Pengertian Tata Kelola Teknik Informatika Dan Tujuan Utamanya

Rate this post

DosenPendidikan.Com – Tata Kelola Perusahaan (corporate governance) adalah serangkaian proses, kebiasaan, kebijakan, aturan, dan institusi yang mempengaruhi arah, pengelolaan dan pengendalian perusahaan atau korporasi. Corporate governance juga mencakup hubungan antara para pemangku kepentingan (stakeholders) yang terlibat dan perusahaan manajemen tujuan. Para pihak utama dalam tata kelola perusahaan adalah pemegang saham, manajemen dan dewan direksi. Pemangku kepentingan lainnya termasuk karyawan, pemasok, pelanggan, bank dan kreditor lain, regulator, lingkungan, dan masyarakat luas.

Tata Kelola TI

Tata kelola perusahaan adalah subjek yang memiliki banyak sisi. Salah satu topik utama dalam tata kelola perusahaan adalah masalah akuntabilitas dan tanggung jawab serta mandat, khususnya pada implementasi pedoman dan mekanisme untuk memastikan perilaku yang baik dan melindungi kepentingan pemegang saham.

Fokus utama untuk lain adalah efisiensi ekonomi yang menyatakan bahwa sistem tata kelola perusahaan harus ditujukan untuk mengoptimalkan hasil ekonomi, dengan penekanan kuat pada kesejahteraan pemegang saham.

Ada juga disisi lain yang merupakan sebuah subjek dari tata kelola perusahaan, seperti sudut pandang pemangku kepentingan, yang membutuhkan lebih banyak perhatian dan akuntabilitas kepada stakeholders selain pemegang saham, seperti karyawan atau lingkungan.

Perhatian terhadap praktik tata kelola perusahaan di perusahaan modern telah meningkat akhir-akhir ini, terutama sejak runtuhnya perusahaan besar AS seperti Enron dan Worldcom Korporasi. Di Indonesia, perhatian pemerintah terhadap masalah ini diwujudkan dengan pembentukan Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG) pada akhir tahun 2004.

Tata Kelola Teknologi Informasi

Tata kelola teknologi informasi (IT governance) merupakan cabang dari sistem tata kelola perusahaan yang berfokus pada teknologi informasi (TI) serta kinerja dan manajemen risiko. Meningkatnya minat IT governance muncul terutama karena inisiatif kepatuhan (seperti Sarbanes-Oxley di AS dan Basel II di Eropa) serta pengakuan tumbuh dari kemudahan proyek TI untuk lepas kendali yang dapat mengakibatkan besar terhadap kinerja organisasi.

Tema utama diskusi tata kelola TI adalah bahwa teknologi informasi tidak bisa lagi menjadi kotak hitam. Secara tradisional, penanganan kunci pengambilan keputusan di bidang teknologi informasi yang diberikan kepada profesional TI karena pengalaman teknis terbatas eksekutif lainnya di tingkat direksi perusahaan serta kompleksitas sistem TI itu sendiri.

IT governance untuk membangun sistem yang semua pemangku kepentingan, termasuk direksi dan komisaris serta pengguna internal dan bagian terkait seperti keuangan, dapat memberikan masukan yang diperlukan untuk proses pengambilan keputusan. Hal ini untuk mencegah satu pihak tertentu, biasanya TI, disalahkan untuk keputusan yang salah. Hal ini juga mencegah munculnya keluhan dari pengguna nanti sistem yang tidak memberikan hasil atau kinerja seperti yang diharapkan.

Tujuan utama dari tata kelola TI adalah :

  • Pastikan investasi TI untuk mendukung strategi bisnis.
  • Mengurangi risiko terkait TI dalam organisasi.

Simak Juga :

Demikian Pembahasan Tentang Pengertian Tata Kelola Teknik Informatika Dan Tujuan Utamanya Semoga Bermanfaat Buat Para Sahabat Setia Dosenpendidikan.Com … 😀