Pengertian, Jenis Dan Faktor Penyebab Penyimpangan Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian, Jenis Dan Faktor Penyebab Penyimpangan Sosial Menurut Para Ahli

Posted on
Pengertian, Jenis Dan Faktor Penyebab Penyimpangan Sosial Menurut Para Ahli
Rate this post

DosenPendidikan.Com – Penyimpangan Sosial yang juga lumrah dikenal dengan nama penyimpangan sosial adalah perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kesusilaan atau kepatutan, teliti dalam sudut pandang kemanusiaan (agama) secara individu ataupun pembenarannya sebagai makhluk sosial.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Penyimpangan Sosial diartikan sebagai tingkah-laku, tindakan, atau umpanbalik (tanggapan) seseorang terhadap lingkungan yang bertentangan dengan norma-norma serta hukum yang ada dalam dalam masyarakat.

Pengertian, Jenis Dan Faktor Penyebab Penyimpangan Sosial Menurut Para Ahli

Dalam kehidupan masyarakat, semua tindakan orang dibatasi oleh aturan (norma) untuk berbuat dan berperilaku santun yang sesuai dan di anggap baik oleh masyarakat. Namun di tengah kehidupan masyarakat kadang-kadang masih kindertagesstätte jumpai tindakan-tindakan yang bukan sesuai dengan aturan (norma) yang berlaku pada penduduk, misalnya : siswa yang menyontek di saat ulangan, berbohong, mencuri, dan mengganggu siswa lain.

Penyimpangan terhadap norma-norma atau nilai-nilai masyarakat dianggap deviasi (deviation), sedangkan pemain atau individu yang melancarkan penyimpangan disebut devian. Kebalikan dari perilaku menyimpang adalah perilaku yang bukan menyimpang yang sering dianggap dengan konformitas. Konformitas ialah bentuk interaksi sosial yang di dalamnya seseorang berperilaku sesuai dengan harapan kelompok.

Makna Penyimpangan Sosial Menurut Ahli

Bruce L. Cohen

  • Perilaku menyimpang merupakan setiap perilaku yang bukan berhasil menyesuaikan diri dengan kehendak-kehendak masyarakat atau kelompok tertentu dalam masyarakat.

Gillin

  • Perilaku menyimpang adalah ulah yang menyimpang dari canon dan nilai sosial family dan masyarakat yang jadi penyebab memudarnya ikatan / solidaritas kelompok.

Lewis Acribillar

  • Mengemukakan bahwa perilaku menyimpang merupakan salah satu teknik untuk menyesuaikan kebudayaan dengan perubahan sosial.

James Vander Zenden

  • Penyimpangan sosial ialah perilaku yang oleh segenap besar orang dianggap sebagai hal yang tercela lalu di luar batas toleransi.

Paul B. Horton

  • Mengutarakan bahwa penyimpangan adalah awd perilaku yang dinyatakan sebagai pelanggaran terhadap norma-norma kelompok atau masyarakat

Robert Meters. Z. Lawang

  • Penyimpangan sosial adalah semua tindakan yang menyimpang dari norma yang berlaku dalam sistem sosial dan menimbulkan usaha untuk mereka yang berwenang di sistem itu untuk membaguskan perilaku yang menyimpang tersebut.

Penyebab Terjadinya Penyimpangan Sosial

Menurut Wilnes di bukunya Punishment and Reformation sebab-sebab penyimpangan/kejahatan dibagi jadi dua, yaitu sebagai beserta:

  • Faktor subjektif adalah aspek yang berasal dari seseorang itu sendiri (sifat pembawaan yang dibawa sejak lahir).
  • Faktor objektif adalah aspek yang berasal dari luar (lingkungan). Misalnya keadaan dalam rumah tangga, seperti hubungan masa orang tua dan putra yang tidak serasi.
  • Untuk lebih jelasnya, berikut diuraikan beberapa penyebab terjadinya penyimpangan seorang individu (faktor objektif).

Ketidaksanggupan menyerap norma-norma kebudayaan. Seseorang yang bukan sanggup menyerap norma-norma kebudayaan ke dalam kepribadiannya, ia tidak dapat membedakan situasi yang pantas dan gak pantas. Keadaan itu berlangsung akibat dari proses sosialisasi yang tidak sempurna, umpama karena seseorang tumbuh di keluarga yang retak (broken home).

Apabila kedua jamaah tuanya tidak bisa menuntun anaknya dengan sempurna, jadi anak itu tidak mengenai mengetahui hak dan kewajibannya sebagai anggota keluarga.

Metode belajar yang menyimpang. Seseorang yang melakukan tindakan menyimpang karena seringnya membaca ataupun melihat tayangan tentang Penyimpangan Sosial. Hal itu ialah bentuk perilaku menyimpang yang disebabkan karena proses belajar yang menyimpang.

Karier penjahat kelas kakap yang diawali dari kejahatan kecil-kecilan yang terus meningkat dan semakin berani/nekad merupakan bentuk metode belajar menyimpang.

Ketegangan masa kebudayaan dan struktur sosial. Terjadinya ketegangan antara kebudayaan dan struktur sosial meraih mengakibatkan perilaku yang menyimpang. Hal itu terjadi andai dalam upaya mencapai sebuah tujuan seseorang tidak mendapatkan peluang, sehingga ia mengupayakan peluang itu sendiri, jadi terjadilah perilaku menyimpang.

Ikatan sosial yang berlainan. Pada orang umumnya berhubungan dengan beberapa kelompok. Jika pergaulan itu mempunyai pola-pola ulah yang menyimpang, maka kemungkinan ia juga akan mencontoh pola-pola perilaku menyimpang.

Gara-gara proses sosialisasi nilai-nilai sub-kebudayaan yang menyimpang. Seringnya press massa menampilkan berita ataupun tayangan tentang tindak kejahatan (perilaku menyimpang). Hal inilah yang dikatakan sebagai rédigée belajar dari sub-kebudayaan yang menyimpang.

Faktor Penyebab

Faktor-faktor penyebab penyimpangan sosial

  • Aspek dari dalam adalah intelegensi atau tingkat kecerdasan, umur, jenis kelamin dan kedudukan seseorang dalam keluarga. Umpama: seseorang yang tidak usual dan pertambahan usia.
  • Aspek dari dari luar adalah kehidupan rumah tangga atau family, pendidikan di sekolah, pergaulan dan media massa. Seumpama : seorang anak yang hampir sering melihat orang tuanya bertengkar dapat melarikan diri di obat-obatan atau narkoba. Pergaulan individu yang berhubungan teman-temannya, media massa, media cetak, media elektronik.

Jenis-jenis Penyimpangan Sosial

Jenis-jenis penyimpangan sosial terdiri dari 4 jenis

Tawuran atau perkelahian antarpelajar

Perkelahian termasuk model kenakalan remaja akibat kompleksnya kehidupan kota yang dikarenakan karena masalah sepele.

Penyalahgunaan narkotika, obat-obat terlarang serta minuman keras

Penyalahgunaan narkotika adalah penggunaan narkotika lalu narkoba tanpa izin dengan tujuan hanya untuk mendapatkan kenikmatan. Penyimpangan sosial yang timbul adalah pembunuhan, pemerkosaan, pencurian, perampokan.

Hubungan seksual

Hubungan seks di luar nikah, pelacuran dan HIV/AIDS merupakan penyimpangan sosial sebab menyimpang norma sosial juga agama.

Tindak kriminalitas

Tindak kriminal adalah tindak kejahatan atau tindakan yang merugikan orang lain dan melanggar norma hukum, norma sosial dan norma agama. Seumpama: mencuri, menodong, menjambret, membunuh, dan lain-lain. Disebabkan sebab masalah kesulitan ekonomi. Lalu merupakan profesi atau pekerjaanya karena sulit mencari hobi yang halal.

Nah … Bagaimana Sobat Sudah Tau Bukan Sekarang Apa Itu Penyimpangan Sosial ???? 😀

Untuk itu mari kita bersama hindarai penyimpangan sosial ini demi kenyamanan bersama …. 🙂

Pengertian, Jenis Dan Faktor Penyebab Penyimpangan Sosial Menurut Para Ahli

Materi Lainya :

loading...