Pengertian Teks Eksposisi Beserta Jenis, Ciri, Struktur Beserta Contohnya Lengkap

Bahasa Indonesia hisam sam

DosenPendidikan.Com – Secara umum Eksposisi merupakan salah satu jenis pengembangan paragraf dalam penulisan yang dimana isinya ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan atau memberikan pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, akurat dan padat. Untuk pengertian teks eksposisi itu sendiri ialah paragraf atau karangan yang terkandung sejumlah informasi dan pengetahuan yang disajikan secara singkat padat dan akurat. Paragraf eksposisi ini bersifat ilmiah atau dapat dikatakan non fiksi. Contoh-contoh teks eksposisi dapat dilihat berita-berita atau Koran, namun contoh eksposisi dapat dilihat dibawah ini tetapi sebelum itu mari kita pelajari teks eksposisi lebih dalam dengan melihat jenis, cirri, struktur, tujuan dan contohnya sebagai berikut.

Contoh Teks Eksposisi Kebersihan Lingkungan

Jenis-Jenis Teks Eksposisi

  • Eksposisi Definisi
  • Eksposisi Proses
  • Eksposisi Klasifikasi
  • Eksposisi Ilustrasi
  • Eksposisi Perbandingan
  • Eksposisi Laporan

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

  • Menjelaskan informasi-informasi pengetahuan
  • Gaya informasi yang mengajak
  • Penyampaian secara lugas dan menggunakan bahasa yang baku
  • Tidak memihak artinya tidak memaksakan kemauan penulis tehadap pembaca
  • Fakta dipakai sebagai alat kontribusi dan alat kontritasi

Struktur Teks Eksposisi

  • Tesis ( pembukaan )
  • Argumentasi ( isi )
  • Penegasan ulang

Tujuan Teks Eksposisi

Untuk tujuan dari teks eksposisi itu sendiri ialah untuk memaparkan atau menjelaskan informasi-informasi tertentu sehingga pengetahuan para pembaca bertambah.

Contoh Teks Ekposisi

Kebersihan Lingkungan,

Lingkungan ialah segala sesuatu yang ada disekitar manusia dan berhubungan timbale balik. Lingkungan ada bermacam-macam jenisnya. Lingkungan yang ada disekitar kita misalnya ialah lingkungan rumah dan lingkungan sekolah. Lingkungan yang ada disekitar kita ialah tanggung jawab kita sebagai penghuninya. Apabila kita tidak merawat lingkungan tempat kita tinggal maka kita akan merasakan akibatnya nanti. Kebersihan lingkungan sangat penting bagi makhluk hidup yang ada di lingkungan tersebut.

Kebersihan lingkungan ialah salah satu hal yang wajib di suatu lingkungan, jika lingkungan kita kotor, kita akan merasa risih dan kurang konsentrasi. Oleh karena itu kebersihan lingkungan perlu dijaga. Untuk cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah misalnya dengan membuang sampat pada tempatnya, tidak membuang sampah di kolong meja maupun di tempat lain selain di tempat sampah dan melaksanakan tugas piket dengan sebaik-baiknya. Sedangkan cara menjaga kebersihan lingkungan runah misalnya dengan menyapu rumah dan halaman secara rutin, seusai makan piring langsung segera dicuci agar tidak menumpuk dan menyebabkan bau yang kurang sedap. Membersihkan lingkungan harus dilakukan setiap saat karena jika kita menunda nunda, maka lama kelmaan akan terasa malas untuk melakukannya. Selain itu kebersihan lingkungan bisa dijaga kerja bakti, kerja bakti membersihkan lingkungan biasanya mengikuti program 3M untuk membasmi nyamuk-nyamuk demam berdarah 3M yakni mengubur, menguras dan menutup.

Kebersihan lingkungan sangat diperlukan dan suatu hal yang wajib bagi suatu lingkungan. Jika lingkungan kita bersih, kita akan merasa nyaman, tenang dan konsentrasi dalam melakukan berbagai hal. Tetapi jika kita tidak menjaga kebersihan lingkungan bisa mendapatkan penyakit. Jika kita kosentrasi hasil yang kita capai biasanya lebih baik dari pada saat kita tidak berkonsentrasi. Selain itu kebersihan lingkungan perlu dijaga karena jika tidak akan menimbulkan berbagai penyakit. Contoh penyakit yang mungkin terjadi karena kita tidak menjaga kebersihan lingkungan misalnya tipes, demam berdarah, cacingan, sakita kulit, malaria, PES ataupun Leptopspirosis. Semua penyakit yang sudah disebutkan tersebut bisa menyebabkan kematian, oleh karena itu kita sangat memerlukan kesadaran tentang kebersihan lingkungan. Jika kita menjaga lingkungan dengan baik, lingkungan juga akan menjaga kita.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Teks Eksposisi Beserta Jenis, Ciri, Struktur Beserta Contohnya Lengkap semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Most popular articles related to Pengertian Teks Eksposisi Beserta Jenis, Ciri, Struktur Beserta Contohnya Lengkap
Shares