E-Commerce

Pengertian, Model Dan Kunci Sukses Membangun E-Commerce

Posted on
Pengertian, Model Dan Kunci Sukses Membangun E-Commerce
5 (100%) 1 vote

DosenPendidikan.Com – Electronic commerce (Perdagan Elektronik) adalah pembayaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem yang modern yaitu elektronik seperti pada internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer elektronik dana, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

E-Commerce

Saat ini Industri teknologi informasi semakin berkembang dapat kita lihat pada kegiatan e-commerce sebagai aplikasi dan penerapan e-bisnis yang berkenaan dengan transaksi komersial, seperti transfer biaya elektronik, SCM (supply chain management), pemasaran elektronik (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (proses transaksi online), pertukaran data elektronik (electronic data interchange / EDI), dll

E-commerce merupakan bagian dari e-bisnis, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya perdagangan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, layanan pelanggan, dll. Selain teknologi jaringan www, e-commerce juga memerlukan database atau database teknologi (basis data), surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non-komputer serta sistem pengiriman, dan alat-alat untuk pembayaran e-commerce ini.

Sejarah dan Perkembangan E-Commerce

E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 ketika pertama banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di web-halaman (website). Menurut Forrester Research, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan senilai US $ 12,2 miliar pada tahun 2003. Menurut laporan lain pada bulan Oktober 2006, pendapatan ritel online non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar AS pada 2011.

Istilah “perdagangan elektronik” telah berubah dari waktu ke waktu. Awalnya, perdagangan elektronik berarti pemanfaatan transaksi komersial, seperti penggunaan EDI untuk mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian atau invoice secara elektronik.

Kemudian dia berkembang menjadi suatu kegiatan yang memiliki istilah yang lebih tepat “perdagangan web” – pembelian barang dan jasa melalui World Wide Web melalui server aman (HTTPS), protokol server khusus yang menggunakan enkripsi untuk menjaga pelanggan data penting.

Awalnya ketika web mulai terkenal di masyarakat pada 1994, banyak jurnalis memperkirakan bahwa e-commerce akan menjadi sektor ekonomi baru. Namun, protokol hanya sekitar empat tahun kemudian aman seperti HTTPS memasuki tahap matang dan banyak digunakan. Antara 1998 dan 2000 banyak bisnis di AS dan Eropa mengembangkan situs web perdagangan ini.

Model E-Commerce di Indonesia

Iklan baris, merupakan salah satu bentuk e-commerce yang relatif sederhana, dapat dianggap sebagai evolusi iklan baris biasanya ditemukan di surat kabar ke dunia online. Penjual yang menggunakan media sosial atau forum untuk mengiklankan, biasanya tidak bisa langsung menyelesaikan transaksi di situs yang relevan. Namun, penjual dan pembeli harus berkomunikasi secara langsung untuk bertransaksi. Contoh iklan baris: OLX.co.id (sebelumnya Tokobagus), perdagangan, dan FJB Kaskus-.

Ritel, adalah jenis e-commerce di mana semua proses jual beli dilakukan melalui sistem yang telah diterapkan oleh situs-situs ritel yang relevan. Oleh karena itu, kegiatan membeli dan menjual secara eceran relatif aman, tetapi biasanya pilihan produk yang tersedia tidak terlalu banyak, atau hanya fokus pada satu atau dua kategori produk. Contoh eceran: Berrybenzka, Zalora, dan Lazada.

Marketplace, dapat dianggap sebagai penyedia jasa mal online, tapi menjual yang tidak website penyedia, tetapi anggota yang mendaftar untuk menjual di website pasar yang bersangkutan. Marketplace umumnya memberikan lapisan tambahan keamanan untuk setiap transaksi, seperti sistem pembayaran escrow atau lebih dikenal sebagai rekening bersama.

Jadi setiap transaksi dalam sistem pasar, pasar akan menjadi pihak ketiga yang menerima pembayaran dan tetap sampai produk telah disampaikan oleh penjual dan diterima oleh pembeli. Setelah proses pengajuan selesai, maka pembayaran diteruskan kepada penjual.

Kunci Sukses di E-Commerce

Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk, tetapi dengan tim manajemen yang handal, pengiriman tepat waktu, pelayanan yang baik, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, situs web desain yang baik, beberapa faktor termasuk :

  • Memberikan harga yang kompetitif
  • Memberikan layanan pembelian responsif, cepat, dan ramah.
  • Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
  • Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran khusus, dan diskon.
  • Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
  • Memberikan rasa komunitas untuk diskusi, umpan balik dari pelanggan, dan lain-lain.
  • Memfasilitasi kegiatan perdagangan.

Masalah E-Commerce

  • Penipuan oleh pencurian identitas dan membohongi pelanggan.
  • Hukum kurang berkembang dalam bidang e-commerce.

Aplikasi Bisnis E-commerce

Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah :

  • E-mail dan Messaging
  • Sistem Manajemen Konten
  • Dokumen, spreadsheet, database
  • Akuntansi dan sistem keuangan
  • Informasi pengiriman dan pemesanan
  • Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
  • Sistem pembayaran domestik dan internasional
  • Newsgroup
  • Belanja online
  • Conferencing
  • Online Banking / Internet Banking
  • Produk digital / Non Digital
  • SEO secara online

Perusahaan E-commerce  Yang Sudah Terkenal

  • Perusahaan terkenal di bidang ini meliputi, eBay, Amazon.com, dan PayPal.

Kesesuaian Barang

Ada beberapa item yang sesuai dijual elektronik kecil seperti barang elektronik, musik, software, fotografi, dll Barang yang tidak cocok sebagai barang yang memiliki rasio berat dan harga murah, barang-barang yang perlu berbau, diadakan, dicicip, dan lain-lain .

Sebagian Di Sunting Dar Sumber : wikipedia.org

Demikian Pembahasan Tentang Pengertian, Model Dan Kunci Sukses Membangun E-Commerce Semoga Bermanfaat Buat Para Sahabat Setia Dosenpendidikan.Com … 😀

loading...