Pengertian Paragraf Argumentasi Menurut Ahli Bahasa

Bahasa Indonesia dudung

Pengertian Paragraf Argumentasi Menurut Ahli Bahasa – Argumentasi adalah salah satu jenis pengembangan dalam menulis paragraf ditulis dengan tujuan untuk meyakinkan atau membujuk pembaca. Dalam menulis paragraf argumentasi isi berupa penjelasan, bukti, alasan, dan obyektif yang termasuk : contoh, analogi, dan sebab-akibat.

Tujuannya adalah untuk membuat pembaca percaya bahwa ide, gagasan atau pendapat yang benar dan terbukti.

Paragraf Argumentasi

Paragraf Argumentasi

Contoh Paragraf Argumentasi

Menurut Iskandar, sudah saatnya masyarakat mengubah paradigma yang tidak banyak bicara lulusan SMP masuk SMA. Jika lebih berbakat dalam profesi harus memilih jalur kejuruan. Dia mengingatkan beberapa risiko bagi lulusan SMP yang bersekolah sembarangan. Misalnya, lulusan SMP yang tidak memiliki bakat minat potensi untuk jalur akademis ke perguruan tinggi, tapi memaksa diri untuk masuk SMA, dia tidak akan lulus ujian karena sulit mengikuti pelajaran di sekolah tinggi. Tanpa lulus ujian mustahil untuk pergi ke perguruan tinggi. Pada akhirnya mereka akan menjadi pengangguran.

www.dosenpendidikan.com/ Kesimpulan dari paragraf ini adalah untuk memilih sekolah tinggi tanpa pertimbangan hanya akan menambah pengangguran.

Dilihat dari struktur informasi, dalam karangan argumen akan ditemukan:

  • Pendahuluan, bertujuan untuk menarik perhatian pembaca, memusatkan perhatian pembaca kepada argumen yang akan disampaikan, atau menunjukkan dasar-dasar mengapa argumentasi dikemukakan.
  • Tubuh Argumen , bertujuan untuk membuktikan kebenaran yang akan disampaikan dalam karangan argumen bahwa kesimpulan yang dicapai juga benar. Kebenaran yang disajikan dalam tubuh argumen harus dianalisa, terorganisir, dan disajikan dengan menyelenggarakan observasi, eksperimen, membuat fakta-fakta dan cara berpikir logis.
  • Kesimpulan atau ringkasan, bertujuan untuk membuktikan kepada pembaca bahwa kebenaran yang ingin disampaikan melalui proses penalaran dapat diterima sebagai sesuatu yang logis.

Contoh

Dua tahun terakhir, sejak Boeing B-737 maskapai Aloha Airlines celaka, isu itu mencuat ke permukaan pesawat. Hal ini dapat dimengerti karena pesawatnya robek sepanjang 4 meter telah beroperasi lebih dari 19 tahun. Oleh karena itu, cukup masuk akal jika orang menjadi cemas terbang dengan pesawat yang usianya tua. Di Indonesia dari 60% pesawat yang beroperasi adalah pesawat tua.

Demikian Ulasan Tentnag Pengertian Paragraf Argumentasi Menurut Ahli Bahasa Semoga Bermanfaat Buat Para Sahabat Setia Dosenpendidikan.Com 😀

Most popular articles related to Pengertian Paragraf Argumentasi Menurut Ahli Bahasa
Shares