Pengertian, Penyebab, Dampak Negatif, Dan Penyebab Pencemaran Tanah

Pengertian, Penyebab, Dampak Negatif, Dan Penyebab Pencemaran Tanah

Posted on

DosenPendidikan.Com – Pencemaran tanah adalah keadaan pada mana bahan kimia buatan manusia masuk dan mengubah lingkungan tanah alami. Pencemaran ini biasanya terjadi sebab: kebocoran limbah cair / bahan kimia industri / fasilitas komersial; penggunaan pestisida; masuknya air permukaan tanah tercemar ke dalam lapisan sub-permukaan; kecelakaan kendaraaan pengangkut minyak, zat kimia, ataupun limbah; air limbah untuk tempat penimbunan sampah dan limbah industri yang spontan dibuang ke tanah sebagaiselaku, ala, menurut, tidak memenuhi syarat (illegal dumping).

Pengertian, Penyebab, Dampak Negatif, Dan Penyebab Pencemaran Tanah

Ketika suatu zat berbahaya/beracun telah mencemari permukaan tanah, maka ia meraih menguap, tersapu air hujan dan atau masuk ke dalam tanah. Pencemaran yang masuk ke dalam tanah kemudian terendap sebagai zat kimia beracun di tanah. Zat beracun di tanah tersebut dapat berdampak spontan kepada manusia ketika bersentuhan atau dapat mencemari surroundings tanah dan udara pada atasnya.

Penyebab Pencemaran Tanah

Sebagian luas pencemaran tanah dikarenakan kebocoran bahan kimia, Pemakaian pestisida pada lahan pertanian, masuknya bahan kimia ke dalam permukaan tanah, adanya kecelakaan kendaraan pengangkut minyak yang masuk ke dalam tanah juga bisa menimbulkan pencemaran tanah.

Limbah industri yang mampu mengakibatkan pencemaran tanah biasanya bermula dari pabrik, manufaktur, industri kecil, industri besar kemudian industri perumahan. Limbah yang dihasilkan ini bisa berupa limbah cair dan jua limbah padat. Adapun keterangan lebih detailnya adalah sebagai berikut ini :

Limbah Organic

Limbah organic merupakan limbah yang lebih ramah dibandingkan dengan limbah anorganik. Situasi ini terjadi karena limbah organic and natural mampu diuraikan balik oleh mikroorganisme di pada tanah sehingga tidak setelah berbahaya bagi tanah tersebut sendiri. Jenis limbah di sini. misalnya saja tinja / feses, oli, cat, sampah rumah tangga yang yang tumbuhan.

Limbah Anorganik

Limbah anorganik ini ialah jenis limbah yang gak mampu mengalami penguraian yang dilakukan oleh mikroorganisme lain seperti jamur dan bakteri. Contoh dari limbah anorganik ini misalnya adalah limbah kantong plastic, kaleng bekas, botol minuman, bekas botol air mineral dan sebagainya.

Limbah anorganik ini memerlukan tindakan pembuangan yang wajib diatur sedemikian rupa agar tidak membuat kerugian di dalam tanah dan juga makhluk hidup lainnya karena tanah menjadi tercemar oleh hadirnya limbah ini.

Limbah Industri

Limbah industri di sini. bisa berasal dari limbah indsutri kecil dari perumahan atau limbah industri tidak kecil berskala pabrik. Limbah di sini. bisa juga berasal yang dunia usaha hotel, griya makan, pasar, perdagangan, lingkungan wisata, instansi pemerintah lalu swasta, dan lainnya. limbah yang dihasilkan bisa berupa limbah padat maupun cair dan organic and natural maupun anorganik.

Limbah Pertanian

Limbah dri hasil pertanian ini jua mampu menyebabkan pencemaran tanah. misalnya saja adalah dengan penggunaan pupuk atau pestisida pada pertanian sehingga mengakibatkan tanah menjadi tercemar. Andai penggunaan pestisida dan pupuk ini sudah melebihi penentu wajarnya maka akan mengakibatkan hal yang tidak diinginkan termasuk rusaknya hasil tanaman dan juga hasil tanaman yang tidak optimal pula.

Ciri – Ciri Dari Tanah Yang Tercemar :

  • Tanah yang telah hilang kesuburannya
  • Ph tanah yang sudah tidak seimbang lagi bisa dibawah six atau pada golongan tanah asam serta terlalu gede ph tadinya 8 hingga tanah tersebut menjadi basa
  • Tanah mengeluarkan bau busuk
  • Tanah kering
  • Tanah yang mengandung berbagai kandungan logam berat di dalamnya
  • Tanah yang mengandung berbagai sampah anorganik di dalamnya
  • Tanah Tidak Tercemar

Dampak Pencemaran Tanah

Setelah mengetahui penyebab dari pencemara tanah lain anda juga perlu bagi mengetahui apa saja dampak dari pencemaran tanah. muncul beberapa bentuk dari dampak pencemaran tanah, diantaranya merupakan berikut ini:

Dampak Bagi Kesehatan

Adanya pencemaran tanah sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Seberapa besar dampak ini pada kesehatan tiada lain juga sangat tergantung dalam jenis polutan serta seberapa sering dan banyak polutan yang terpapar ke di tubuh. semakin banyak kemudian sering polutan masuk ke dalam tubuh maka dampak penyakit yang akan dialami juga akan semakin lebih besar dan juga sebaliknya.

Dampak Pada Ekosistem

Dampak sebagainya yang timbul dari hadirnya pencemaran tanah ini merupakan dampak pada ekosistem yang telah ada. Tanah ialah bahan yang sangat very sensitive dan sangat mudah mendapatkan perubahan kandungan kimiawi kemudian struktur di dalamnya sekalipun itu hanya sedikit juga jumlah dari zat kimia yang masuk ke di tanah.

Perubahan kandungan kimia di dalam tanah di sini. akan mengakibatkan perubahan metabolisme pada organism yang hidup di dalam tanah. gara-gara dari hal ini tidaklah sepele yaitu bisa menyebabkan adanya putusnya rantai makanan.

Rantai makanan primer andai sudah terkontaminasi oleh pencemaran juga akan mempengaruhi rantai makanan yang ada pada atasnya sehingga ini sanggup memunsnahkan rantai makanan. Umpama saja pengaruh zat DDT pada tanah yang dalam atasnya ditumbuhi oleh tanaman yang menjadi makanan burung maka telur dari burung tersebut akan menjadi rawan pecah.

Selain itu dengan adanya pencemaran tanah di sini. juga dapat menimbulkan zat kimia masuk ke di air tanah sehingga meracik berbagai jenis tumbuhan tetao sulit tumbuh di atasnya. Kesuburan tanah pun jadi menghilang dan ini jadi sangat berbahaya bagi kehidupan makhluk hidup di bumi ini.

Dampak Pada Pertanian

Dampak pencemaran tanah di dalam pertanian akan dapat terlihat jelas terutama pada perubahan metabolisme tanaman dan hasilnya dapat terlihat langsung untuk adanya penurunan hasil pertanian itu sendiri.

Pencemaran tanah ini juga akan mengakibatkan tumbuhan tidak dapat berkembang dengan optimal sehingga tanah juga menjadi rawan mendapatkan erosi tanah karena gak ada penahannya lagi.

Andai tanah mengalami pencemaran pada jangka waktu yang suram maka bisa menyebabkan tanah tercemar secara permanen hingga tidak bisa digunakan juga sebagai lahan pertanian.

Bagi itu sebaiknya para petani untuk tidak menggunakan petunjuk kimia seperti pupuk serta pestisida dalam jumlah yang berlebihan pada tanamannya sebab ternyata bukan hanya membunuh hama namun juga meracik pencemaran di dalam tanah.

Penanganan

Remediasi

Remediasi adalah pekerjaan untuk membersihkan permukaan tanah yang tercemar. Ada 2 jenis remediasi tanah, adalah in-situ (atau on-site) serta ex-situ (atau off-site). Pembersihan on-site adalah pembersihan dalam lokasi. Pembersihan ini berlimpah murah dan lebih mulus, terdiri dari pembersihan, air flow (injeksi), dan bioremediasi.

Pembersihan off-site meliputi penggalian tanah yang tercemar dan lain dibawa ke daerah yang aman. Setelah itu dalam daerah aman, tanah ini dibersihkan dari zat pencemar. Caranya yaitu, tanah ini disimpan di bak/tanki yang kedap, kemudian zat pembersih dipompakan ke bak/tangki ini.

Selanjutnya zat pencemar dipompakan keluar dari bak yang kemudian diolah dengan instalasi pengolah air limbah. Pembersihan off-site ini jauh ekstra mahal dan rumit.

Bioremediasi

Bioremediasi adalah proses pembersihan pencemaran tanah dengan memakai mikroorganisme (jamur, bakteri). Bioremediasi bertujuan untuk memecah ataupun mendegradasi zat pencemar jadi bahan yang kurang beracun atau tidak beracun (karbon dioksida dan air).

Berdasarkan Doctor Anton Muhibuddin, salah satu mikroorganisme yang berfungsi sebagai bioremediasi adalah jamur vesikular arbuskular mikoriza (vam).

Jamur vam dapat berperan langsung maupun tidak segera dalam remediasi tanah. Berperan langsung, karena kemampuannya menyerap unsur logam dari pada tanah dan berperan bukan langsung karena menstimulir pertumbuhan mikroorganisme bioremediasi lain misalnya bakteri tertentu, jamur serta sebagainya.

Tanah merupakan salah satu sumber kehidupan 😀 Untuk itu masri kita jaga kelestarian tanah kita demi kelangsungan hidup… 😀

Baca juga artikel yang lainnya :


loading...