan perkembangan peserta didik sebagai generasi muda yang akan menjadi pewaris masa depan.
  • Penerjemah kepada masyarakat, yaitu peran guru adalah untuk memberikan berbagai kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada masyarakat.

Dalam pandangan dalam hal diri pribadi seorang guru bertindak sebagai berikut :

  • Para pekerja sosial, yang merupakan suatu keharusan untuk memberikan pelayanan publik.
  • Mahasiswa dan ilmuwan, yang merupakan keharusan terus belajar terus menerus untuk mengembangkan penguasaan pengetahuan mereka.
  • Orang tua, yang berarti bahwa guru adalah wakil dari orang tua peserta didik untuk setiap peserta didik di sekolah.
  • Model teladan, artinya guru merupakan sebuah model perilaku yang harus dicontoh oleh peserta didik.
  • Pemberi keselamatan bagi setiap pelajar. Peserta didik diharapkan untuk merasa aman dalam pendidikan guru.

Dari sudut pandang psikologis, guru bertindak sebagai berikut :

  • Ahli psikologi pendidikan, yang berarti bahwa guru adalah orang yang memahami psikologi pendidikan dan mampu mempraktekkannya dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik.
  • Seniman dalam hubungan manusia, yang berarti bahwa guru adalah orang yang memiliki kemampuan untuk menciptakan suasana hubungan manusia, terutama dengan peserta didik sehingga mencapai tujuan pendidikan.
  • Kelompok builder, yang mampu mambentuk menciptakan kelompok dan kegiatan sebagai cara untuk mencapai tujuan pendidikan.
  • Agen Catalyc atau inovator, guru adalah orang yang mampu menciptakan pembaharuan untuk membuat hal yang baik.
  • Pekerja kesehatan mental, yang berarti bahwa guru bertanggung jawab untuk penciptaan kesehatan mental siswa.

Baca juga :

Demikian Pembahasan Tentang Pengertian Guru Serta Peran Guru Dalam Bidang Pendidikan Semoga Bermanfaat Buat Para Sahabat Setia Dosenpendidikan.Com … 😀