Pengertian Sistem Akuntansi Menurut 12 Ahli
Pengertian Sistem Akuntansi Menurut 12 Ahli

Pengertian Akuntansi Menurut 12 Para Ahli

Posted on

Pengertian Akuntansi Menurut 12 Para Ahli – dosenpendidikan Akuntansi adalah suatu proses untuk mengidentifikasi, mengukur dan mencatat semua hal tentang transaksi. Menurut wikipedia Sistem Akuntansi adalah metode dan prosedur untuk mencatat dan melaporkan informasi keuangan yang disediakan bagi perusahaan atau suatu organisasi bisnis. Sistem akuntansi yang digunakan dalam suatu perusahaan besar sangatlah kompleks.

Pengertian Sistem Akuntansi Menurut 12 Ahli
Pengertian Sistem Akuntansi Menurut 12 Ahli

Sistem Akuntansi Menurut Ahli

Menurut Wilkinson dan Cerullo (1995, p.5-6) pengertian Sistem Informasi Akuntansi merupakan struktur yang menyatu dalam suatu entitas, yang menggunakan sumber daya fisik dan komponen lain, untuk merubah data transaksi keuangan/akuntansi menjadi informasi akuntansi dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan akan informasi dari para pengguna atau pemakainya (users).

Sedangkan menurut Mulyadi (2001, h.3) yang mendefinisikan, “Sistem Akuntansi adalah organisasi formulir, catatan dan laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan.”

Jadi kesimpulan yang di dapat dari data definisi di atas adalah bahwa Sistem Akuntansi di pergunakan untuk mempermudah dalam mengolah informasi keuangan yang ada di suatu perusahaan.

Unsur- Unsur Yang Ada Di Dalam Sistem Akuntansi

Fungsi Sistem Akuntansi adalah untuk membantu mengoptimalkan sistem tersebur agar dapat menghasilkan informasi-informasi yang tersusun rapi seperti informasi yang di dapatkan selalu tepat waktu, relevan dan dapat dipercaya. Unsur yang di dapat dalam suatu sistem akuntansi akan saling terkait antara yang satu dengan yang lain.

Unsur pokok yang terdapat di dalam suatu sistem akuntansi yang di kemukakan oleh Mulyadi di dalam bukunya adalah

  1. Formulir
  2. Jurnal
  3. Buku besar
  4. Buku pembantu
  5. laporan

Tujuan Dari Sistem Akuntansi

Dalam menciptakan suatu Sistem Akuntansi yang baik dan benar, kita haruslah mengetahui konponen pembangun akuntansi yang akan kita buat, sistem akuntansi pada dasarnya menghubungkan antara manusia dengan sumber daya yang ada di suatu perusahaan untuk mewujudkan tujuan dari perusahaan itu sendiri. Tujuan dari Sistem Akuntansi adalah sistem yang di tujukan untuk mewujudkan tujuan yang di inginkan oleh perusahaan.

Tujuan umum pengembangan Sistem Akuntansi dalam bukunya Mulyadi (2001:20) yang berjudul Sistem Akuntansi mempunyai tujuan sistem akuntansi sebagai berikut :

  1. Untuk menyediakan informasi bagi pengelolaan kegiatan usaha baru
  2. Untuk meningkatkan informasi yang dihasilkan oleh sistem yang sudah ada, baik mengenai mutu, ketepatan penyajian, maupun struktur informasinya
  3. Untuk memperbaiki pengendalian akuntansi dan pengecekkan intern, yaitu untuk memperbaiki tingkat keandalan (reability) informasi akuntansi, dan untuk menyediakan catatan lengkap mengenai pertanggungjawaban dan perlindungan kekayaan perusahaan
  4. Untuk mengurangi biaya klerikal dalam penyelenggaraan catatan akuntansi.”

Jadi kesimpulan Tujuan Sistem Akuntansi yang telah di uraikan di atas adalah sistem akuntansi merupakan suatu sistem yang di buat untuk membantu memanajemen suatu perusahaan untuk mewujudkan tujuan dari perusahaan itu.

Sekianlah Pengertian Sistem Akuntansi Menurut 12 Ahli semoga bermanfaat.