Pengertian Tali Putri Beserta Ciri Khususnya

Posted on
Pengertian Tali Putri Beserta Ciri Khususnya
3.8 (75%) 4 votes

DosenPendidikan.Com – Cuscuta atau lebi dikenal dengan Tali putri merupakan salah satu genus dari tumbuhan berbunga, cuscuta terdiri dari sekitar 160 spesies, genus ini merupakan golongan tumbuhan parasit yang hidup pada tanaman inang. Pada tali putri ini tersebar lauas di Eropa dan Amerikan Utara, dalam hal ini di Amerika Serikat bagian selatan tali putri menjadi parasit pada alfalfa dan semanggi. Tanaman lain yang menjadi inang dari tali putri antara lain, bawang, bit gula, kentang dan beberapa jenis tanaman hias “Ornamental”.

Pengertian Tali Putri Beserta Ciri Khususnya

Pada tumbuhan ini dikenal dengan parasit karena tumbuhan ini tumbuh dengan tumbuhan inang, baik dari tanaman pertanian dan juga dengan tanaman hias dan terdapat beberapa spesies yang membahayakan dan merugikan bagi pohon inang, bahkan ada beberapa negara yang melarang untuknya masuknya benih tumbuhan tali putri yang terkontaminasi.

Dan selain itu tumbuhan ini dapat merugikan ada beberapa jenis pula yang menguntungkan, yang dapat digunaka sebgai obat tradisional, contohnya Cuscuta chinensi, jenis yang ini sekarang mulai diteliti sebagai tanaman obat ada pula yang digunakan sebagai pewarna yakni Cuscuta tinctoria.

Pada tanaman ini memiliki batang yang bulat tipis dan tanpa daun, tali putri bisa juga menghasilkan buah yang kecil. Tanaman ini terdapat klorofil yang sangat rendah, beberapa spesies seperti Cuscuta reflexa dapat berfotosintesis sedikit, sementara yang lain sepenihnya tergantung pada tanaman inang untuk menghisap sari-sari makanan.

Anatomi Dan Morfologi Tanaman Tali Putri

Tanaman tali putri merupakan tanaman yang termasuk dalam salah satu jenis keluarga tanaman lauracea. Tanaman tali putri ini termasuk tanaman parasit yang cara hidupnya menempel dan membelit pada tanaman yang lain. Tanaman tali putri tumbuhnya merambat yang memiliki ukuran panjang berserabut. Pada batang tanaman tali putri memiliki ukuran yang kecil yang berbentuk seperti tali yang kusut bercabang banyak panjanganya dapat mencapai yakni 8 m.

Pada batang tanaman tali putri ini berwarna kuning, coklat dan kadang hijau yang mana pada batannya ini terdapat alat hisap yang digunakan untuk mengambil makanan dari tanaman lain yang menjadi inangnya. Daun tanaman tali putri ini kecil yanga mana seperti sirip, bunga tanaman tali putri berwarna putih kekuningan, berbentuk bulir dengan posisi tegak. Buah tanaman tali putri ini buni berbentuk bulat dan mudah rontok.

Tanaman tali putri persebarannya di daerah tropis yang mana syarat hidupnya intensitas curah hujan dan cahaya matahari yang cukup. Habitat tanaman tali putri berada pada dataran rendah hingga pada daerah yang memiliki ketinggian 1.200 m, diatas permukaan laut. Tanaman tali putri berkembang biak dengan cara menggunakan bijinya.

Kandungan Pada Tanaman Tali Putri

Pada tanaman tali putri mengandung alkoloid, saponin, zat lendir, gula, akohol dulsitol. Dan ada beberapa manfaat kegunaan pada tanaman tali putri yang diantaranya yaitu:

  • Manfaat dan khasiat tanaman tali putri untuk kesehatan.
  • Tanaman tali putri berguna untuk mengobati sakit cacingan.
  • Tanaman tali putri digunakan untuk menyembuhkan sakit perut.
  • Tanaman tali putri bermanfaat untuk menyembuhkan sakit lambung.
  • Tanaman tali putri berkhasiat sebagai obat sakit borok.
  • Tanaman tali putri digunakan untuk menyuburkan rambut.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Tali Putri Beserta Ciri Khususnya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

loading...