Pengertian, Manfaat Dan Prinsip Terciptanya Solidaritas Lengkap

Rate this post

DosenPendidikan.Com – Solidaritas banyak definisi atau pendapat dalam menerjemahkan kata solidaritas, ada yang mempunyai Ide/Gagasan dari kata solidaritas : Solidaritas dapat diartikan kesatuan kepentingan, simpati, dll, sebagai salah satu anggota dari kelas yang sama.

Solidaritas juga bisa didefinisikan : perasaan atau ungkapan dalam sebuah kelompok yang dibentuk oleh kepentingan bersama.

Solidaritas

Definisi Solidaritas Menurut KBBI

Solidaritas/so·li·da·ri·tas/ n sifat (perasaan) solider; sifat satu rasa (senasib dsb); perasaan setia kawan: — antara sesama anggota sangat diperlukan.

Dari Sumber : Wikipedia mendefiniskan Solidaritas, bahwa Solidaritas adalah integrasi, tingkat dan jenis integrasi, ditunjukkan oleh masyarakat atau kelompok dengan orang dan tetangga mereka Hal ini mengacu pada hubungan dalam masyarakat . hubungan sosial bahwa orang-orang mengikat satu sama lain. Istilah ini umumnya digunakan dalam sosiologi dan ilmu-ilmu sosial lainnya.

Jadi Solidaritas Juga Dapat Di Artikan Sebagai Berikut :

Solidaritas adalah rasa kebersamaan, rasa kesatuan kepentingan, rasa simpati, sebagai salah satu anggota dari kelas yang sama atau bisa di artikan perasaan atau ungkapan dalam sebuah kelompok yang dibentuk oleh kepentingan bersama.

Manfaat Solidaritas

Manfaat yang bisa kita ambil dari rasa solidaritas adalah saling membantu satu sama lain dan rasa peduli untuk teman-teman, biasanya sering di lingkungan kita adalah rasa solidaritas atau rasa kepedulian teman-teman, biasanya pertengkaran sering antara rekan-rekan dan dari Itu di mana kita bisa melihat ada atau tidak rasa solidaritas.

Banyak manfaat yang bisa kita ambil dari rasa solidaritas dan kepedulian terhadap orang lain berarti menunjukkan rasa penting nya solidaritas dalam kehidupan manusia di mana solidaritas dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga kekerabatan ke tetangga, teman, atau keluarga sehingga pas untuk menumbuhkan rasa solidaritas dalam diri kita sendiri dan menjaga yang tidak hilang kami juga harus mampu memanfaatkan arti sebenarnya dari solidaritas dengan kami.

Prinsip Solidaritas 

  • Terjaganya rasa persaudaraan dan pertemanan terhadap sesama;
  • Timbulnya rasa kepedulian terhadap teman dan keluarga;
  • Lebih peka terhadap lingkungan sekitar;
  • Terjalinnya kekompakan terhadap teman.

Faktor Pengaruh Solidaritas

Faktor lingkungan

Lingkungan di sekitar kita dapat mempengaruhi adanya rasa solidaritas seperti bagaimana cara kita bergaul dan berteman di dalam lingkungan

Faktor keluarga

Pendidikan yang di berikan di dalam keluarga sejak kecil dapat memberikan dampak bagi positiv setelah kita dewasa jadi pendidikan yang di berikan bagi anak-anak kita sangat berguna bagi perkembangan nya di kehidupan yang akan datang.

Sumber : Dikutip dari berbagai sumber

Ikuti Link Di Bawah Ini Juga Ya Untuk Artikel Kewarganegaraan Lainnya :

Demikian Pembahasan Tentang Pengertian, Manfaat Dan Prinsip Terciptanya Solidaritas Lengkap Semoga Bermanfaat Buat Para Sahabat Setia Dosenpendidikan.Com … 😀