Penjelasan Geografi Beserta Aspek Dan Ruang Lingkupnya

Posted on

DosenPendidikan.Com – Dalam ilmu geografi memiliki keterkaitan dengan ilmu yang lain, keterkaitan ini membuat geografi dibedakan menjadi dua aspke yakni aspek sosial dan aspek fisik. Untuk pembedaan aspek ini juga menggambarkan ruang lingkup kajian geografi yang terdiri atas empat komponen utama yakni astmosfer, litosfer, biosfer dan hidrosfer. Semua komponen tersebut masuk dalam objek studi geografi.

Geografi Beserta Aspek Dan Ruang Lingkupnya

Dengan seiring perkembangan ilmu pengetahuan ruang lingkup geografi terus berkembang. Hal ini disebabkan pertalian geografi dengan ilmu-ilmu lain. Geografi tidak bisa lagi dikelompokkan sebagai ilmu sosial atau ilmu eksak karena keduanya ada dalam geografi. Namun yang jelas, lingkup geografi ialah segala sesuatu yang ada dalam geosfer.

Aspek Fisik Dan Aspek Sosial

Dalam kajian geografi memiliki ruang lingkup yang luas sehingga disiplin ilmu lainnya banyak yang berkaitan dengan geografi. Keterkaitan geogarfi dengan disiplin ilmu lain dapat dibedakan menurut aspek fisik dan aspek sosial. Aspek fisik meliputi aspek kimiawi, biologis, astronomis dan semua fenomena alam yang langsung dapat diamati. Dan aspek sosial meliputi aspek antropologis, politis, ekonomis dan aspek yang berhubungan dengan pola hidup manusia.

Untuk hubungan geografi dengan aspek ilmu yang lain melahirkan ilmu baru, sebagai contoh hubungan geografi dengan biologi yang melahirkan ilmu baru yaitu biogeografi, hubungan geografi dengan antropologi melahirkan antropogeografi dan hubungan geografi dengan fisikan melahirkan geofisikan. Kedua aspek dalam geografi ini menjadi dasar pembagian ilmu geografi menjadi dua cabang utama.

  • Geografi Fisik
    Mempelajari lanskap atau bentang alam fisik bumi, misalnya gunung, dataran rendah, sungai dan pesisir. Geografi fisik menjelaskan penyebaran kenampakan alam yang bervariasi serta mencari jawabana tentang pembentukan dan perubahannya dari kenampakan masa lalu.
  • Geografi Sosial
    Mempelajari lanskap atau bentang lahan manusia ( budaya ), misalnya komponen-komponen buatan manusia seperti jalan, saluran air, permukiman, pusat kegiatan dan bangunan.

Selain pengetahuan dan perhatian terhadap lingkungan tempat tinggal, belajar geografi juga memerlukan penguasaan dan keterampilan untuk memproses informasi geografi. Keterampilan yang perlu dimiliki dalam mempelajari geografi yaitu :

  • Kemampuan mengumpulkan, menyeleksi, mengorganisasi dan menafsirkan informasi geografi serta data statistik.
  • Kemampuan mengenali pola-pola atau kecenderungan serta menggunakannya untuk menjelaskan dan memprediksi keterkaitan.
  • Kemampuan menyajikan konsep geografi dalam bentuk diagram, grafik dan table statistik.

Banyak kemajuan teknologi yang telah dicapai oleh manusia, kerusakan lingkungan fisik yang terjadi diharapkan bisa diperbaiki dengan adanya teknologi yang baru. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari belajar geografi, kita bisa melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga serta melindungi lingkungan. Kita juga diharapkan dapat memelihara keselarasan hubungan antara lingkungan fisik dan manusia.

Ruang Lingkup Geografi

Ruang lingkup geografi sangat luas yaitu menyangkut segala fenomena atau gejala pada geosfer. Geosfer merupakan lingkup kajian geografi yang terdiri atas empat komponen utama yaitu atmosfer, litosfer, biosfer dan hidrosfer.

Tiap komponen tersebut memiliki batasan kajian, meskipun begitu semuanya tercakup dalam kajian geosfer. Seperti litosfer, memiliki tiga aspek kajian yaitu batuan ( litologi ), bentuk lahan dan tanah. Dalam geografi analisa fenomena atau gejala yang terjadi di geosfer dilakukan dengan melihat persebaran, interaksi dan interelasi unsur-unsur didalamnya.

Ilmu geografi dapat diterapkan dalam kehidupan guna meningkatkan kesejahteraan manusia. Ilmu geografi banyak membantu manusia dalam pemanfaatan sumber daya yang tersedia di bumi. Dalam buku “ The Scope Of Geography ” Rhoads Murphy menulis tentang ruang lingkup kajian geografi. Ruang lingkup kajian geografi terdiri atas tiga hal yaitu :

  • Persebaran dan keterkaitan ( relasi ) manusia di bumi serta aspek keruangan dan pemanfaatannya bagi tempat hidup manusia.
  • Hubungan timbale balik antara manusia dengan lingkungan fisik alam yang merupakan bagian dari kajian keanekaragaman wilayah.
  • Kerangka regional dan analisis wilayah yang berciri khusus.

Demikianlah pembahasan mengenai Penjelasan Geografi Beserta Aspek Dan Ruang Lingkupnya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂