Pengertian Serat Larut Serta Fungsinya Dalam Biologi

Posted on

DosenPendidikan.Com – Serat makanan merupakan komponen dari bahan makanan yang berasal dari tumbuhan yang dimakan yang tidak dicerna oleh tubuh. Serat makanan atau serat pangan berasal dari tumbuhan yang berupa seperti: buah-buahan, sayuran, buliran, kacang-kacangan dan legume.

Serat Larut
Serat merupakan sejenis karbohidrta yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Hal ini berbeda dengan starch atau gula yang juga merupakan kelompok karbohidrat yang dapat menghasilkan energi (setelah dicerna tubuh), serat tidak memberikan energi bagi tubuh kita. Serat tidak diurai lebih lanjut di dalam tubuh dan hanya lewat pada sistem pencernaan. Walaupun tidak memberikan energi namun serat memberikan manfaat yang tidak kalah pentingnya dengan komponen karbohidrat lainnya. Ada dua jenis serat makanan yakni serat larut dan serat tidak larut. Yang keduanya memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh dengan cara berbeda.

Pengertian Serat Larut

Serat larut maksudnya ialah serat pangan yang larut dalam air. Di dalam lambung, serat larut menyerap air dan membentuk gel, yang membantu memperlambat proses pencernaan. Serat larut memperlambat pengosongan perut sehingga anda merasa kenyang lebih lama dan tidak ingin segera makan lagi. Hal ini akan membantu anda dalam mengendalikan berat badan.

Pengosongan lambung yang lambat juga membantu pengendalian kadar glukosa darah yang sehingga mengurangi resiko diabetes. Serat larut juga dapat mengurangi penyerapan kolestrol dari sistem pencernaan sehingga dapat mengurangi kolestrol darah dan mengurangi resiko penyakit jantung.

Jenis-Jenis Makanan Yang Mengandung Serat Larut

Jenis-jenis makanan yang kaya akan serat larut antara lain berupa bulir-buliran, kacang-kacangan, biji-bijian, umbi-umbian, buah-buahan dan sayuran. Beberapa makanan yang banyak mengandung serat larut antara lain yaitu: beras, gandum, sereal gandum, havermut, oat, ubi jalar, kentang, bawang, apel. kacang merah, pisang, kacang polong, kedelai, brokoli, wortel, jeruk dan lainnya.

Fungsi Serat Larut

Ada beberapa fungsi serat larut yang antara lain yaitu:

  • Untuk memperlambat kecepatan pencernaan di dalam usus sehingga aliran energi ke dalam tubuh berkurang.
  • Dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.
  • Untuk memperlambat kemunculan gula darah (gluksoa) sehingga membutuhkan sedikit insulin untuk mengubah glkukosa menjadi energi.
  • Dapat membantu mengendalikan berat badan dengan memperlambat munculnya rasa lapar.
  • Dapat meningkatkan kesehatan saluran pencernaan dengan cara meningkatkan motalitas (pergerakan) usus besar.
  • Dapat mengurangi resiko sakit jantung.
  • Mengikat asam empedu.
  • Mengikat lemak dan kolestrol kemudian mengeluarkannya melalui feses (proses buang air besar).

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Serat Larut Serta Fungsinya Dalam Biologi semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: