Penjelasan Pada Hati Manusia Beserta Fungsi Dan Macam Gangguannya

Posted on
Penjelasan Pada Hati Manusia Beserta Fungsi Dan Macam Gangguannya
Rate this post

DosenPendidikan.Com – Hati merupakan kelenjar terbesar di dalam tubuh, yang letaknya didalam rongga perut sebelah kanan yang tepatnya dibawah diafragma. Berdasarkan fungsinya hati juga termasuk sebagai alat eksresi. Hal ini karena hati membantu fungsi ginjal dengan cara memecah beberapa senyawa yang bersifat racun dan menghasilkan ammonia, urea dan asam urat dengan memanfaatkan nitrogen dari asam amino. Dalam proses pemecahan senyawa racun oleh hati disebut dengan proses detoksifikasi.

hati manusia

Fungsi Pada Hati

Berbagai jenis tugas yang dijalankan oleh hati dilakukan oleh hepatosit, hingga saat ini belum ditemukan organ lain atau organ buatan atau peralatan yang mampu menggantikan semua fungsi hati. Beberapa fungsi hati dapat digantikan dengan proses dialysis hati, namun teknologi ini masih terus dikembangkan untuk perawatan penderita gagal hati.

Sebagai kelenjar hati menghasilkan :

  • Empedu yang mencapai setengah liter setiap hari. Empedu merupakan cairan kehijauan dan terasa pahit yang berasal dari hemoglobin sel darah merah yang telah tua yang kemudian disimpan didalam kantong empedu atau diekskresi ke duodenum. Empedu mengandung kolestrol, garam mineral, garam empedu, pigmen bilirubin dan biliverdin. Sekresi empedu berguna untuk mencerna lemak, mengaktifkan lipase, membantu daya absorpsi lemak diusus dan mengubah zat yang tidak larut dalam air menjadi zat yang larut dalam air. Apabila saluran empedu dihati tersumbat, empedu masuk ke peredaran darah sehingga kulit penderita menjadi kekuningan.
  • Sebagian besar asam amino.
  • Faktor koagulasi I. II. V. VII. IX, X, XI.
  • Protein C, Protein S dan anti-trombin.
  • Kalsidiol.
  • Trigliserida melalui lintasan lipogenesis.
  • Kolesterol.
  • Insulin-like growth factor 1 ( IGF-1 ) sebuah protein polipeptida yang berperan penting dalam pertumbuhan tubuh dalam masa kanak-kanak dan tetap memiliki efek anabolic pada orang dewasa.
  • Enzim arginase yang mengubah arginina menjadi ornitina dan urea. Ornitina yang terbentuk dapat mengikat NH3 dan CO2 yang bersifat racun.
  • Trombopoietin sebuah hormone glikoprotein yang mengendalikan produksi keeping darah oleh sumsum tulang belakang.
  • Pada triwulan awal pertumbuhan janin, hati merupakan organ utama sintesis sel darah merah hingga mencapai sekitar sumsum tulang belakang mampu mengambil alih tugas ini.
  • Albumin komponen osmolar utama pada plasma darah.
  • Angiotensinogen sebuah hormone yang berperan untuk meningkatkan tekanan darah ketika diaktivasi oleh renin sebuah enzim yang disekresi oleh ginjal saat ditengarai kurangnya tekanan darah oleh juxtaglomerular apparatus.
  • Enzim glutamate-oksaloasetat transferase, glutamate-piruvat transferase dan laktat dehidrogenase.

Gangguan Pada Hati

Penyakit hati dapat disebabkan oleh infeksi virus tidak bekerjanya hati dan empedu. Tahukah bahwa macam-macam kelainan dan penyakit yang berhubungan dengan hati !! Kelainan dan penyakit yang berhubungan dengan hati misalnya penyakit hepatitis dan kuning.

Penyakit Hepatitis

Hepatitis merupakan radang hati yang disebabkan oleh virus. Virus hepatitis ada beberapa macam misalnya :

  • Virus hepatitis A
  • Virus hepatitis B

Hepatitis yang disebabkan oleh virus hepatitis B lebih berbahaya dari pada hepatitis yang disebabkan oleh virus hepatitis A. untuk mencegahnya dapat dilakukan dengan vaksinasi.

Penyakit Kuning

Penyakit kuning ini disebabkan oleh tersumbatnya saluran empedu yang dapat mengakibatkan cairan empedu tidak dapat dialirkan ke dalam usus dua belas jari, sehingga masuk ke dalam darah dan warna darah menjadi kuning. Kulit penderita tampak pucat kekuningan bagian putih bola mata berwarna kekuningan dan kuku jari pun berwarna kuning. Hal ini terjadi karena diseluruh tubuh terdapat pembuluh darah yang mengangkut darah berwarna kekuningan karena bercampur dengan cairan empedu.

Demikianlah pembahasan mengenai Penjelasan Pada Hati Manusia Beserta Fungsi Dan Macam Gangguannya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

loading...