Penjelasan Fakta Dan Opini Beserta Contoh Dan Perbedaannya

Posted on

DosenPendidikan.Com – Fakta dan opini memiliki arti dan definisi yang berbeda tapi kadang akan sulit untuk dapat membedakannya yang mana fakta dan opini. Fakta ialah hal keadaan atau peristiwa yang merupakan kenyataan atau sesuatu yang benar-benar terjadi. Sedangkan Opini ialah pendapat pikiran ataupun pendirian yang belum diakui kebenarannya.

Fakta Dan Opini

Untuk lebih mengetahui mana yang fakta dan mana opini mari lihat contoh fakta dan opini sehingga dapat kita ketahui jelas fakta dan opini seperti berikut ini.

Contoh Fakta Dan Opini

Contoh Fakta

  • Kini rata-rata waktu yang digunakan setiap siswa untuk belajar sekitar lima jam perhari.
  • Sementara itu pada tahun sebelumnya menurut survey sebuah LSM waktu belajar mereka diluar kegiatan sekolah hanya 2-3 jam per hari.

Contoh Opini

  • Kesadaran akan pentingnya belajar di kalangan remaja Indonesia semakin meningkat, terutama dilihat dari jumlah jam belajar mereka. Kesadaran itu perlu ditunjang oleh kepedulian orang tua dan pemerintah misalnya dengan menyediakan bahan bacaan yang bermutu dan sesuai dengan taraf perkembangan psikologi mereka.
  • Perlu ada perubahan formasi tempat duduk agar suasana belajar dikelas lebih menyenangkan.

Perbedaan Fakta Dan Opini

Kita sebenarnya dapat membedakan fakta dan opini. Perbedaan fakta dan opini dapat terlihat dari penngertiannya, baiklah untuk mengetahui perbedaan fakta dan opini kita amati pengertian dari keduanya, kemudian simpulkan dimana letak perbedaannya lalu karna jika ingin membedakan sesuatu ingin tahu perbedaannya kita lihat dengan seksama pengertian yang ingin kita bedakan. Untuk mengetahui lebih jelas tentang perbedaan fakta dan opini mari kita lihat penjelasan dibawah ini.

  • Fakta merupakan sesuatu yang apa adanya. Dengan kata lain fakta merupakan potret tentang keadaan atau peristiwa. Oleh karna itu fakta sulit terbantahkan karena dapat dilihat atau diketahui oleh banyak pihak. Meskipun demikian fakta dapat saja berubah apabila ditemukan fakta baru yang jelas dan akurat.
  • Pendapat belum benar adanya. Pendapat pribadi dapat salah atau benar, buka ? pendapat seseorang juga dapat terbeda dengan npendapat lainnya. Suatu pendapat akan semakin mendekati kebenaran apabila ditunjang oleh fakta yang kuat dan menyakinkan.

Kesimpulan :

Dari ulasan diatas dapat disimpulkan bahwa fakta berfungsi sebagai dasar bagi suatu pendapat. Seseorang sebaiknya mengemukakan fakta dulu, baru kemudian berpendapat. Dan sebaliknya fakta dapat pula berfungsi memperjelas suatu pendapat dalam hal itu seseorang sebaiknya berpendapat dulu baru kemudian menyerrainya dengan fakta-fakta.

Demikianlah pembahasan mengenai Penjelasan Fakta Dan Opini Beserta Contoh Dan Perbedaannya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂