Pengertian, Karakteristik Dan Cara Membuat Ringkasan Mudah

Rate this post

DosenPendidikan.Com – Ringkasan adalah dalah presentasi dari kejadian atau peristiwa yang panjang disajikan secara singkat. atau juga, cara yang baik untuk memotong atau memangkas menyajikan hasil esai panjang dan disajikan dalam bentuk pendekdan singkat. Ringkasan memiliki perbedaan dengan gambaran, meskipun sering disajikan untuk dua istilah, tetapi sebenarnya kedua istilah itu bebeda.

Ringkasan

Untuk ringksan adalah hasil dari karangan yang asli tetapi dalam penyajiannya harus tetap mempertahankan urutan dan rumusan yang asli dari pengarangnya. Ikhtisar adalah sebaliknya, gambaran dari pengaturan tidak memerlukan atau perlu sistematis atau tidak sesuai dengan pengaturan asli dan tidak perlu proporsional atau tidak memerlukan konten dari semua hasil karangan itu.

Karakteristik Ringkasan

  • Harus memiliki kerangka dasar yang jelas.
  • Harus memiliki inti yang tidak menghilangkan hasil asli.
  • Dalam ide dipotong untuk penjelasan yang rinci.
  • Memiliki tujuan untuk memotong hasil gagasan.

Cara Membuat Ringkasan

Ada dua bentuk dalam ringkasan, bentuk narasi atau ayat (kata kerja) dan bentuk grafik atau skema (non-verbal). Ringkasan dalam bentuk hasil skema atau grafik harus mencerminkan ide yang ada di dalam teks sumber.

Sebelum membuat hasil skema atau diagram, perlu dicatat core pertama dari sumber informsi sebelum membentuk elemen nsur grafik atau skema. Dalam melakukan hal ini, ada beberapa cara yang dapat digunakan sebagai pegangan atau panduan yang baik dan teratur, yaitu:

Membaca Naskah Asli

Apa yang harus dilakukan sebelum membuat ringkasan adalah dengan melakukan pembacaan naskah asli setidaknya 1-2 kali untuk mendapatkan atau mengetahui kesan umum dan sudut pandang dari penulis asli.

Mencatat Gagasan Utama

Setelah membaca naskah asli, menulis atau menangkap maksud, kesan umum, dan sudut pandang penulis asli, maka langkah selanjutnya adalah memcatat ide utama atau merekam ide penting.

Mengadakan Reproduksi

Setelah melakukan pencatatan yang dibuat pada langkah dua dan mendapatkan kesan umum yang diperoleh pada langkah pertama, maka penulis siap untuk membuat ringkasan. Dan yang harus diperhatikan oleh sebuah ringkasan penulis adalah seseorang penulis harus membuat kalimat baru, dan merakit semua ide menjadi wacana biasa atau kebutuhan yang jelas dan penting untuk dapat diterima oleh akal sehat

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah sesuatu yang disimpulkan; menyimpulkan hasil; Kesimpulan juga dapat berarti akhir dari pendapat (opini yang terakhir dari penjelasan sebelumnya) atau kesimpulan yang berasal dari cara induktif dan deduktif pemikiran.

Pola Penalaran Dalam Membuat Kesimpulan

Unutk mengambil kesimpulan harus menggunakan penalaran induktif dan deduktif pola. Penalaran deduktif terdiri dari silogisme, Akibatnya menyebabkan dan menyebabkan efek.

Pola Penalaran

Yang pertama dari pengungkapan hal-hal yang khusus, dan kemidian diambil kesimpulan umum. yang merupakan pola penalaran induktif generalisasi, analogi, efek-sebab dan menyebabkan-kausal.

Di Kutip Dari Sumber : gurupendidikan.Com

Demikian Pembahasan Tentang Pengertian, Karakteristik Dan Cara Membuat Ringkasan Mudah Semoga Bermanfaat Buat Para Sahabat Setia Dosenpendidikan.Com … 😀