Karbohidrat

Pengertian Karbohidrat Lengkap Dengan Peran Serta Fungsinya

Posted on

DosenPendidikan.Com – Karbohidrat adalah termasuk dalam senyawa organik yang paling melimpah di bumi. Karbohidrat sendiri terdiri dari karbon, hidrogen, dan juga oksigen. Karbohidrat mempunyai berbagai fungsi dalam tubuh makhluk hidup, terutama sebagai bahan bakar seperti glukosa, untuk cadangan makanan misalnya pati pada tumbuhan dan glikogen pada hewan, dan bahan-bahan pembangun seperti selulosa pada tumbuhan, kitin pada hewan dan jamur. Dalam proses fotosintesis, tanaman hijau mengubah karbon dioksida menjadi karbohidrat.

Karbohidrat

Peran Karbohidrat Dalam Biologi

Peran sebagai bahan bakar dan nutrisi

Karbohidrat memberikan tubuh kebutuhan dasar yang diperlukan dari makhluk hidup. Monosakarida, terutama glukosa, sel-sel nutrisi utama. Misalnya, pada vertebrata, glukosa dalam aliran darah yang tersedia untuk semua sel-sel tubuh. Sel-sel tubuh untuk menyerap glukosa dan mengambil energi yang tersimpan dalam molekul dalam proses respirasi selular untuk menjalankan sel-sel tubuh. Selain itu, kerangka karbon monosakarida juga melayani sebagai bahan baku untuk sintesis jenis molekul organik kecil, termasuk asam amino dan asam lemak.

Peran sebagai cadangan energi

Beberapa jenis polisakarida berfungsi sebagai deposito materi atau cadangan, yang akan dihidrolisis untuk menyediakan gula ke sel-sel bila diperlukan. Pati adalah polisakarida deposito pada tanaman. Tanaman menumpuk pati sebagai granul atau butiran di organel plastid, termasuk kloroplas. Oleh sintesis pati, tanaman dapat menumpuk kelebihan glukosa. Glukosa adalah bahan bakar utama sel, sehingga pati merupakan cadangan energi.

Peran sebagai bahan pembangun

Organisme membangun materi kuat dari polisakarida struktural. Sebagai contoh, selulosa adalah komponen utama dinding sel tanaman. Selulosa seperti serat, liat, tidak larut dalam air, dan bisanya ditemukan pada tangkai, batang, cabang, dan semua bagian berkayu dari jaringan tanaman. Kayu  terbuat dari selulosa dan polisakarida, seperti hemiselulosa dan pektin. Sementara itu, kapas terbuat hampir seluruhnya dari selulosa.

Klasifikasi Karbohidrat

Monosakarida

  • Monosakarida adalah karbohidrat sederhana karena molekul hanya terdiri dari atom beberapa C dan tidak dapat dijelaskan dengan cara hidrolisis menjadi karbohidrat lain. Monosakarida diklasifikasikan menjadi aldoses dan ketosa. Contoh aldosa adalah glukosa dan galaktosa. Contoh ketosa adalah fruktosa.

Disakarida dan polisakarida

  • Karbohidrat disakarida yang terbentuk dari dua molekul monosakarida terikat melalui -OH dengan melepaskan molekul air. Contoh disakarida adalah sukrosa, laktosa dan maltosa. Oligosakarida adalah polimer derajat polimerisasi 2 sampai 10 dan biasanya larut dalam air.
  • Oligosakarida yang terdiri dari dua molekul disebut disakarida, dan ketika terdiri dari tiga molekul disebut triosa. Sukrosa (sukrosa atau gula tebu) terdiri dari molekul fruktosa dan glukosa, maltosa terdiri dari dua molekul glukosa, dan laktosa molekul terdiri dari glukosa dan galaktosa.
  • Polisakarida adalah polimer molekul monosakarida yang dapat lurus atau rantai bercabang dan dapat dihidrolisis oleh enzim tertentu yang bekerja.

Polisakarida

  • Polisakarida adalah karbohidrat terdiri dari banyak sakarida sebagai monomer. Rumus polisakarida umum yang C6 (H10O5) n. Contoh polisakarida adalah selulosa, glikogen, dan pati.

Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh

Sebagai Sumber Energi Utama Tubuh

  • Ini adalah fungsi utama karbohidrat yang bertindak sebagai pasokan energi tubuh, setiap gram karbohidrat mengandung 4 kalori.

Cadangan Energi Di Otot Dan Hati

  • Kehadiran karbohidrat dalam tubuh manusia, sebagian besar ditemukan dalam darah sebagai glukosa untuk energi mereka, sebagian besar ditemukan di hati dan otot jaringan diubah menjadi glikogen, dan sebagian Dikonversi menjadi lemak dan disimpan dalam jaringan otot yang berfungsi sebagai cadangan energi tubuh.

Untuk Memperlancar Pencernaan

  • Karbohidrat juga berfungsi untuk memfasilitasi gerak peristaltik usus dan memfasilitasi kotoran pembuangan, jika tidak maka tidak dapat dicerna karbohidrat seperti serat untuk memberikan rasa kenyang.

Sebagai Pemanis Alami

  • Karbohidrat juga berfungsi sebagai manis alami saluran dalam makanan, terutama karbohidrat Disakarida dan monosakarida.

Dikutip Dari Berbagai Sumber.

Demikian Pembahasan Tentang Pengertian Karbohidrat Lengkap Dengan Peran Serta Fungsinya Semoga Bermanfaat Buat Para Sahabat Setia Dosenpendidikan.Com … 😀