Pengertian Sel Prokariotik Dan Sel Eukariotik Beserta Perbedaannya

Posted on
Pengertian Sel Prokariotik Dan Sel Eukariotik Beserta Perbedaannya
1 (20%) 1 vote

DosenPendidikan.Com – Dilihat dari strukturnya sel dibedakan menjadi sel prokariotik dengan sel eukariotik. Berdasarkan pembagian ini kita nantinya akan mengenal jenis organisme prokariot dan organism eukariot. Organism prokariot berarti organism yang tubuhnya tersusun dari sel-sel yang bersifat prokariotik. Dan sebaliknya organism eukariot ialah organism yang tersusun dari sel-sel yang bersifat eukariotik. Semua makhluk ayang ada didunia ini rata-rata masuk kedalam jenis eukoriot kecuali kingdom monera.

Pengertian Sel Prokariotik

Kata Prokariotik diambil dari bahasa Yunani pro dan karyon. Pro memiliki arti sebelum dan karyon yang memiliki artinya yakni inti sel. Jadi pengertian dari sel prokariotik ialah jenis sel yang memberan intinya tidak terdapat memberan nukleus atau selaput inti sel. Organism seperti ini digolongkan pada jenis kingdom monera seperti bakteri dan ganggang biru.

Prokariota

Pengertian Sel Eukariotik

Eukariotik ini juga berasal darai bahasa Yunani yak artinya eu dan karyon eu artinya sebenarnya dan karyon yang artinya inti sel. Jadi sel aukariot ialah sel yang memiliki memberan nukleus ( membera inti ). Memberan nukleus sendiri ialah lapisan yang berfungsi memisahkan inti sel dari sitoplasma yang mengelilinginya. Membran ini tersusun dari lipoprotein yang sama seperti membrane plasma, serta mempunyai pori-pori yang memungkinkan beberapa macam substansi dapat melintasinya, baik dari dalam nukleus ke sitoplasma maupun sebaliknya.

Eukariotik

Perbedaan Sel Prokariotik Dan Sel Eukariotik

Dari pengertian-pengertian diatas tampak jelas perbedaan mendasar sel prokariotik dan sel eukarriotik terletak pada ada dan tidak adanya memberan nukleus ( memberan inti ), namun dari perbedaan tersebut muncul perbedaan-perbedaan lain sebagai berikut :

  • Prokariot tidak mempunyai inti sel ( nukleus ) yang sebenarnya seperti sel eukariotik. Inti sel pada prokariotik tercampur dalam sitoplasma.
  • Prokariotik mempunyai DNA yang lebih sederhana bila dibandingkan dengan DNA sel jenis eukariotik.
  • Prokariotik mempunyai kromosom tunggal sedangkan eukariotik memiliki lebih dari satu kromosom.
  • Prokariotik hanya mempunyai ekson dan tidak memiliki intron sedangkan eukariotik mempunyai keduanya.
  • Prokariot mempunyai operon yang tidak dimiliki eukariot.
  • Proses transkipsi dan translasi dapat terjadi secara simultan atau bersama-sama.
  • Proses transkipsi terjadi lebih sederhana dari eukariot.
  • Proses regulasi sintesis protein lebih sederhana dari eukariot.

Pada dasarnya perbedaan sel prokariotik dan sel eukariotik terletaak pada ada dan tidak adanya memberan nukleus ( memberan inti ). 🙂 🙂

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Sel Prokariotik Dan Sel Eukariotik Beserta Perbedaannya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂