Pengertian, Pemanfaatan Sumber Daya Laut Beserta Contohnya

Geografi hisam sam

DosenPendidikan.Com – Lingkungan laut merupakan salah satu sumber daya alam yang besar dibumi yang mengandung berbagai hal-hal yag besar dimana bisa dimanfaatkan manusia untuk dikumpulkan, dipanen dan ditambang. Hal ini meliputi makanan yang bersumber dari laut, berbagai mineral dan produk minyak bumi dari berbagai sember.

rumpul laut

Jumlah rupiah dalam sumber daya yang diambil dari laut ialah ratusan miliar per tahun, namun kita bahkan belum mulai memanfaatkan beberapa sumber daya ada dilautan. Sejak awal peradaban, laut telah digunakan dalam tiga cara utama yaitu :

  • Untuk transportasi
  • Untuk kekuatan militer
  • Dan sebagai sumber makanan

Sejak revolusi industri, dasar ini telah diperluas dan sekarang termasuk minyak bumi, mineral dan energi.

Pengertian Sumber Daya Laut

Sumber daya laut merupakan sumber daya yang meliputi, ruang lingkup yang luas yang mencankup kehidupan laut ( flora dan fauna, mulai dari organisme mikroskopis hingga paus pembunuh dan habitat laut ) mulai dari perairan dalam sampai ke daerah pasang surut dipantai dataran tinggi dan daerah muara yang luas. Berbagai orang memanfaatkan dan berinteraksi dengan lingkungan laut mulai dari pelaut, nelayan komersial, pemanen kerang, ilmuwan dan lain-lain. Dan digunakan untuk berbagai kegiatan baik rekreasi, penelitian, industri dan kegiatan lain yang bersifat komersial.

Pemanfaatan Sumber Daya Laut

Laut juga termasuk yang banyak sekali memiliki berbagai sumber yang bisa digunakan atau dimanfaatkan bagi manusia yang diantaranya seperti sebagai sumber mineral dan sumber daya nabati.

Sebagai Sumber Mineral

  • Garam untuk dapat digunakan untuk keperluan seperti bahan masakan.
  • Karbonat diambil dari sebangsa lumut ( potash )
  • Fosfat berasal dari tulang-tulang ikan dan kotoran burung yang makanannya ikan bisa dimanfaatkan untuk pupuk.
  • Sumber minyak dilepas pantai bisa ditemukan dilaut Jawa, Sumatera, Malaka. Laut Sulawesi dan Laut Cina Selatan.

Sebagai Sumber Daya Nabati

  • Rumput laut yang dibudidayakan di wilayah lautan dangkal bisa digunakan untuk bahan pembuatan agar-agar.
  • Tumbuhan laut untuk makanan ikan, yaitu plankton, nekton, phytoplankton dan benthos. Kehidupan didalam laut ternyata tidak banyak berbeda dengan keadaan didarat, dilaut juga terdapat makhluk hidup yang terdiri atas tumbuhan laut dan hewan laut.

Kehidupan Di Dalam Laut

Kehidupan laut dapat dibedakan menjadi tiga golongan yaitu plankton, nekton dan benthos.

Plankton

Plankton ialah gabungan dari jasad-jasad hewan dan tumbuhan bersel satu. Plankton tidak dapat bergerak sendiri, tetapi hidup dengan mengapung dipermukaan atau dekat permukaan air laut maka termasuk golongan pelagis pasif.

  • Mikroplankton terdiri atas : radiolaria ( binatang ) dan diatome ( tumbuhan-tumbuhan ) yang memiliki rangka S102, Dan Foraminifera ( binatang ) yang memiliki rangka CaC03.
  • Phytoplankton
    Phytoplankton ialah plankton jenis tumbuh-tumbuhan yang hidup pada kedalam tidak lebih dari 100 m, sehubungan dengan kebutuhan akan sinar matahari untuk proses fotosintesis.

Nekton

Nekton ialah gabungan dari binatang-binatang yang dapat berenang terutama binatang laut. Nekton termasuk golongan pelagis yang bergerak secara aktif. Contohnya : ikan, cumi-cumi, gurita dan lain-lain.

Benthos

Benthos ialah organisme laut yang hidupnya terikat didasar laut. Dari golongan ini ada yang hidup merangkak pada dasar laut. Contohnya : cacing laut, tiram, remis. Tetapi ada juga yang menempel pada dasar laut contohnya : rumpul laut, ganggang dan bunga karang.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian, Pemanfaatan Sumber Daya Laut Beserta Contohnya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Most popular articles related to Pengertian, Pemanfaatan Sumber Daya Laut Beserta Contohnya
Shares