Pengertian Koagulasi Dan Fibrinogen Beserta Proses Maupun Contohnya

Posted on

DosenPendidikan.Com – Koagulasi merupakan sebuah proses perubahan yang dialami oleh cairan yang ada didalam darah yang menjadi sebuah gumpalan-gumpalan yang lunak baik penggumpalan secara keseluruhan ataupun penggumpalan yang terjadi hanya sebagian. Jadi koagulasi merupakan sebuah proses penggumpalan yang terjadi pada suatu cairan ataupun larutan sehingga akan terbentuk padatan yang lunak seperti gel. Menurut dalam KBBI pengertian koagulasi ialah hal yang dimiliki hubungan dengan keadaan yang dapat menjadi agak keras ataupun padat dari bentuk sebelumnya, baik keadaan secara keseluruhan maupun keadaan secara sebagian sebagai akibat dari perubahan keadaan kimiawi. untuk lebih jelasnya simak ulasannya berikut ini.

gumpalan darah

Pengertian Koagulasi

Dalam peristiwa koagulasi ini sering kita temukan didalam kehidupan kita sehari-hari seperti saat kita memasak telur, membuat adonan roti, terkadang tanpa kita perhatikan prosesnya bahan-bahan tersebut mengalami peristiwa koagulasi baik yang disebabkan karena proses fisika maupun dikarenakan proses kimia.

Proses Koagulasi

Seperti saat seseorang akan memproduksi tahu, pertama yang akan dilakukan proses penggumpalan dari susu kedelai sehingga dapat menjadi gumpalan-gumpalan padat yang berukuran kecil sebelum akhirnya mengalami proses pengerasan sehingga dapat berbentuk dan berubah menjadi tahu yang biasa kita konsumsi hal ini merupakan sebuah proses koagulasi.

Didalam ilmu pengetahuan kimia dalam proses koagulasi selalu dikaitkan dengan sistem koloid didalam dunia kedokteraan koagulasi dikaitkan dengan darah. Didalam dunia kuliner koagulasi dikaitkan dengan masakan.

Contoh Koagulasi

Contoh dalam peristiwa koagulasi ini paling mudah untuk diasumsikan misalnya seperti mengeraskan telur dengan cara di panaskan. Peroses penggumpalan darah saat pendarahan yang diakibatkan oleh luka sehingga membuat darah menjadi mengalir keluar dari bagian tubuh tertentu. Proses pengerasan yang terdapat pada protoplasma atau menggumpalnya susu yang telah basi dan kadaluarsa serta masih banyak lagi contoh lainnya.

Pengertian Fibrinogen

Pengertian fibrinogen ialah sebuah protein yang mudah larut yang merupakan satu-satunya komponen dalam terjadinya peristiwa koagulasi didalam tubuh. Fibrinogen disintesis oleh organ hati dan akan dilepaskan ke dalam aliran darah pada pembuluh darah. Setelah itu fibrinogen akan diubah menjadi benang fibrin yang merupakan protein terlarut yang akan diubah oleh sebuah trombin atau enzim dalam tahap terakhir dari pembekuan darah yang terjadi sehingga benang fibrin dapat bekerja maksimal dalam menutupi luka dan membuat pendarahan dapat berhenti.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Koagulasi Dan Fibrinogen Beserta Proses Maupun Contohnya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂