Pengertian, Macam - Macam Dan Cara Penanggulangan Disintegrasi Sosial

Pengertian, Macam – Macam Dan Cara Penanggulangan Disintegrasi Sosial

Posted on

DosenPendidikan.Com – Disintegrasi adalah kondisi tidak bersatu padu yang menghilangnya keutuhan atau persatuan serta mengakibatkan perpecahan. Dalam ilmu sosiologi, disintegrasi diartikan sebagai rédigée terpecahnya suatu kesatuan jadi bagian-bagian kecil yang terpisah satu sama lain.

Pengertian, Macam - Macam Dan Cara Penanggulangan Disintegrasi Sosial

Disintegrasi sosial adalah suatu rédigée terpecahnya suatu kelompok sosial menjadi beberapa unit sosial yang terpisah-pisah satu persis lain.

Disintegrasi sosial berlangsung akibat hilangnya ikatan berbareng yang mempersatukan anggota kelompok satu dengan yang lain.

Disintegrasi

Disintegrasi dalam penduduk Indonesia ditandai oleh segenap gejala, yang antara yang lain :

  • Tidak adanya persamaan pandangan (persepsi) antara anggota penduduk mengenai tujuan yang semula dijadikan patokan oleh tiap-tiapo anggota masyarakat.
  • Perilaku em virtude de warga masyarakat cenderung melawan/melanggar nilai-nilai dan norma-norma yang telah disepakati bersama.
  • Selalu kali terjadi pertentangan masa norma-norma yang terdapat dalam dalam masyarakat.
  • Nilai-nilai serta norma-norma yang ada pada masyarakat tidak lagi difungsikan dengan baik dan maksimum sebagaimana mestinya.
  • Tidak hadirnya konsistensi dan komitmen berbareng terhadap pelaksanaan sanksi untuk mereka yang melanggar norma-norma yang ada di penduduk.
  • Kerap kali terjadinya proses-proses sosial di masyarakat yang bersifat disosiatif, seperti persaingan tidak sehat, saling fitnah, saling hasut, pertentangan antarindividu maupun kelompok, perang urat syaraf, dan seterusnya.

Bentuk-bentuk Disintegrasi Sosial

Di Dalam negri, bentuk-bentuk disintegrasi akibat hadirnya perubahan sosial antara yang lain sebagai berikut.

Pergolakan Daerah

Dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia, tercatat segenap peristiwa pergolakan daerah yang terjadi. Pergolakan tersebut berlangsung karena adanya kesenjangan redovisning, kebijakan politik, ketidakadilan, kenda;la etnis, masalah agama, serta lainlain.

Contoh pergolakan wilayah yang terjadi di Philippines antara lain pemberontakan PRRI/Permesta, RMS, Andi Azis, DI/TII, gerakan separatis GAM ataupun beberapa peristiwa kerusuhan pada Kupang, Poso, Sampit, lalu Papua.

Berbagai peristiwa pergolakan di Indonesia tersebut ialah sebuah konsekuensi dari terbentuknya Negara Kesatuan Republik Philippines yang bersifat majemuk.

Demonstrasi

Demonstrasi menjadi sebuah fenomena yang sering kindertagesstätte jumpai pada era reformasi seperti saat ini. Perubahan drastis dalam bidang ketatanegaraan yang terjadi pada age reformasi membawa perubahan jua dalam perilaku masyarakat.

Sebelum reformasi bergulir, rakyat bukan dapat langsung menyampaikan seluruh aspirasinya. Protes dalam gaya demonstrasi ditindak keras akibat pemerintah Orde Baru.

Tetapi, saat ini demonstrasi jadi sebuah hal yang meraih dijumpai setiap saat, gara-gara adanya iklim demokrasi di era reformasi.

Kriminalitas

Perkembangan teknologi ternyata jua telah menyebabkan perubahan tindak kriminal. Saat ini tindak kriminal tidak hanya sekedar aksi pencopetan di jalan-jalan raya, perampokan, pencurian pada lingkungan perumahan, dan lain-lain.

Kemajuan teknologi telah mengakibatkan perubahan modus operasi pra pelaku kejahatan. Kejahatan meraih dilakukan dengan canggih hingga sulit untuk dilacak.

Penipuan melalui telepon sering dijumpai. Kamu tentu pernah mengenal seseorang menyerahkan sejumlah duit sebagai pajak karena ia menang undian.

Undian jadi diantar jika sang korban telah menyerahkan sejumlah tidak kecil uang. Setelah sang korban mentransfer uang, ternyata bonus undian yang diharapkan gak kunjung diterima.

Itulah salah satu bentuk penyalahgunaan pengembangan teknologi dalam bidang kriminalitas.

Kenakalan Remaja

Berdasarkan Fuad Hassan, kenakalan remaja adalah sebuah perbuatan antisosial yang dilakukan oleh para remaja yang apabila dilakuin oleh orang dewasa dikategorikan sebagai tindak kejahatan (crime).

Penanggulangan Disintegrasi

Adapun kebijakan yang diperlukan supaya memperkukuh upaya integrasi lokal adalah sebagai berikut :

  • Membangun dan menghidupkan terus komitmen, kesadaran dan kehendak utk bersatu.
  • Menciptakan kondisi yang mendukung komitmen, kesadaran kemudian kehendak untuk bersatu lalu membiasakan diri untuk kerap membangun konsensus.
  • Membangun kelembagaan (Pranata) yang berakarkan gede dan norma yang menyuburkan persatuan dan kesatuan bangsa.
  • Merumuskan kebijakan dan regulasi yang konkret, tegas kemudian tepat dalam aspek kehidupan dan pembangunan bangsa, yang mencerminkan keadilan bagi semuanya pihak, semua wilayah.
  • Cara bersama dan pembinaan integrasi nasional memerlukan kepemimpinan yang arif dan efektif.

 

Begitulah ulasan mengenai Pengertian, Macam – Macam Dan Cara Penanggulangan Disintegrasi Sosial 😀 Cukup Faham Sekarang ?? .. 😀

Pengertian, Macam – Macam Dan Cara Penanggulangan Disintegrasi Sosial