Pengertian Pasar Menurut Para Ahli Beserta Jenis-Jenisnya

Pengertian Pasar Menurut Para Ahli Beserta Jenis-Jenisnya

Posted on

DosenPendidikan.Com – Dalam pengertian sempit untuk hal demikian ini pasar dapat didefinisikan sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli yang saling melakukan transaksi jual beli. Di dalam pasarlah kegiatan transaksi tawar menawar maupun jual beli terjadi. Adapun pengertian pasar menurut para ahli, untuk lebih jelasnya simak saja ulasan dibawah ini.

Pengertian Pasar Menurut Para Ahli

Beberapa pengertian pasar menurut para ahli yang diantaranya yaitu:

Menurut Kotler Dan Amstrong “1999”

Yang mendefinisikan pasar merupakan seperangkat pembeli aktual dan potensial dari sebuah produk atau jasa. Ukuran dari pasar sendiri tergantung pada jumlah orang yang menunjukan kebutuhan, memiliki kemampuan dalam pertukaran.

Banyak pemasar memandang penjual sebagai industri dan pembeli sebagai pasar, dimana penjual mengirimkan produk dan jasa yang mereka produksi dan mengkomunikasikan atau menyampaikannya kepada pasar; sebagai gantinya, mereka akan menerima uang dan informasi dari pasar “Kotler dan Amstrong, 1999”.

Menurut Kotler, 2002

Pasar merupakan suatu tempat fisik dimana pembeli dan penjual berkumpul untuk mempertukarkan barang dan jasa.

Menurut W.Y. Stanton

Mendefinisikan apa itu pasatr yaitu tempat yang bertujuan untuk merencanakan, menentukan, mempromosikan, serta mendistribusikan barang dan jasa, dalam hal ini beliau mengedepankan kepuasan pembeli.

Menurut Philip & Duncanadan

Pendapat didukung 1005 oleh Philip & Duncanadan yang mendefinisikan sebuah pasar sebagai sesuatu yang digunakan untuk menempatkan barang yang dibutuhkan oleh konsumen. Sehingga kedua pendapat dari W.Y. Stanton dan Philips & Duncanadan menyakini bahwa pasar ialah tempat untuk meletakkan barang-barang untuk dibeli konsumen.

Menurut H. Nystrom

Pasar merupakan suatu tempat tertentu yang digunakan sebagai tempat penyaluran barang dan jasa dari tangan produsen ke konsumen. Dengan kata lain bahwa pasar merupakan tempat transaksi barang dan jasa antara produsen dan konsumen.

Menurut William J. Stanton

Menyatakan bahwa pasar merupakan tempat dimana terdapat segerombol orang yang ingin membelanjakan uangnya, atau dapat dikatakan bahwa pasar ialah tempat untuk kegiatan jula beli dengan alat pertukaran “uang”.

Menurut Asosiasi Pemasaran Amerika Serikat Atau Amerika Marketing Association

Merupakan suatu tempat pelaksanaan kegiatan usaha perdagangan yang kemudian di arahkan secara khusus untuk barang dan jasa dari produsen ke konsumen.

Menurut Handri Ma’aruf “2005”

Menurutnya pasar memiliki tiga pengertian yaitu:

  • Pasar dalam arti “tempat” yaitu tempat bertemunya para penjual atau produsen dengan pembeli atau konsumen.
  • Pasar dalam arti “interaksi permintaan dan penawaran” yaitu pasar sebagai tempat terjadinya transaksi jual beli.
  • Pasar dalam arti “sekelompok anggota masyarakat yang memiliki kebutuhan dan daya beli”, pengertian ini merujuk pada dua hal yaitu kebutuhan dan daya beli. Jadi pasar ialah orang-orang yang menginginkan sesuatu barang atau jasa dan memiliki kemampuan untuk membeli.

Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia”

Dalam hal ini ada beberapa antaranya yaitu:

  • Tempat orang berjual beli, pekan, tempat berjual beli yang diadakan oleh perkumpulan dan sebagainya dengan maksud mencari derma.
  • Tempat berbagai pertunjukan yang diadakan malam hari untuk beberapa hari lamanya.

Jenis-Jenis Pasar

Adapun pasar menurut luas jangkauannya yang diantaranya yaitu:

Pasar Daerah

Pasar daerah membeli dan menjual produk dalam satu daerah produk itu dihasilkan, bisa juga dikatakan pasar daerah melayani permintaan dan penawaran dalam satu daerah.

Pasar Lokal

Pasar lokal ialah pasar yang membeli dan menjual produk dalam satu kota tempat produk itu dihasilkan, bisa juga dikatakan pasar lokal melayani permintaan dan penawaran dalam satu kota.

Pasar Nasional

Pasar nasional merupakan pasar yang membeli dan menjual produk dalam satu negara tempat produk itu dihasilka, bisa juga dikatakan pasar nasional melayani permintaan dan penjualan dari dalam negeri.

Pasar Internasional

Pasar internasional ialah pasar yang membeli dan menjual produk dari beberapa negara, bisa juga dikatakan luas jangkuannya di seluruh dunia.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Pasar Menurut Para Ahli Beserta Jenis-Jenisnya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: