Pengertian Perubahan Zat Atau Benda Dan Macam – Macam Bentuk Perubahannya

Rate this post

DosenPendidikan.Com – Perubahan wujud zat adalah perubahan termodinamika dari satu etapa benda ke keadaan struktur zat yang lain. Perubahan wujud zat ini sanggup terjadi karena peristiwa pelepasan dan penyerapan kalor. Perubahan wujud zat terjadi saat titik tertentu tercapai dengan atam/senyawa zat tersebut yang biasanya dikuantitaskan dalam angka suhu. Semisal air utk menjadi padat harus sampai pada titik bekunya dan air menjadi gas harus menggapai titik didihnya.

Pengertian Perubahan Zat Atau Benda Dan Macam - Macam Bentuk Perubahannya

Perubahan Struktur Zat Oleh Kalor

  • Selain dapat menaikkan suhu zat, kalor dapat juga mengubah wujud zat. wujud zat ada tiga, yaitu padat, cair, dan gas. Sera merupakan salah satu contoh dari wujud zat padat.
  • Es dipanaskan berarti fue diberi energi kalor. Sebab es diberi energi kalor, suhunya menjadi naik, hingga es mencair atau melebur menjadi air.
  • Perubahan struktur zat juga di sebut dengan mencair atau melebur. Apabila air dipanaskan, berarti air diberi energi kalor. Karena air diberi energi kalor, suhu air naik, sehingga air akan mengalami perubahan bentuk menjadi mendidih.
  • Air mendidih ditandai dengan adanya gelembung-gelembung air yang bergerak pada suhu 100? C dan hadirnya asap yang mengepul menguap menjadi gas. Perubahan struktur zat seperti itu dianggap menguap.
  • Apabila gas melepaskan kalornya, gas akan beralih, berganti, bersalinbertukar menjadi air atau zat cair, sehingga terjadi perubahan wujud zat yang dianggap mengembun.
  • Apabila air melepaskan kalornya secara terus-menerus tetao menjadi es. Perubahan struktur zat seperti itu dianggap membeku.
  • Kapur barus / kamper dalam keadaan terbuka akan menerima energi kalor dari udara, sehingga ukuran kamper itu mengecil serta kemudian habis menjadi gas. Peristiwa perubahan wujud padat menjadi gas disebut menyublim.

Jenis Perubahan Wujud

Perubahan wujud zat digolongkan jadi enam peristiwa sebagai berikut :

Membeku

Peristiwa perubahan struktur dari cair menjadi padat. Dalam peristiwa ini zat melepaskan energi panas. Contoh peristiwa mencair yaitu air yang dimasukkan dalam fridge akan menjadi es batu, lilin cair yang didinginkan.

Mencair

Peristiwa perubahan struktur zat dari padat akhirnya menjadi cair. Dalam peristiwa indonesia zat memerlukan energi panas. Contoh peristiwa mencair adalah pada batu es yang berubah menjadi air, lilin yang dipanaskan.

Menguap

Peristiwa perubahan wujud zat dari cair berubah menjadi gas. Dalam peristiwa ini zat memerlukan energi panas. Contohnya air yang direbus jika dibiarkan lama-kelamaan akan habis, bensin yang dibiarkan berada pada kawasan terbuka lama-lama juga tetao habis berubah menjadi gas.

Mengembun

Peristiwa perubahan struktur dari gas menjadi cair. Dalam peristiwa ini zat melepaskan energi panas. Contoh mengembun adalah ketika kindertageseinrichtung menyimpan es batu pada sebuah gelas maka periode luar gelas akan basah, atau rumput di area pada pagi hari akhirnya menjadi basah padahal sore harinya tidak hujan

Menyublim

Peristiwa perubahan wujud dari padat menjadi gas. Dalam peristiwa ini zat memerlukan energi panas. Contoh menyublim adalah pada kapur barus (kamper) yang disimpan pada lemari pakaian lama-lama akan habis.

Mengkristal

Peristiwa perubahan struktur dari gas menjadi padat. Dalam peristiwa ini zat melepaskan energi panas. Contoh mengkristal adalah pada peristiwa berubahnya uap menjadi salju.

Demikian Ulasan Perubahan Bnetuk (zat) dalam Ilmu Fisika 😀

Semoga dapat menambah wawasan yaaa … 😀

Pengertian Perubahan Zat Atau Benda Dan Macam – Macam Bentuk Perubahannya