Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli

Posted on
Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli
Rate this post

DosenPendidikan.Com – Ada banyak berbagai pendapat dari para ahli yang memberikan definisi, pengertian kurikulum. Secara umum pengertian kurikulum ialah program rancangan belajar mengajar yang dipedomani oleh pendidik dan peserta didik. Dari peran yang sangat strategis dan fundamental dalam berjalannya pendidikan yang baik maka kurikulum memiliki peran dalam pencapaian tujuan karena baik atu tidaknya suatu kurikulum dilihat dari proses dan hasil pencapaian yang telah ditempuh. Kurikulum berasal dari bahasa Inggris yakni Curriculum yang berarti rencana pelajaran yang dimana Curriculum berasal dari bahasa latin Currere yang memiliki banyak arti seperti berlari cepat maju dengan cepat menjalani dan berusaha.

Kurikulum

Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli

Setelah membahas pengertian kurikulum secara umum dan asal muasalnya bahasa dari kurikum. Saatnya mengacu pada pengertian kurikulum menurut para ahli yang memberikan gambaran berbagai definisi yang dikemukakan untuk mempermudah dan memahami pengertian kurikulum yang sebenarnya yang sangatlah fundamental dari fungsi kurikulum yang sesungguhnya sebagai proses pendidikan untuk mencapai tujuan, maka dari itu untuk mempermudah dan memahaminya simak uraiannya dibawa ini.

Menurut Daniel Tanner Dan Laurel Tanner

Pengertian kurikulum ialah pengalaman pembelajaran yang terarah dan terencana secara terstuktur dan tersusun melalui proses rekontruksi pengetahuan dan pengalaman secara sistematis yang berada dibawah pengawasan lembaga pendidikan sehingga pelajar memiliki motivasi dan minat belajar.

Menurut Inlow ( 1966 )

Pengertian kurikulum ialah usaha menyeluruh dirancang khusus oleh sekolah dalam membimbing murid memperoleh hasil dari pelajaran yang telah ditentukan.

Menurut Hilda Taba ( 1962 )

Pengertian kurikulum sebagai a plan of learning yang berarti bahwa kurikulum ialah sesuatu yang direncanakan untuk dipelajari oleh siswa yang memuat rencana untuk peserta didik.

Menurut Kerr J. F ( 1968 )

Pengertian kurikulum ialah sebuah pembelajaran yang dirancang dan dilaksanakan dengan individu dan berkelompok baik diluar maupun di dalam sekolah.

Menurut George A. Beaucham ( 1976 )

Pengertian kurikulum ialah dokumen tertulis yang mengandung isi mata pelajaran yang diajar kepada peserta didik melalui berbagai mata pelajaran pilihan disiplin ilmu, rumusan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut Neagley Dan Evans ( 1967 )

Pengertian kurikulum ialah semua pengalaman yang telah dirancang oleh pihak sekolah untuk menolong para siswa dalam mencapai hasil belajar kepada kemampuan siswa yang paling baik.

Menurut UU. NO 20 Tahun ( 2003 )

Pengertian kurikulum ialah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pengajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

Menurut Good V. Carter ( 1973 )

Pengertian kurikulum ialah kelompok pengajaran yang sistematik atau urutan subjek yang dipersyaratkan untuk lulus atau sertifikasi dalam pelajaran mayor.

Menurut Grayson ( 1978 )

Pengertian kurikulum ialah suatu perencanaan untuk mendapatkan pengeluaran ( out-comes ) yang diharapkan dari suatu pembelajaran.

Menurut Murray Print

Pengertian kurikulum ialah sebuah ruang pembelajaran yang terencana diberikan secara langsung kepada siswa oleh sebuah lembaga pendidikan dan pengalaman yang dapat dinikmati semua siswa pada saat kurikulum diterapkan.

Menurut Crow And Crow

Pengertian kurikulum ialah rancangan pengajaran atau sejumlah mata pelajaran yang disusun secara sistematis untuk menyelesaikan suatu program untuk memperoleh ijazah.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

loading...