Ketahanan Nasional
Ketahanan Nasional

Pengertian Lembaga Ketahanan Nasional Indonesia

Posted on

Pengertian Lembaga Ketahanan Nasional Indonesia – Lembaga Pertahanan Nasional didirikan pada 20 Mei 1965 berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 1964, dan langsung di bawah Presiden. Pada tahun 1983, lembaga ini berganti nama menjadi Ketahanan National, yang berada di bawah Panglima Angkatan Bersenjata (ABRI). www.dosenpendidikan.com/

Ketahanan Nasional
Ketahanan Nasional

Pada tahun 1994 lembaga ini langsung di bawah Menteri Pertahanan dan Keamanan. Pada tahun 2001, Lembaga Ketahanan Nasional adalah lembaga pemerintah non departemen yang bertanggung jawab kepada Presiden. Sejak tahun 2006, berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 67 tahun 2006, mengingat beban dan tanggung jawab lembaga, Maka Gubernur Lemhanas di sejajarkan dengan posisi Menteri.

Pembentukan Lembaga Ketahanan Nasional pada dasarnya merupakan respon terhadap tuntutan perkembangan lingkungan strategis baik secara nasional dan internasional yang memerlukan integrasi dan kerjasama antara pejabat sipil dan dinamis, militer, polisi dan para pemimpin nasional swasta serta para pemimpin politik dan juga organisasi masyarakat sipil, sehubungan dengan pelaksanaan pemerintah negara bagian.

Presiden pertama Indonesia, Ir. Sukarno mendirikan pada tanggal 20 Mei 1965 sebagai berdirinya Lembaga Pertahanan Nasional (Ketanas) oleh Presiden Republik Indonesia Nomor 37 Peraturan dari 1964 yang bertepatan dengan Peringatan bersejarah kebangkitan nasional Indonesia.

Pada saat upacara dimulainya pada pembentukan Lembaga Ketahanan Nasional Lembaga Ketahanan Nasional fungsinya utamanya adalah untuk memberikan pendidikan dan upacara pembukaan program pendidikan Kursus Reguler Angkatan I.

Pembentukan Lembaga Ketahanan Nasional juga dimaksudkan sebagai salah satu kepentingan nasional dalam upaya untuk menyelamatkan dan melestarikan cita-cita dan tujuan proklamasi kemerdekaan Indonesia serta kelangsungan hidup bangsa dan negara Indonesia di Tengah dunia politik.

Ketahanan nasional (Tannas) Indonesia adalah kondisi dinamis Indonesia yang mencakup semua aspek kehidupan nasional terintegrasi dan ketangguhan yang mengandung dan memiliki kemampuan untuk mengembangkan kekuatan nasional, dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan, ancaman, hambatan dan gangguan, baik  dalam maupun luar untuk Memastikan identitas, integritas, kelangsungan hidup bangsa dan negara, serta perjuangan untuk mencapai tujuan nasional.

Ketahanan nasional adalah kondisi kehidupan nasional yang harus direalisasi, dipupuk terus menerus dan sinergis, mulai dari pribadi, keluarga, lingkungan, regional dan nasional dengan acuan keuletan dan ketangguhan yan mengandung kemampuan untuk mengembangkan kekuatan nasional. Proses yang berkesinambungan untuk Mewujudkan keadaan tersebut ini dilakukan dengan pemikiran geostrategis dirancang dengan memperhatikan kondisi bangsa dan konstelasi georafi Indonesia.

Konsepsi ketahanan nasional Indonesia adalah konsepsi pengembangan kekuatan nasional melalui regulasi dan organisasi kesejahteraan dan keamanan yang seimbang, serasi dan harmoni dalam aspek seluruh kehidupan secara utuh dan menyeluruh serta terpadu berdasarkan Pancasila, UUD 1945 dan wawasan nusantara . Konsepsi ini merupakan pedoman untuk meningkatkan keuletan dan ketangguhan bangsa yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan kekuatan nasional dari kesejahteraan dan keamanan.

Azaz-azaz Ketahanan nasional adalah:

1) Azaz kesejahteraan dan keamanan

Kesejahteraan dan keamanan merupakan kebutuhan dasar manusia dan yang penting baik sebagai individu maupun kelompok dalam masyarakat, bangsa dan negara. Realisasi kondisi kesejahteraan dan keamanan dapat dicapai dengan berfokus pada kesejahteraan, tanpa mengabaikan keselamatan.

Sebaliknya, mengutamakan keamanan tidak harus mengabaikan kesejahteraan. Kedua kesejahteraan dan keamanan harus selalu berdampingan dalam kondisi apapun. Dalam kehidupan nasional, tingkat kesejahteraan dan keamanan nasional merupakan tolak ukur untuk Ketahanan nasional.

2) Azaz Komprehensif Integral

Sistem ini mencakup semua aspek kehidupan nasional bangsa secara keseluruhan, utuh, terpadu dalam perwujudan persatuan dan fusi yang seimbang, serasi dan harmoni dalam semua aspek kehidupan. Sehingga ketahanan nasional mencakup ketahana seluruh aspek kehidupan nasional atau komprehensif dan integral.

3) Azaz Mawas Diri ke dalam dan keluar

Kehidupan nasional adalah kehidupan bangsa yang saling berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Dalam proses interaksi mungkin timbul beragai efek  positif atau negatif. Untuk itu diperlukan sikap waspada ke dalam dan keluar. Bertujuan untuk mendorong introspeksi ke dalam sifat, karakteristik dan kondisi kehidupan nasional itu sendiri berdasarkan nilai-nilai kemandirian yang proporsional untuk meningkatkan kualitas derajat kemandirian bangsa yang ulet dan tangguh.

Ini tidak berarti bahwa ketahanan nasional mengandung sikap asosiasi atau nasionalisme sempit. Kesadaran diri di luar bertujuan untuk dapat berpartisipasi dan berkontribusi dalam mengatasi dampak lingkungan strategis luar negeri dan menerima saling interaksi dan ketergantungan di dunia internasional.

4) Azaz kekeluargaan

Mengandung keadilan, kebijaksanaan, persatuan, kesetaraan, gotong royong, toleransi, dan tanggung jawab dalam masyarakat, bangsa dan negara. Dalam prinsip ini diakui perbedaan dan perbedaan-perbedaan ini harus dikembangkan harmonis dalam kemitraan dan terus tidak berkembang menjadi konflik bersifat antagonis saling menghancurkan.

Dari pengalaman sejarah, rakyat Indonesia sadar akan alam, identitas dan  lingkungan kepulauan yang serba nusantara berikut kekuatan, kelemahan, peluang dan hambatan yang dihadapinya. Kesadaran masyarakat Indonesia yang dipengaruhi konstelais geografis yang dihadapi serba perubahan lingkungan dunia, memberikan motivasi, dorongan untuk penciptaan suasana damai dan tenang dalam kehidupan nasional, serta pelaksanaan ketertiban dan keadilan dalam hubungan antar bangsa dalam tatanan internasional.

Klik Link Di Bawah Ini :

Nah Sahabat Dosenpendidikan.Com Itulah Pengertian Ketahanan Nasional Yang Kami Sajikan Semoga Bermanfaat Untuk Kehidupan Kita Dalam Berbangsa Dan Bernegara 😀