Pengertian Manusia Sebagai Makhluk Individu Dan Makhluk Sosial

Pengertian Manusia Sebagai Makhluk Individu Dan Makhluk Sosial
1 (20%) 1 vote

DosenPendidikan.Com – Manusia atau orang dapat diartikan berbeda dalam hal istilah biologi, spiritual, dan budaya, atau campuran. Secara biologis, manusia diklasifikasikan sebagai Homo sapiens, sebuah spesies primata dari mamalia yang mencakup otak sangat mampu. Dalam hal kerohanian, mereka dijelaskan menggunakan konsep jiwa yang bervariasi di mana, dalam agama, dimengerti dalam hubungannya dengan kekuatan Tuhan atau makhluk hidup; dalam mitos, mereka juga seringkali dibandingkan dengan ras lain.

Manusia Sebagai Makhluk Individu Dan Makhluk Sosial

Manusia Sebagai Makhluk Individu Dan Makhluk Sosial : Source By Youtube

Dalam antropologi budaya, mereka dijelaskan berdasarkan penggunaan bahasa, organisasi mereka dalam masyarakat majemuk dan perkembangan teknologi, dan terutama oleh kemampuan mereka untuk membentuk kelompok dan lembaga untuk mendukung satu sama lain dan bantuan.

Klasifikasi manusia yang paling penting adalah berdasarkan jenis kelamin. Tentu, jenis kelamin anak yang baru lahir laki-laki atau perempuan. Anak-anak muda laki-laki dikenal sebagai laki-laki dan laki-laki dengan laki-laki. Orang-orang muda dan wanita yang dikenal sebagai anak perempuan dewasa sebagai seorang wanita.

Klasifikasi lain didasarkan pada usia, mulai dari janin, bayi, balita, anak-anak, remaja, pubertas, remaja / i, dewasa, dan (orang) tua.

Manusia Sebagai Makhluk Individu

Individu manusia adalah subyek dengan kondisi manusia. Hal ini terkait dengan lingkungan melalui indera mereka, dan dengan masyarakat melalui kepribadian mereka, jenis kelamin dan status sosial. Selama hidupnya, ia berhasil melalui tahap bayi, kanak-kanak, remaja, kematangan dan usia tua. Deklarasi universal hak asasi manusia diadakan untuk melindungi hak-hak setiap individu.

Hati Nurani Dan Kesadaran

Pengalaman subjektif individu berpusat di sekitar kesadarannya, kesadaran diri atau pikiran, sehingga persepsi eksistensinya sendiri, dan dari perjalanan waktu. Kesadaran menimbulkan persepsi kehendak bebas, meskipun beberapa percaya bahwa kehendak bebas sempurna adalah khayalan yang menyesatkan, dibatasi atau dilenyapkan oleh penentuan nasib atau sosial atau biologis.

Hati manusia diperluas ke luar kesadaran, mencakup aspek mental total, dan individu emosional. Ilmu psikologi untuk mempelajari hati manusia (jiwa), terutama alam bawah sadar (bawah sadar). Praktek psikoanalisis yang dirancang oleh Sigmund Freud mencoba mengangkat bagian dari alam bawah sadar.

Freud mengatur diri menjadi Ego manusia, Superego dan Id. Carl Gustav Jung memperkenalkan ketidaksadaran kolektif pikiran / sendi, dan pengindividuan proses, menuangkan keraguan keakuratan mendefinisikan individu ‘yang berarti’.

Emosi

Individu manusia terkenal emosi yang besar mempengaruhi keputusan dan perilaku mereka. Emosi yang menyenangkan seperti cinta atau konflik sukacita dengan emosi yang tidak menyenangkan seperti kebencian, kecemburuan, iri hati atau dendam.

Seksualitas

Seksualitas manusia, selain menjamin reproduksi, memiliki fungsi penting sosial, menciptakan ikatan / linkage, dan hirarki di antara individu. Hasrat seksual dialami sebagai sebuah dorongan / keinginan daging, sering disertai dengan emosi positif yang kuat (seperti cinta atau kegembiraan) dan negatif (seperti kecemburuan / iri atau kebencian).

Tubuh

penampilan fisik tubuh manusia adalah pusat kebudayaan dan seni. Dalam setiap kebudayaan manusia, orang suka mempercantik tubuh, dengan tato, kosmetik, pakaian, perhiasan atau ornamen yang sama. Gaya rambut juga memiliki pemahaman budaya yang penting. Kecantikan atau keburukan kesan kuat subjektif pada penampilan seseorang.

Kebutuhan individu makanan dan minuman teratur secara jelas tercermin dalam kebudayaan manusia (lihat juga ilmu makanan). Kegagalan untuk mendapatkan makanan secara teratur akan mengakibatkan kelaparan dan akhirnya kelaparan (lihat juga kekurangan gizi).

Waktu tidur rata-rata (nilai minimum) adalah 8 jam per hari untuk orang dewasa dan 10 jam untuk anak-anak. Orang tua biasanya tidur selama 6 jam. Hal ini umum, namun, dalam masyarakat modern bagi orang untuk mendapatkan tidur kurang dari yang mereka butuhkan.

Tubuh manusia terancam dengan penuaan dan penyakit. Obat adalah ilmu yang menelusuri metode tubuh dari perawatan kesehatan.

Kelahiran dan kematian

Kehidupan subjektif individu dimulai pada saat lahir, atau dalam tahap awal kehamilan, selama janin berkembang di dalam tubuh ibu. Maka kehidupan berakhir dengan kematian individu. Kelahiran dan kematian sebagai suatu peristiwa luar biasa yang membatasi kehidupan manusia, dapat memiliki pengaruh yang sangat besar atas individu.

Kesulitan saat melahirkan dapat mengakibatkan cedera dan kemungkinan kematian dapat menimbulkan rasa pikiran (tidak mudah) atau takut (lihat juga mengalami hampir mati). Pemakaman ciri-ciri umum dari masyarakat manusia, sering terinspirasi oleh keyakinan akan kehidupan sesudah kematian. Kebiasaan warisan atau pemujaan leluhur dapat memperluas kehadiran individu di luar rentang usia fisiknya.

Manusia Sebagai Makhluk Sosial

Masyarakat

Meskipun banyak spesies berprinsip sosial, membentuk kelompok berdasarkan ikatan / pertalian genetik, perlindungan diri, atau membagi koleksi makanan, dan distribusi, manusia dibedakan dengan segala macam, dan pluralitas adat istiadat yang mereka membentuk baik untuk kelangsungan hidup individu atau kelompok, dan untuk pelestarian dan pengembangan teknologi, pengetahuan, dan keyakinan.

Identitas kelompok, penerimaan, dan dukungan mungkin mendesak pengaruh yang kuat pada perilaku individu, tetapi manusia juga unik dalam kemampuannya untuk membentuk dan beradaptasi dengan kelompok baru.

Bahasa

Keterampilan berbicara merupakan elemen mendefinisikan umat manusia, mungkin mendahului pemisahan filogenetik dari populasi modern (lihat asal-usul bahasa). Bahasa adalah pusat dari komunikasi antar manusia. Kata Ibrani untuk “binatang” (behemah) berarti “bodoh”, menggambarkan manusia sebagai “binatang berbicara” (kepandaian berbicara hewan). Bahasa adalah pusat identitas sentuhan ‘khas’ berbagai budaya atau suku dan sering mengatakan memiliki status atau kekuatan gaib (lihat Sihir / Ajaib, Mantra, Vac).

Penemuan sistem menulis sekitar 5000 tahun yang lalu, yang memungkinkan pengabadian ucapan, merupakan langkah besar dalam evolusi budaya. Ilmu Linguistik (linguistik) menjelaskan struktur bahasa, dan keterkaitan antara bahasa yang berbeda. Ada sekitar 6.000 bahasa yang dituturkan oleh manusia saat ini. Manusia yang tidak memiliki kemampuan untuk berkomunikasi melalui pidato, umumnya Converse menggunakan bahasa isyarat.

Agama

Dalam setiap kebudayaan manusia, spiritualitas dan ritual mendapat ekspresi dalam beberapa bentuk. Unsur-unsur ini dapat menggabungkan pengalaman pribadi yang penting dengan pengalaman unifikasi, dan komunal, sering membangkitkan emosi yang kuat, dan bahkan kegembiraan. Kekuatan mengikat kuat dari pengalaman tertentu kadang-kadang dapat menyebabkan kefanatikan atau agresi manusia yang tidak termasuk dalam kelompok agamanya, sehingga split atau bahkan perang.

Teokrasi adalah masyarakat yang didominasi dibentuk oleh agama, diperintah oleh pemimpin suci atau oleh seorang pemimpin agama. Agama juga dapat bertindak sebagai sarana distribusi, dan pengaruh norma-norma budaya dunia, dan perilaku yang wajar oleh manusia.

Keluarga dan Teman-teman Sepergaulan

Individu manusia terbiasa untuk tumbuh menjadi pelengkap yang kuat-berpikiran untuk kelompok kecil, umumnya termasuk segera biologis keluarga, ibu, ayah dan saudara kandung.

Sebagai pelengkap semangat yang kuat serupa dapat bingung dengan sekelompok kecil yang sama, bahwa seorang teman yang sama usia sepergaulan individu, umumnya berukuran antara sepuluh sampai dua puluh orang, mungkin berkaitan dengan ukuran optimal untuk gerombolan pemburu. Dinamika kelompok dan tekanan teman sebaya dapat mempengaruhi perilaku anggotanya.

Seorang individu akan mengembangkan rasa yang kuat kesetiaan kepada kelompok tertentu. Perilaku manusia yang wajar, termasuk frekuensi hubungan sosial, yang dinyatakan dalam obrolan / percakapan, menari, menyanyi atau cerita (dikenal sebagai ventilasi).

Suku, Bangsa dan Negara

Kelompok yang lebih besar dari orang dapat disatukan dengan gagasan kesamaan nenek moyang (ras, etnis) atau dalam fokus umum atau budaya material (bangsa atau negara), sering dibagi lagi sesuai dengan struktur kelas sosial dan hirarki. Suku dapat terdiri dari beberapa ratus individu, sementara negara modern terbesar berisi lebih dari satu miliar.

Konflik kekerasan antara kelompok-kelompok besar yang disebut perang. Loyalitas / pengabdian kepada sebuah kelompok besar disebut nasionalisme atau patriotisme. Dalam ekstrim, perasaan pengabdian kepada lembaga atau otoritas untuk mencapai ekstrem patologi, yang mengakibatkan histeria massa (gangguan saraf) atau fasisme.

Antropologi budaya menjelaskan masyarakat manusia yang berbeda, dan sejarah mencatat interaksi mereka berikut kesuksesan yang dialami. Organisasi dan pemerintah dijelaskan oleh bentuk modern Ilmu Politik dan Ekonomi.

Budaya dan Peradaban

Peradaban adalah sebuah masyarakat yang telah mencapai tingkat kerumitan tertentu, umumnya termasuk pemerintah kota dan berlembaga, agama, ilmu pengetahuan, sastra dan filsafat. Perkotaan awal dunia ditemukan di dekat rute perdagangan penting sekitar 10.000 tahun yang lalu (Jericho, Çatalhöyük).

Budaya manusia dan ekspresi seni mendahului peradaban, dan dapat ditelusuri ke palaeolithik (lukisan gua, patung Venus, tembikar / gerabah). Kemajuan pertanian memungkinkan transisi dari pemburu dan pengumpul publik atau nomaden menjadi pemukiman menetap sejak 9 milenium SM. Hewan domestikasi menjadi bagian penting dari kebudayaan manusia (anjing, domba, kambing, sapi). Dalam sejarah masa lalu dari ilmu pengetahuan dan teknologi telah berkembang bahkan lebih cepat.

Ikuti Link Di Bawah Ini Juga Ya Untuk Artikel Kewarganegaraan Lainnya :

Demikian Pembahasan Tentang Pengertian Manusia Sebagai Makhluk Individu Dan Makhluk Sosial Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca DosenPendidikan.Com Aminnn … 😀