Penjelasan Macam Masalah Pendudukan Kualitatif Beserta Tingkatannya

IPS hisam sam

DosenPendidikan.Com – Untuk jumlah kependudukan di Indonesia sendiri terbilang menempati urutan keempat terbesar di dunia. Dalam tingkat pertumbuhan pendudukannya juga tinggi, sebenarnya jumlah penduduk yang besar bukanlah suatu masalah, sebab bila semua penduduknya mempunyai kualitas SDM yang baik justru akan memberikan kontribusi kepada Negara, untuk masalah kependudukan di Indonesia ialah sebagai berikut.

Tingkat Kemiskinan

Untuk macam dan jenis masalah penduduk yang bersifat kualitatif setidaknya ada 3 yaitu :

Tingkat Kesehatan Penduduk Yang Rendah

Meskipun telah mengalami perbaikan tetapi kualitas kesehatan penduduk Indonesia masih tergolong rendah, indikator untuk melihat kualitas kesehatan penduduk ialah sebagai berikut :

  • Angka Kematian
  • Angka Harapan Hidup

Untuk angka kematian yang tinggi menunjukkan tingkat kesehatan penduduk yang rendah. Angka harapan hidup yang tinggi menunjukkan tingkat kesehatan penduduk yang baik. Kualitas kesehatan penduduk tidak dapat dilepaskan dari pendapatan penduduk. Semakin tinggi pendapatan penduduk maka pengeluaran untuk membeli pelayanan kesehatan semakin tinggi pula. Untuk pendapatan yang pendapatannya tinggi dapat menikmati kualitas makanan yang memenuhi standar kesehatan.

Tingkat Pendidikan Yang Rendah

Tingkat pendidikan bukanlah satu-satunya indikator untuk mengukur kualitas SDM penduduk suatu Negara. Kualitas SDM berhubungan dengan produktivitas kerja, orang yang tingkat pendidikannya tinggi diharapkan punya produktivitas yang tinggi. Kenyataan yang terjadi di Indonesia ialah banyak orang berpendidikan tinggi ( sarjana ) tetapi menganggur, keadaan demikian tentu sangat memperhatikan. Orang yang menganggur menjadi beban bagi orang lain ( keluarganya ). Tingkat pedidikan diharapkan berbanding lurus dengan tingkat kesejahteraan, sehingga pembangunan dalam bidang pendidikan yang dilakukan oleh pemerintah membawa dampak positif yang signifikan terhadap kesejahteraan penduduk.

Tingkat Kemakmuran Yang Rendah

Walaupun tidak termasuk dalam Negara miskin, jumlah penduduk Indonesia yang hidup dibawah garis kemiskinan cukup terbilang besar. Sebanyak 37,5 juta penduduk Indonesia hidup dibawah garis kemiskinan menurut standard yang ditetapkan PBB. Kemakmuran berbanding lurus dengan kualitas SDM. Semakin tinggi kualitas SDM penduduk semakin tinggi pula tingkat kemakmurannya. Banyak Negara yang miskin sumber daya alam tetapi tingkat kemakmuran penduduknya tinggi, Indonesia dikenal sebagai Negara yang kaya sumber daya alam.

Demikianlah pembahasan mengenai Penjelasan Macam Masalah Pendudukan Kualitatif Beserta Tingkatannya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Most popular articles related to Penjelasan Macam Masalah Pendudukan Kualitatif Beserta Tingkatannya
Shares