Pengertian Kata Pengantar Beserta Unsur Dan Contohnya

Pengertian Kata Pengantar Beserta Unsur Dan Contohnya

Posted on

Sebutkan Pengertian Kata Pengantar Beserta Unsur Dan Contohnya

DosenPendidikan.Com – Hal demikian dalam sebuh karya tulis, baik ilmiah, non ilmiah maupun populer, adanya kata pengantar yang hal ini merupakan faktor yang penting. Kata pengantar ini sama pentingnya dengan daftar isi, daftar pusaka, biografi penulis dan faktor lainnya. Karena makalah akan dirasa baik dan lengkap apabila disertai dengan ucapan kata pengantar di dalamnya.

Kata pengantar ialah halaman yang berisi ucapan-ucapan dari si penulis atas selesainya penulisan karya tulis tersebut baik tentang ucapan rasa syukur, ucapan rasa terima kasih, tujuan dan manfaat penulisan serta kritik dan saran yang membangun. Kata pengantar terbagi dalam 3 bagian yaitu pembukaan isi dan penutup.

Unsur Kata Pengantar

Dalam kata pengantar harus mengandung beberapa unsur, yang diantaranya yaitu:

  • Berisi ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa,
  • Penjelasan mengenai adanya tugas penulisan karya ilmiah,
  • Penjelasan tentang pelaksanaan penulisan karya ilmiah,
  • Penjelasan adanya bantuan, bimbingan dan arahan dari pihak-pihak yang dianggap membantu. Seperti kepada seseorang, sekelompok orang atau organisasi/lembaga,
  • Ucapan terima kasih kepada seseorang/lembaga yang membantu,
  • Penyebutan nama kota, tanggal, bulan, tahun dan nama lengkap penulis tanpa dibubuhi tanda tangan,
  • Harapan penulis atas karangan tersebut
  • Dan manfaat bagi pembaca serta kesediaan menerima kritik dan saran.

Sesuai dengan namanya, kata pengantar berisi ucapan rasa sykur dan terima kasih serta sambutan dari penulis terhadap karya tulis yang telah dibuatnya. Pada umumnya terdapat kalimat pengharapan dan juga penjelasan terkait tema dan isi makalah yang dibuat.

Dalam hal ini meskipun sebagian besar pembaca jarang membaca bagian yang satu ini, namun kata pengantar tetaplah penting untuk menunjang profesionalitas dan kredibilitas makalah yang telah diselesaikan. Selain itu, adanya kata pengantar juga mewujudkan rasa hormat seorang penulis terhadap pembacanya. Dalam merangkai kalimat pengantar tentunya harus menggunakan bahasa baku dan kalimat yang efektif serta mudah dimengerti oleh pembaca. Adapun contoh Kata Pengantar yang baik tersajikan dalam paragraf di bawah ini.

Seperti yang kita ketahui, dalam membuat atau menyusun kata pengantar ini memang susah-susah gampang. Hal ini karena kebanyakan penulis masih kesulitan dalam menentukan kata-kata yang tepat untuk menyusun kata pengantar ini.

Contoh Kata Pengantar

Alhamdulillahi Rabbil’Alamin, puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat, taufik serta hidayah-nya sehingga tugas kolektif yang berbentuk makalah dengan judul “menggati judul makalah”, ini dapat terselesaukan dengan tepat waktunya, walaupun dengan berbagai macam halangan atau rintangan. Dan tidak lupa Shalawat serta salam semoga selalu tercurah ke pangkuan Baginda Nabi Agung Muhammad SAW yang kita nanti-nantikan syafa-atnya di yaumul qiyamah nanti, Amin.

Makalah ini disusun sebagai bahan diskusi yang akan kami presentasikan dan merupakan implementasi dari program belajar aktif oleh Dosen pengajar mata kuliah “ganti dengan nama mata kuliah”.

Semoga dengan tersusunnya makalah ini bisa menambah khazanah keilmuan dalam mempelajari “ganti dengan nama mata kuliah” dan memberikan manfaat bagi pembacanya. Dalam penyusunan makalah ini, penyusun menyadari masih banyak kesalahan dan kekhilafan di dalamnya. Oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun senantiasa kami harapkan demi penyempurnaan makalah berikutnya ini.

Jakarta, 22 Februari 2015

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Kata Pengantar Beserta Unsur Dan Contohnya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: