Pengertian Panca Usaha Tani Beserta Bagiannya

Pengertian Panca Usaha Tani Beserta Bagiannya

Posted on

DosenPendidikan.Com – Panca usaha tani merupakan suatu upaya dalam meningkatkan sebuah produktivitas lahan yang meliputi pengolahan lahan, pengairan “irigasi”, cara pemupukan, pemberantasan hama dan penyakit, serta tekni dalam penanaman “pemakian bibit unggul”.

Pengertian Panca Usaha Tani Beserta Bagiannya

Bagian Panca Usaha Tani

Ada beberapa usaha panca usaha tani yang diantaranya yaitu:

Dalam Penggunaan Bibit Unggul

Dalam hal ini benih unggul merupakan benih yang telah dipilih dan dipilah supaya dapat menghasilkan kwalitas yang baik dan tahan hama penyakit dan gangguan lainnya. Dalam penggunaan bibit unggul merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan produksinya.

Dalam Pengolahan Tanah Yang Baik

Untuk tanah yang baik ialah tanah yang mapu menyediakan unsur-unsur hara secara lengkap. Selain itu harus mengandung zat organik dan anorganik, air dan udara, yang tidak kalah penting ialah dalam pengolahan tanah yang bertujuan memperbaiki struktur tanah.

Tanah yang gembur akibat dalam pengolahan memiliki rongga-rongga yang cukup untuk menyimpan air dan udara. Untuk kondisi ini juga sangat menguntungkan bagi mikrorganisme tanah yang berperan dalam proses dekomposisi mineral dan zat organik tanah.

Pemupukan Yang Tepat

Dalam pemupukan bertujuan untuk menggantikan hara yang hilang terbawa panen, volatilisasi, pencucian, fiksasi dan sebagainya. Dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan petani

Dan daya saing usaha tani produk pertanian serta sejalan dengan berbagai isu lingkungan dan pertanian berkelanjutan berbasis sumber daya, makin mendorong perlunya rekomendasi teknologi spesifik lokasi terutama pupuk.

Pengendalian Hama Dan Penyakit

Untuk pengendalian hama dapat dilakukan dengan beberapa cara yakni mekanis, pengaturan sanitasi lingkungan atau ekologi dan kimiawi. Dalam pengendalian hama secara mekanis dilakukan dengan cara menangkap langsung hama yang ada. Pengendalian mekanis dilakukan apabila populasi hama sedikit. Bila populasinya banyak, sebaiknya digunakan dengan cara lain karena tidak efesien dalam hal waktu maupun tenaga kerja. Untuk pengendalian lainnya ialah dengan pengaturan sanitasi lingkungan, sanitasi yang baik dan terjaga dapat mengurangi kemungkinan hama yang menyerang.

Untuk pengendalian secara kimiawi pun bisa dijadikan pilihan apabila cara lain tidak mungkin dilakukan atau tidak dapat mengatasi hama. Artinya, bisa dilakukan cara mekanis atau sanitasi lingkungan tetap saja hama menyerang tanaman maka cara kimia pun digunakan. Di pasaran sudah banyak dijual berbagai merek dan jenis pestisida untuk mengatasi hama anggrek. Untuk hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan pestisida ialah dengan dosis dan cara pemakiannya. Apabila dosis dan cara pemakaian salah, maka akan terjadi kerusakan pada komoditas pertanian maupun gangguan kesehatan manusia. Dalam penggunaan pestisida relatif lebih praktis dan cepat cara kerjanya. Namun demikian, biaya yang diperlukan lebih besar dibandingkan cara mekanis maupun sanitasi lingkungan.

Sistem Pengairan Atau Irigasi

Irigasi merupakan usaha dalam penyediaan dan pengaturan air untuk menunjang pertanian, yang jenisnya meliputi irigasi air permukaan, irigasi air bawah tanah, irigasi pompa dan irigasi tambak.

Menurut Rismunandar “1993” menjelaskan bahwa yang disebut dengan irigasi ialah usaha pengendalian, penyaluran dan pembagian air yang benar-benar diatur oleh manusia dan air benar-benar tunduk kepada manusia. Dan manfaat irigasi air tanah sebagai sumber air pertanian bagi petani pemakai air tanah, bagaimana mekanisme dan kontribusi pembayaran irigasi air tanah oleh petani pemakai air tanah.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Panca Usaha Tani Beserta Bagiannya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: