Pengertian, Peran Dan Fungsi Pranata Agama Dalam Kehidupan Sosial

Pengertian, Peran Dan Fungsi Pranata Agama Dalam Kehidupan Sosial

Posted on
Pengertian, Peran Dan Fungsi Pranata Agama Dalam Kehidupan Sosial
4 (80%) 1 vote

DosenPendidikan.Com – Pranata agama merupakan suatu petunjuk atau sistem yang mengaturtentang tata cara umat untuk beriman dan menunaikan ibadah kepadaTuhan Yang Maha Kuas. Selain itu, pranata petunjuk juga mengatur tentang orde kaidah yang berhubungan dengan pergaulan antarumat manusia lalu lingkungannya.

Pengertian, Peran Dan Fungsi Pranata Agama Dalam Kehidupan Sosial

Bahkan, pada agama Islam, sebagai petunjuk yang dianut oleh penyusun mengatur tentang keseluruhan ulah kehidupan manusia. Agama. pada dalam agama Islam tidak hanya semata-mata mengatur hubungan manusia dengan tuhannya. meskipun juga mengatur tentang hubungan manusia dengan manusia. jua mengatur hubungan manusia dengan lingkungannya.

Peran Dan Fungsi Pranata Agama

Peran Dan Ajaran

1. Kedisiplinan

Yang dimaksud dengan kedisplinan tersebut adalah ketepatan dalam melaksanakan ibadah, baik salat lima waktu bagi umat Islam, pergi ke Gereja dalam hari Minggu untuk umat Kristen, dan Iain-lain. Adalah umat beragama yang terbiasa disipilin pada saat menjalankan perintah agamanya. maka sikap disiplin tersebutakan dibawa dalam kehidupan sehari-harinya.

2. Fungsi Hukum

Memberikan rule yang jelas terhadap lagu laku manusia akan urusan yang dianggap benar lalu hal-hal yang dianggap salah.

3. Pengendalian Diri

Salah satu yang diajarkan kepada umatnya ialah kesabaran. Kesabaran mempunyai guna yang sangat utama di mengendalikan hawa nafsu orang. Di dalam agama Islam banya cara yang meraih dilakukan untuk melatih ulah kesabaran.

Beberapa diantaranya dalah dengan berdizikir dan berpuasa untuk umat muslim. Jika setiap umat beragama dapat mengendalikan dirinya di hal apapun maka gak akan ada lagi yang disebut korupsi, perkewalahiran, tawuran, dan Iain-lain.

4. Kepekaan Sosial

Semua agama yang wujud di dunia ini gak hanya mengajarkan umatnya bagi selalu berhubungan dengan tuhannya, mengajarkan untuk dadat menjalin hubungan yang harmonis dengan manusia lain serta lingkungannya. Contoh kepekaan sosial terhadap sesama adalah mendukung korban bencana alam, korban kerusuhan, dan Iain-lain.

Sedangkan contoh kepekaan sosial kepada lingkungan adalah tidak melepaskan sampah sembaranga. melakukan reboisasi, tidak melakukan penebangan hutan secara liar, dan Iain-lain.

5. Fungsi Sosial

sehubungan dengan fungsi hukum, aturan petunjuk juga dapat diaplikasikan di dalam kehidupan sosial manusia, adalah sebagai dasar aturan kesusilaan dalam masyarakat, misalnya di masalah ekonomi, pendidikan, kesehatan, perkawinan, kesenian, arsitektur bangunan, dan lain-lain.

6. Fungsi Transformatif

agama dapat mendorong orang untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih benar. Misalnya, dengan agama, umat manusia mampu menciptakan karyakarya seni besar, seperti candi, masjid, dan bangunanbangunan lain; penyebab timbulnya penjelajahan samudra diantaranya didorong oleh hasrat menyebarkan agama.

Pengertian, Peran Dan Fungsi Pranata Agama Dalam Kehidupan Sosial