Pengertian Usus Halus Serta Fungsi Dan Strukturnya

Posted on
Pengertian Usus Halus Serta Fungsi Dan Strukturnya
3 (60%) 1 vote

DosenPendidikan.Com – Usus halus merupakan tabung bengkok panjang yang membentang dari perut manusia ke tempat di mana ia melekat pada usus besar. Usus halus dipisahkan menjadi tiga bagian yang berbeda yakni Duodenum, Jejunum dan Ileum.

Pengertian Usus Halus Serta Fungsi Dan Strukturnya

Duodenum merupakan bagian pertama yang sebagai tempat dimana kebanyakan pencernaan terjadi. Itu juga merupakan situs di mana jus empedu dan pankreas di sekresikan ke dalam usus untuk membantu pencernaan. Jejunum dan ileum masing-masing ialah bagian kedua dan ketiga.

Banyak makanan yang seseorang makan dicerna dalam usus halus, yang ketika makanan dicerna, bergerak ke bawah kerongkongan dan memasuki lambung di mana ia bergejolak dan bercampur dengan cairan lambung. Makanan sebagian dipecah di sini dan chyme yang dihasilkan bergerak ke usus. Banyak nutrisi yang diambil di usus halus dan dikirim ke hati melalui darah untuk diproses. Zat larut lemak, seperti pestisida dan residu fertilizar, tubuh mengedarkan yang melalui cairan limfatik sebelum pergi ke hati untuk diproses.

Dipermukaan usus halus juga tercakup dalam lipatan melingkar, vili dan mikrovili. Struktur ini bekerja untuk meningkatkan luas permukaan dari usus halus untuk penyerapan nutrisi. Vili ialah proyeksi (penonjolan) seperti jari yang berkerja untuk menyerap nutrisi dalam makanan dan mikrovili ialah proyeksi seperti rambut pada vili yang bekerja untuk menyelesaikan memecah karbohidrat dan protein.

Villi dan mikrovilli lebih banyak lebih dekat ke lambung dan bukan lebih dekat dengan usus besar. Lipatan melingkar lipatan pada dinding usus halus yang menyebabkan chyme spiral dan melambat sehingga nutrisi dapat diserap lebih efisien. Dari banyak perhitungan, usus halus ialah salah satu organ terpanjang dalam tubuh manusia. Ini bagian dari usus 1 hingga 1,6 inci (2,5-4 cm) dan sekitar 20 kaki panjang (6 hingga 7 m). Untuk panjang bagian usus ini memungkinkan untuk area permukaan besar sehingga nutrisi dapat diserap. Luas juga meningkat dengan menggunakan lipatan melingkar, villi dan mikrovilli-sebanyak 600 kali dengan itu akan menjadi lebih luas. Beberapa pengukuran membandingkan luas permukaan bagian ini dari usus dengan ruang lantai sebuah rumah kira-kira dua kali lipas, sekitar 2.152 kaki persegi (200 meter persegi).

Fungsi Usus Halus

Usus halus merupakan organ yang memiliki fungsi untuk meneruskan pekerjaan (pencernaan) yang telah dilakukan oleh lambung. Untuk lebih detailnya, berikut ini fungsi-fungsi atau pekerjaan yang dilakukan oleh usus halus.

  • Duodenum Dan Jejunum
    Dalam hal ini dua bagian usus halus yang berfungsi memproses makanan secara kimiawi. Di dalam usus dua belas jari, lemak diemulsikan sehingga dapat dicerna secara lebih lanjut.
  • Usus Dua Belas Jari
    Yang merupakan wadah dimana pankreas menghasilkan cairan pencernaan yang mengandung enzim tripsinogen, amilase dan lipase. Yang ketiganya sama-sama memiliki fungsi penting yakni tripsinogen berfungsi mencerna protein menjadi asam amino. Amilase mencerna amilum menjadi glukosa, sementara yang terakhir, lipase mencerna lemak menjadi asam lemak dan gliserol.
  • Selain enzim di atas, usus halus juga berfungsi menghasilkan enzim peptidase dan maltase yang membantu proses-proses pencernaan lainnya.
  • Dan bagian terakhir dari usus halus yakni ileum yang berfungsi menyerap sari-sari makanan yang telah dicerna. Pembuluh darah ileum akan menyerap glukosa, asam amino, serta mineral dan vitamin. Yang sementara itu, asam lemak dan gliserol nantinya akan diserap melalui pembuluh getah bening yang kemudian bermuara pada pembuluh darah sehingga dapat diedarkan ke seluruh tubuh.

Struktur Usus Halus

Didalam usus penyerapan (ileum) terdapat banyak lipatan atau lekukan yang disebut jonjot-jonjot usus (vili). Vili memiliki fungsi untuk memperluas permukaan penyerapan, sehingga makanan dapat terserap sempurna.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Usus Halus Serta Fungsi Dan Strukturnya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

loading...